in

Sangat Ampuh! Inilah 5 Trik Mujarab untuk Hilangkan Karat yang Menempel Pada Knalpot

Bagi pengendara motor, pasti pernah mengeluh tentang karat yang menempel pada kendaraan roda duanya. Ya bagaimana tidak, karat tersebut bisa mengganggu penampilan dari motor kesayangan kita. Sebenarnya sih sudah melakukan berbagai cara supaya kuda besi kita tidak berkarat. Akan tetapi, pencegahan tersebut akan sia-sia karena sebagian besar motor terbuat dari besi yang perlahan-lahan bakal berkarat juga.

Salah satu komponen motor yang sering mengalami karat adalah knalpot. Yap, alat pembuangan gas terakhir tersebut berkarat karena sering terendam oleh air. Selain itu, knalpot juga sering kali berada dalam kondisi yang sangat panas. Nah, kalau noda membandel tersebut tak segera dihilangkan, bisa-bisa knalpot akan mengalami pengeroposan. Jadi, untuk menanggulangi hal yang bisa menguras dompet tersebut, langsung simak cara-cara menghilangkan karatan pada knalpot di bawah ini.

Punya oli bekas? Jangan buru-buru dibuang

Alternatif pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan oli bekas. Cara menggunakannya adalah oleskan oli bekas tersebut ke bagian knalpot yang berkarat. Akan tetapi jangan terlalu banyak ya, secukupnya saja.

Memakai oli bekas [Sumber Gambar]
Kemudian, nyalakan mesin dan biarkan suhu knalpot naik. Jika suhu knalpot meningkat, maka oli yang sudah dioleskan tadi akan meleleh dan menghilangkan karat yang menempel pada knalpot. Nah, hanya dengan satu kali penggunaan saja, karat pada knalpot akan menghilang.

Stempet atau oli gemuk pun bisa digunakan

Stempet atau oli gemuk ternyata tidak hanya untuk melumasi komponen pada motor saja lho. Tapi juga bisa untuk menghilangkan karat pada knalpot. Sifatnya yang lebih kental daripada oli inilah yang membuatnya lebih cepat untuk menyapu bersih karat dari alat pembuangan gas dari motor.

Memakai stempet [Sumber Gambar]

Jika kalian ingin menggunakan stempet untuk menghilangkan karat pada knalpot, caranya cukup mudah kok. Oleskan oli gemuk pada bagian knalpot yang berkarat. Selanjutnya, nyalakan mesin dan tunggu beberapa waktu sampai stempet melelehkan noda membandel tersebut.

Pasta gigi juga tak kalah ampuh untuk menghilangkan karat

Cara lain yang bisa kalian gunakan untuk membasmi karat pada alat pembuangan gas adalah dengan memakai pasta gigi. Akan tetapi, knalpot yang bisa dihilangkan karatnya dengan benda satu ini harus terlapisi dengan krom. Kalau hanya besi biasa, ya maaf-maaf saja, pasta gigi hanya akan mengotori knalpot saja.

Menggunakan pasta gigi [Sumber Gambar]
Nah, kalau knalpot motor kalian dilapisi krom dan ingin menghilangkan karatnya dengan pasta gigi, cara penggunaannya sangat gampang. Hanya dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian knalpot yang terkena karat. Kemudian tunggu beberapa saat hingga karat dan kotoran pada alat pembuangan gas terangkat dengan sendirinya. Selain dapat menghilangkan karat pada knalpot, pasta gigi juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan noda membandel pada rantai motor lho.

Bisa memakai campuran dari pertamax plus dan minyak tanah

Pertamax plus tak hanya untuk bahan bakar saja Sahabat Boombastis. Cairan tersebut juga bisa untuk menghilangkan karat pada knalpot. Namun, pertamax plus juga butuh campuran lain supaya kerjanya lebih maksimal lagi. Yaitu dengan minyak tanah.

Campuran pertamax dan minyak tanah [Sumber Gambar]
Kalian bisa mencampur pertamax plus dan minyak tanah dengan perbandingan 1:2. Lalu kalian bisa langsung oleskan saja pada bagian-bagian knalpot yang terkena karat. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan sikat dengan perlahan. Hasilnya, knalpot akan kinclong kembali seperti sedia kala.

Porstex yang bisa bikin knalpot bersih bersinar

Kalau kalian mendengar kata Porstex, pasti yang ada di pikiran adalah pembersih lantai kamar mandi. Akan tetapi, benda satu ini ternyata juga ampuh untuk membersihkan karat pada knalpot. Bahkan, Porstex mampu membersihkan knalpot dari karat hanya dalam waktu singkat.

Pakai Porstex [Sumber Gambar]
Untuk menggunakannya, pertama-tama oleskan Porstex pada knalpot dengan menggunakan kuas. Jika sudah selesai dilakukan, maka diamkan dan kemudian siram dengan menggunakan air sampai bersih. Lalu keringkan dengan menggunakan lap bersih. Nah, sebelum melakukan ini, ada hal yang perlu diperhatikan. Yakni jangan sampai Porstex menetes ke bagian blok mesin. Alasannya karena bisa membuat catnya menjadi luntur.

Itu tadi adalah cara-cara ampuh untuk menghilangkan karat pada knalpot. Cukup mudah karena benda-benda yang digunakan sangat gampang untuk didapat. Namun, supaya kalian tidak perlu repot-repot untuk membersihkan knalpot dari karat, harus rajin-rajin untuk merawatnya. Caranya adalah dengan mencuci motor setelah terkena air hujan. Ini dilakukan karena air hujan mengandung asam yang bisa membuat knalpot berkarat.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Ngaku Sebagai Istri Sah, Iqbaal Tanggapi Netizen Ini dengan Cara yang Bikin Jantungan!

Kembali Telan Korban, Inilah 4 Hal yang Membuat Piton Bisa Memangsa Manusia Hingga Tewas