in

Alih-alih Benci dan Ingin Menghancurkan, 4 Kelompok Yahudi Israel Ini Justru Pro Palestina

Tak semua kaum Yahudi di Israel menaruh kebencian pada rakyat Palestina. Meski selama ini dikenal saling bermusuhan satu sama lain, ternyata ada di antara mereka yang mencoba kembali membangun hubungan yang harmonis. Salah satunya adalah kelompok ultra-ortodoks Yahudi bernama Neturei Karta.

Dilansir dari Tirto.id (02/12/2017), mereka merupakan kelompok yang menentang Israel dengan gerakan Zionismenya. Bahkan, mereka mempunyai motto-nya sendiri : “Yahudi Bersatu Melawan Zionisme”. Bagi yang tak kenal, tentu nama Neturei Karta terasa sangat asing. Bukan hanya mereka, kelompok Yahudi lainnya juga lebih pro Palestina dibanding mendukung gerakan Zionisme negaranya. Siapa mereka?

Kelompok sayap kiri Israel yang gigih membela Palestina

Meski menjadi minoritas di tubuh pemerintahan Israel, kaum komunis negeri Zionis itu memiliki suara yang lantang untuk mendukung Palestina. Seruan ini datang dari partai sayap kiri bernama Maki. Lewat koalisi berupa kelompok radikal kiri yang bernama Hadash (berdiri tahun 1977), mereka menyerukan perdamaian dan kesetaraan dan mendorong Israel untuk pergi dari pemukiman ilegal mereka atas Palestina.

Organisasi veteran Israel mendukung perdamaian kedua negara

Selain Maki dan koalisi Hadash-nya yang radikal kiri, seruan pro Palestina juga digaungkan oleh organisasi veteran Israel yang bernama Breaking the Silence, yang dipimpin oleh Shmuel Metat. Dilansir dari Antaranews.com (01/02/2019), kehadiran delegasi mereka yang terdiri dari 30 ahli ekonomi diterima dengan baik oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas. Breaking the Silence sendiri berkomitmen untuk mewujudkan perdamaian di Palestina.

Neturei Karta jadi kelompok anti-Zionisme paling keras di Israel

Sikap ‘keras’ dari Neturei Karta ini berasal dari komitmen mereka yang pro-Palestina dan menentang pendirian Israel dengan Zionisme-nya. Tak hanya bergerak di negara Bintang Daud tersebut, organisasi yang berdiri pada 1938 itu juga tersebar di kota-kota besar dunia seperti London (Inggris), New York (AS), dan Berlin (Jerman). Mendukung Palestina tanpa kekerasan diwujudkan oleh mereka dalam bentuk demonstrasi damai.

Organisasi demokrasi Israel yang menjunjung kesetaraan kemanusiaan

Kelompok lainnya yang menentang kesewenangan Israel atas Palestina juga datang dari Center for Jewish Non Violence (CJNV). Sama seperti Neturei Karta, CJNV menggalang solidaritas dengan penduduk Palestina, untuk melawan pendudukan Israel di kawasan yang rawan konflik, seperti Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Tepi Barat. Dilansir dari Tirto.id (02/12/2017), salah satu aksinya adalah mengadakan aksi penanaman pohon di Tepi Barat.

BACA JUGA: 5 Fakta Unik Tentang Israel yang Ternyata Tak Banyak Diketahui

Kiprah para kelompok Yahudi di atas memang tak banyak diketahui oleh masyarakat secara luas. Suara mereka kalah dan tenggelam oleh kebengisan tentara Zionis yang nyaris setiap saat terjadi. Meski terlihat senyap, toh dalam ‘diam’ tersebut kelompok Yahudi di atas tak kenal lelah menyuarakan rasa pro-nya terhadap Palestina.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Fakta Enaknya Jadi Buruh Rokok Bagi Ibu Rumah Tangga

Ngeri! Inilah yang Terjadi Saat Kamu Menelepon Nomor Berhantu dari Berbagai Penjuru Dunia