in

Warga Kampung Miliarder Tuban Mendadak Jadi Miskin hingga Demo, Padahal Dulu Borong Mobil

Beberapa waktu lalu, ratusan warga di Tuban, Jawa Timur, tertimpa rezeki nomplok. Mereka mendapatkan uang ratusan juta hingga miliaran rupiah setelah menjual lahan ke PT Pertamina (Persero).

Desa Wadung dan Desa Sumurgeneng adalah daerah yang terdampak pembebasan lahan oleh Pertamina. Setelah menerima uang dari pembebasan lahan tersebut, tak heran jika kampung di Tuban itu mendapat julukan Kampung Miliarder Tuban. Namun, hampir setahun jadi Kampung Miliarder, kini dikabarkan warganya mendadak jatuh miskin. Lho, kok bisa? Begini lho ceritanya…

Mendadak jadi kampung miliarder

Februari 2021 lalu, kampung di Tuban viral karena ratusan warganya mendadak jadi miliarder. PT Pertamina (Persero) telah membeli lahan mereka untuk pembebasan lahan dan memberikan sejumlah uang untuk ganti rugi. Biaya ganti rugi yang diterima berbeda tiap individu, tergantung luas dan jumlah lahan yang mereka miliki.

Salah satu rumah warga Kampung Miliarder Tuban [sumber gambar]
Meski begitu, mereka bisa mendapat ratusan juta hingga miliaran rupiah satu orang. Nggak heran kalau banyak dari mereka yang langsung membelikan uang mereka banyak hal. Seperti lahan baru, rumah, hingga mobil mewah.

Dulu jadi miliarder, kini jatuh miskin

Mayoritas lahan yang dibebaskan oleh Pertamina di Desa Wadung adalah perumahan, sedangkan banyak warga Desa Sumurgeneng yang menjual lahan pertanian mereka. Sayangnya, belum juga satu tahun berlalu, uang para warga sudah habis. Sempat jadi miliarder, kini mereka jatuh miskin.

Warga demo untuk menagih janji pekerjaan [sumber gambar]

Banyak warga yang merasa dibohongi oleh Pertamina dan menyesal telah merelakan lahan mereka untuk dijual. Mereka merasa dibohongi karena sebelum menjual lahan, Pertamina mengatakan akan memberikan pekerjaan kepada warga. Namun, ada warga yang hingga kini belum mendapatkan pekerjaan itu.

Warga pengangguran dan susah makan

Written by Galih Hayu

Sudah Umur Sebulan, Ini 10 Potret Anak Sule dan Nathalie Holscher yang Bikin Gemas!

Ngaku Bisa Gandakan Uang dan Rugikan Korban Puluhan Juta, Dukun Asal Malang Ini Ditangkap