in

Jangan Abaikan Peringatan ATM Error, Bisa Jadi Itu Modus Kejahatan

Buat Sahabat Boombastis yang sering bertransaksi lewat mesin ATM, sebaiknya mulai waspada nih. Sudah banyak modus kejahatan yang berhubungan dengan mesin penarik uang ini seperti jackpotting, skimming dan lain sebagainya. Salah satunya seperti yang terjadi di Tulungagung akhir-akhir ini. Dialami pria bernama RN mengaku jika uangnya berkurang sejumlah Rp15 juta setelah mendapati peringatan error di mesin ATM yang baru dipakainya.

Pada awalnya, lelaki berusia 38 tahun itu berniat mengirimkan adiknya sejumlah uang melalui mesin ATM. Kemudian RN mendatangi bilik ATM di SPBU Jepun. Tanpa ada rasa curiga sedikitpun. RN langsung memasukkan kartunya ke dalam mesin ATM tersebut. Tak berapa lama, kartunya pun tertelan dan di layar mesin tersebut muncul kata error.

ATM tertelan [Sumber Gambar]
RN sempat panik, namun ia tak bisa berbuat apa-apa. Alasannya karena pada saat itu adalah hari sabtu, sehingga RN tidak dapat mengurus kartunya secara langsung. Akhirnya dirinya memilih untuk mengurusnya di hari senin. Ketika sudah di bank, RN melaporkan kejadian tersebut ke customer service. Tak lupa juga pria asal Kelurahan Bago tadi mencetak buku tabungannya.

Peringatan ATM error [Sumber Gambar]

Betapa kagetnya ia kalau ternyata saldonya berkurang hingga Rp15 juta. Di buku tabungan dituliskan jika uang sebesar Rp5 juta sudah ditarik si pelaku dan sisanya ditransfer ke rekening lain. Tanpa berpikir panjang lagi, RN langsung melaporkan kasus kejahatan ini ke Polres Tulungagung.

Saldo tabungan menghilang [Sumber Gambar]
Dari peristiwa ini ada beberap tips yang ingin Boombastis bagikan pada Sahabat pembaca semuanya. Pertama, kita sebaiknya lebih selektif memilih lokasi ATM yang digunakan. Ada baiknya, kita memilih mesin ATM di tempat yang aman seperti di bank itu sendiri. Sebab kalau tempatnya di SPBU, pinggir jalan dan semacamnya, mesin ATM rawan sekali dimanipulasi oleh pihak tak bertanggungjawab.

Tips kedua adalah hindari bertransaksi di hari sabtu atau minggu. Alasannya sudah jelas karena di dua hari tersebut, bank libur sehingga kita bakal kesulitan memproses kartu tertelan atau hilang tersebut secara langsung. Jadi usahakan untuk bertransaksi pada hari kerja saja ya, Sahabat Boombastis.

Ada baiknya mulai menggunakan saran pembayaran lain yang lebih aman. Misalnya Mobile Banking atau Internet Banking yang lebih praktis untuk bertransaksi. Sedangkan untuk penarikan tunai, Sahabat Boombastis bisa memilih gerai kasir minimarket yang menyediakan jasa tarik tunai.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Artis Ini Pernah Berurusan dengan Imigrasi Indonesia, Ada yang Nangis Enggak Bisa Pulang!

Ajaib Banget! 11 Cara Orang Atasi Darurat di Jalanan Ini Bakalan Bikin Ngakak