in

ILOVEYOU, Virus Ganas yang Bikin WannaCry Nggak Ada Apa-Apanya

Belakangan ini hampir semua netizen dibikin geger dengan berita menyebarnya virus Wannacry. Mungkin kamu juga salah satu orang yang gelisah dan khawatir dengan ancaman tersebut. Bagaimana nggak? Virus mengerikan tersebut mengancam keselamatan file-file korbannya.

Banyak pihak yang lebih memilih nggak menggunakan internet sementara waktu demi menjaga keselamatan komputernya. Namun, bagi mereka yang bekerja harus dengan jaringan internet, mau nggak mau tetap membiarkan komputer tetap terkoneksi. Yah, nggak apa-apa juga sih, asal tetap waspada dan hati-hati. Toh, dunia juga sudah pernah diteror oleh virus yang lebih mengerikan, yaitu Iloveyou. Seperti apa virus tersebut? Berikut ulasannya.

Salah satu worm paling terkenal tahun 2000

Virus adalah program yang hanya bisa dibuat oleh orang-orang ahli. Sayangnya, keahlian tersebut digunakan dengan tujuan yang jahat. Begitu banyak jenis virus yang membahayakan komputer kita, antara lain worm, trojan dan lain sebagainya.

virus iloveyou [image source]
Dari banyaknya jenis virus, yang paling berbahaya adalah worm. Jenis virus tersebut dapat merusak komputer tanpa bantuan pihak ketiga. Jenis tersebut memanfaatkan kelemahan sebuah program yang disebut vulnerability. Nah, virus bernama ILOVEYOU alias loveletter adalah salah satu worm paling terkenal di tahun 2000.

Virus yang dikenal sangat pintar

Cara kerja ILOVEYOU memang sangat pintar. Virus satu ini mengirim email ke semua alamat yang ada di program outlook dengan subyek, ILOVEYOU. Di dalam email tersebut, disertakan lampiran LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs.

bahayanya virus iloveyou [image source]
Namun, extention.vbs yang sebenarnya merupakan program tempat virus tersebut disembunyikan. Melalui rekayasa sosial, lampiran tersebut terlihat seperti teks biasa. Namun, begitu dibuka virus tersebut akan mengirim surat dengan lampiran yang sama ke semua alamat email yang tersimpan di komputer tersebut. Sehingga dalam waktu singkat, worm pun menyebar luas.

Virus ILOVEYOU bisa bikin pengguna komputer patah hati

Pada mumumnya, orang pasti akan bahagia jika mendapat surat cinta. Tapi lain ceritanya jika surat cinta yang dilampirkan dalam email tersebut merupakan virus yang bikin komputer terluka. Bagaimana tidak? Sekali loveletter tersebut dibuka, virus tersebut akan menyerang file JPEG, MP3, dan lain-lain milik korbannya.

seremnya iloveyou [image source]
Di awal tahun 2000, virus mengerikan ini sudah menyerang 45 juta pengguna komputer dalam jangka waktu satu hari saja. Tak cukup sampai di sana, diperkirakan kerusakan yang disebabkan oleh virus satu ini mencapai Rp 70,2 triliun. Nilai yang sangat fantastis pada masanya. Angka kerugian tersebut juga sangat gila mengingat penyebabnya adalah sebuah virus.

Dibuat oleh orang Filipina

Onel de Guzman dan Reomel Ramones adalah dua otak yang berdiri di balik tersebarnya virus ILOVEYOU.  Dua orang yang isengnya kebangetan tersebut berasal dari Filipina. Memang, dua orang jahat tersebut pernah ditangkap oleh aparat setempat.

Onel de Guzman dan Reomel Ramones [image source]
Sayangnya keduanya akhirnya dibebaskan karena pihak otoritas lokal yang menyadari jika tidak ada hukum yang mengatur larangan mengenai penciptaan virus malware di Filipina. Hmmm, dengan segala kerugian gila-gilaan, si pelaku begitu mudah dibebaskan?

Virus memang musuh bagi semua pengguna komputer. Namun, percayalah jika tiap penyakit pasti ada obatnya. Jika ada orang iseng yang membuat virus, tentu masih banyak orang pintar dan baik yang menciptakan antivirus. Terbukti, tak lama setelah menyebarnya virus ILOVEYOU, sudah ada McAfee, program yang bisa mengalahkan virus tersebut.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Viral, Barang Siapa yang Tidak Makan Ikan Siap-Siap Akan Ditenggelamkan oleh Menteri Susi

10 Editan dan Meme Kocak Ransomware WannaCry yang Malah Bikin Kamu Ngakak Alih-Alih Takut