in

5 Artis Ini Pernah Berurusan dengan Imigrasi Indonesia, Ada yang Nangis Enggak Bisa Pulang!

Banyaknya artis luar negeri yang datang ke Indonesia untuk bekerja atau hanya sekedar berlibur seringkali membuat masyarakat heboh. Terutama bintang video Jepang dan idol K-Pop. Banyak fans yang rela menunggu mereka di bandara untuk menyambut hingga mengantarnya pulang.

Namun, di balik kehebohan masyarakat Indonesia menyambut para idolanya, mereka pernah menghadapi permasalahan pelik dengan bagian Imigrasi, loh. Bahkan di antaranya ada yang sempat tertahan di Indonesia dan enggak bisa pulang. Siapa sajakah mereka?

Maria Ozawa, dikejutkan oknum “imigrasi” hanya untuk selfie

Baru-baru ini, Maria Ozawa atau yang akrab disapa Miyabi bertandang ke Indonesia. Melalui postingan instagram pribadinya (@maria.ozawa), ia mengungkapkan bahwa tujuannya ke Bali untuk menghadiri pesta ulang tahun rekannya, bukan untuk bekerja. Namun, di tengah-tengah pesta, ia dikejutkan dengan kedatangan dua orang yang mengaku dari imigrasi. Mereka meminta paspor Maria Ozawa dan tiba-tiba lari dengan membawa kabur identitas tersebut.

Maria Ozawa berurusan dengan imigrasi [sumber gambar]
Panik, pesta ulang tahun rekannya di Bali itu sempat dihentikan dan membuatnya lari terbirit-birit ke kantor imigrasi. Ia mengungkapkan, setelah diperiksa selama 2 jam pihak imigrasi menyatakan bahwa ada laporan bahwa dirinya melakukan “bisnis” di tempat tersebut. Namun pada akhirnya, pihak imigrasi tersebut memberikan kembali paspor Maria Ozawa sambil meminta selfie. Merasa tersinggung, ia pun curhat panjang lebar di akun instagramnya.

Lee Jong Suk, menangis meninggalkan bandara

Aktor Korea Selatan, Lee Jong Suk baru-baru ini juga mendatangi Indonesia untu mengadakan fan meeting. Sayangnya, ia harus tertahan selama satu hari di Indonesia dengan paspor yang disita oleh pihak imigrasi. Berdasarkan sumber yang Boombastis.com kumpulkan, ternyata promotor penyelenggara fan meeting Lee Jong Suk di Jakarta, YES24 Indonesia memberikannya visa kunjungan, bukan visa bekerja.

Lee Jong Suk berurusan dengan imigrasi [sumber gambar]

Sehingga, ada ketidaksesuaian data yang diterima oleh pihak imigrasi. Di sisi lain, pihak promotor pun ada masalah mengenai pajak tiket fan meeting ini. Lee Jong Suk sempat mengunggah curhatannya di akun instagram pribadinya (@jongsuk0206) menyatakan bahwa dirinya takut karena baru mengalami hal ini pertama kalinya. Berdasarkan video dari fans yang mengantarkannya ke bandara ketika dideportasi, ia tampak menangis.

Christian Bautista, izin tinggalnya disalahgunakan

Masih ingat kan dengan pelantun tembang The Way You Look At Me? Sempat hits di Indonesia, Christian Bautista pernah tinggal di Indonesia dalam waktu lama, loh. Tepatnya di tahun 2012. Sama seperti kasus Lee Jong Suk, imigrasi menahan paspor Christian Bautista gara-gara visa yang digunakannya adalah visa kunjungan.

Christian Bautista berurusan dengan imigrasi [sumber gambar]
Sedangkan, ia melakukan promosi dari satu stasiun televisi ke lainnya. Sehingga, ia harus disidik dan dideportasi. Namun, berbeda dengan Lee Jong Suk yang murni tak tahu menahu soal visa sebab diuruskan oleh pihak promotor, Christian Bautista tahu persis bahwa visanya tak berlaku untuk dirinya bekerja sebagai penyanyi, dikutip dari entertainment.kompas.com.

Aliff Alli, tak tahu menahu di mana letak kesalahannya

Sama seperti Christian Bautista, kasus yang dialami oleh Aliff Alli, adik dari Miller Khan ini terjadi pada tahun 2012. Kala itu, Aliff yang bekerja sebagai pemain sinetron telah tinggal lama di Indonesia, tepatnya di Setiabudi, Jakarta Selatan. Namun, ia tak sadar bahwa izin tinggalnya telah kedaluwarsa.

Aliff Alli berurusan dengan imigrasi [sumber gambar]
Manajer yang bertanggung jawab juga tak memberi tahu detilnya, sehingga ia pun luput dari perpanjang izin tinggal. Akhirnya, imigrasi memeriksa berkas-berkas Aliff Alli dan segera mendeportasinya ke Malaysia untuk memperbarui izin tinggalnya.

Reshad Strik, malah bikin film documenter

Aktor Turki, Reshad Strik pernah bertandang ke Indonesia beberapa tahun lalu. Ia dan beberapa krunya datang ke Indonesia dengan visa kunjungan. Namun, ia malah menggunakan kesempatan ini untuk membuat film dokumenter di Gowa, Tana Toraja, dan Bulukumba, Sulawesi.

Reshad Strik berurusan dengan imigrasi [sumber gambar]
Setelah diperiksa oleh pihak imigrasi dan mendapati izin tinggalnya hanya sebatas kunjungan, Reshad Strik lalu dideportasi ke negara asalnya. Ia pun tak tampak banyak berkomentar mengenai hal ini, dikutip dari orami.co.id.

Sayang banget jika hal-hal ini terulang lagi pada artis-artis luar negeri. Jika pihak promotor yang memang tak bertanggung jawab atas urusan sepele seperti visa saja, bisa-bisa banyak artis yang batal konser di Indonesia dan trauma, deh. Kan kasihan para fans yang pengin bertemu dengan idolanya.

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

Yaqut Cholil Qoumas, Ketua GP Anshor yang Pimpin Banser Sebagai Garda Terdepan NKRI

Jangan Abaikan Peringatan ATM Error, Bisa Jadi Itu Modus Kejahatan