in

Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas

Ular piton Sulawesi memiliki ukuran lebih besar dari daerah lain

Ukuran ular yang besar [Sumber gambar]
Habitat dan tempat tinggal ular besar ini ada di seluruh Indonesia, kecuali Papua. Namun, bila dibanding dengan Kalimantan dan Sumatra, wilayah Sulawesi menyimpan reptil yang ukurannya lebih besar. Diketahui ular tersebut rata-rata berjenis reticulatus atau sanca kembang. Selain masuk dalam rekor ular terpanjang dunia, besarnya bisa mencapai 8,5 meter. Dengan ukuran itu, jelas saja ia mampu meremukkan, menelan satu orang dewasa bulat-bulat hingga tewas.

Upaya melindungi diri

Upaya untuk melindungi diri [Sumber gambar]
Kasus sebelumnya yang terjadi di Sulawesi Barat yang menewaskan petani sawit Akbar Salubiro menjadi kejadian pertama manusia ditelan hewan melata tersebut dan terdokumentasi. Tapi lagi-lagi, di peradaban modern hal tersebut langka terjadi, jika pun ada itu bisa berarti ada dua kemungkinan. Pertama, ular yang menelan teramat lapar, kedua upaya untuk melindungi diri dari serangan musuh. Piton yang sensitive terhadap getaran dan suara akan bertindak jika merasa ia terancam dan akan langsung menyerang mereka yang dianggap bahaya.

BACA JUGA: Disebut Sebagai Pawang sampai Kebal Bisa, 5 Orang Ini Meninggal Dunia Setelah Diserang Ular

Untuk semua Sahabat Boombastis, walaupun bukan terjadi di daerah kalian, kasus ini bisa dijadikan pelajaran. Jangan terlalu bernafsu merusak hutan karena ada banyak binatang yang kehilangan tempat tinggal karena ulah manusia. Hal tersebut pada akhirnya malah akan membahayakan kita sendiri loh. Mari jaga dan lestarikan alam kita, agar bisa hidup aman berdampingan dengan makhluk hidup lain!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Sangat Ampuh! Inilah 5 Trik Mujarab untuk Hilangkan Karat yang Menempel Pada Knalpot

Kalahkan Ronaldo dan Messi, Pemain Asia Ini Menjadi Rajanya Gol saat Membela Timnas