in

Sering Disepelekan, Kenali 5 Bau Badan yang Ternyata Ada Bahaya di Baliknya

Siapa yang tidak geli dengan bau badan tidak sedap. Aromanya membuat mual dan rasanya ingin memuntahkan semua yang ada di perut. Kadang beberapa orang tidak mengerti kenapa tubuhnya bisa mengeluarkan aroma semacam itu. Padahal ia sudah rajin membersihkan diri dan tidak mengonsumsi makanan yang sembarangan.

Ternyata di balik bau badan itu semua, ada beberapa masalah yang ada di tubuh kita Saboom. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan aroma tubuh jadi tidak enak untuk dihirup. Untuk lebih jelasnya kita lihat saja paparan penyakit apa saja yang bisa berakibat bau badan tak sedap.

Bau mulut mirip dengan aroma buah-buahan

Mungkin beberapa di antara kalian belum pernah tahu kalau ada bau mulut beraroma buah-buahan. Kalau sudah begitu, biasanya kita langsung berpikir kalau itu tidak menunjukkan bahaya apapun. Namun ternyata bau beraroma buah-buahan ini merupakan komplikasi dari penyakit diabetes. Namanya adalah Ketoasidosis Diabetes yang diakibatkan karena tubuh kekurangan insulin dan gula darah melonjak naik.

Bau mulut mirip aroma buah [Sumber Gambar]
Efek dari komplikasi penyakit ini bisa berbahaya kalau dibiarkan terlalu lama. Bahkan, bisa mengancam nyawa juga. Nah, dampaknya bisa membuat si penderita buang air kecil terus menerus, sehingga membuat tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Jadi kalau kalian mulutnya beraroma buah-buahan yang disertai dengan kelelahan atau mulut kering harus segera memeriksakan ke dokter supaya penyakit tidak menyebar ke semua bagian tubuh.

Bau kaki yang sangat mengganggu indra penciuman

Banyak orang yang menganggap sepele tentang bau kaki. Mereka selalu berpikir kalau aroma tersebut hanya disebabkan tidak memakai kaus kaki ataupun sepatu dalam keadaan basah. Padahal kalau bau kaki sangat menyengat dan dalam kurun waktu yang lama, itu adalah awal dari munculnya infeksi jamur.

Bau kaki [Sumber Gambar]
Kalau infeksi jamur dibiarkan terlalu lama, bakteri akan menyebabkan gatal yang sangat berlebih. Secara tidak langsung, para penderita akan menggaruknya dengan sering sehingga mengakibatkan kaki lecet dan luka. Jadi, untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan semprotan anti jamur yang biasa dijual pada apotek. Atau bisa juga memakai bedak tabur agar kaki tidak lembab. Nah, kalau bau kaki dan infeksi jamur tidak kunjung hilang, harus segera diperiksakan ke dokter.

Bau badan menyerupai ikan busuk

Ternyata ada juga bau badan yang sama dengan aroma ikan busuk. Bau tersebut penyebabnya adalah terdapat zat pada tubuh yang disebut dengan trimetilamina. Senyawa itu berasal dari konsumsi hati, telur atau ikan yang tidak bisa diuraikan dalam usus sehingga bisa mengakibatkan aroma tak sedap itu Saboom.

Bau badan mirip dengan aroma ikan busuk [Sumber Gambar]
Nah, sulitnya zat trimetilamina itu dipecah karena ada sebabnya lho. Biasanya para penderita mengonsumsi makanan seperti brokoli atau kecambah secara terus menerus. Jadi, kalau bau badan sudah menyerupai aroma ikan busuk harus menghindari dua makanan di atas. Kalau masih mau makan juga enggak masalah kok, asalkan tidak boleh terlalu sering ya.

Bau badan hampir sama dengan aroma kaki yang kena infeksi jamur

Ada lagi bau badan tak sedap yang menyerupai dengan aroma kaki. Itu disebabkan mutasi genetik, sehingga badan kekurangan enzim yang bernama isovaleric. Enzim itu mempunyai peran penting di tubuh kita yaitu membantu memecah asam amino leusin.

Bau badan mirip aroma kaki [Sumber Gambar]
Kalau penyakit ini terus dibiarkan, bakal menimbulkan ancaman besar Saboom. Ia bisa menyebabkan kerusakan otak yang signifikan bahkan dapat berujung kematian. Kabar buruknya lagi adalah belum ada obat yang bisa sembuhkan penyakit satu ini. Jadi, hanya ada metode untuk menghindarinya yaitu dengan tidak makan keju ataupun susu yang bisa picu munculnya penyakit itu.

Bau badan mirip aroma kubis yang direbus

Satu lagi yang terakhir adalah bau badan sama dengan aroma kubis rebus. Aroma ini bisa muncul lantaran terlalu banyak asam amino metionin berada pada tubuh. Asam amino satu ini berasal dari makanan yang kaya protein seperti daging ataupun keju.

Bau badan serupa dengan aroma kubis rebus [Sumber Gambar]
Kalau sudah terlalu parah, hal ini dapat berakibat menjadi kelemahan otot. Sehingga jika ini terus berlanjut, harus segera dibawa ke dokter. Selain itu hindari juga makanan yang mengandung metionin atau kaya akan protein Saboom. Jadi, harus diwaspadai dan jangan pernah untuk disepelekan ya.

Itulah bau badan yang ternyata adalah awal dari kemunculan penyakit Saboom. Mungkin kita mengira aroma tersebut bisa dihilangkan dengan parfum saja. Nyatanya itu berbeda dengan bau badan biasa. Kalau sudah tahu begini, kita harus mulai menjaga pola makan dan hidup supaya tidak terserang aroma-aroma tak sedap itu. Tidak mau kan kita dijauhi orang karena tubuh kita baunya enggak enak?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Kyai Rajamala, Kapal ‘Titanic’ Indonesia yang Menyimpan Sejarah Keramat dan Melegenda

Makara, Makhluk Mitologi Penjaga Candi yang Digunakan dalam Lambang Universitas Indonesia