in

Viral Video Gancet di YouTube Gus Idris, Ternyata Hanya Settingan dan Disebut untuk Edukasi

Masifnya perkembangan teknologi di era digital, membuat kreativitas semakin meningkat. Hal ini bisa kita lihat dari semakin menjamurnya konten-konten di berbagai platform medsos. Namun sayangnya, seringkali kreativitas tersebut tidak dibarengi dengan nilai etika yang baik dalam penyajiannya.

Akibatnya, seorang konten kreator cenderung lebih mengutamakan sisi popularitas ketimbang sisi edukasinya. Meski konten yang dibuatnya untuk tujuan edukasi, akan tetapi jika salah dalam menyajikannya, malah akan merugikan diri sendiri. Seperti kisah yang dialami YouTuber berikut ini.

Gus Idris, pengasuh ponpes sekaligus YouTuber yang bikin heboh

Gus Idris,¬†seorang Youtuber sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Thoriqul Jannah, Malang, Jawa Timur belum lama ini mengunggah sebuah video berdurasi 50 menit 26 detik. Video berjudul ‘AZAB BERZINA PASANGAN INI GANCET || KE3LAMINY4 GAK BISA LEPAS’ ini diunggah pada 5 September 2021.

Tangkapan layar video pasangan gancet yang sempat viral [sumber gambar]
Di dalam video tersebut, terlihat beberapa orang sedang membacakan doa untuk membantu seorang wanita dan lelaki yang disebut mengalami gancet. Si wanita terus saja menangis meminta tolong, sementara si pria menutupi mukanya sambil menghadap ke dinding. Posisi pria berada di atas si wanita dan keduanya tidak bisa lepas. Mereka yang hadir menyayangkan perbuatan perzinahan yang dilakukan kedua sejoli dan menyalahkannya.

Klarifikasi Gus Idris setelah video gancet viral

Video ini dibagikan kembali ke Tiktok oleh akun bernama @indriani_be. Spontan saja, video tersebut langsung viral. Namun setelah ditelusuri, ternyata video tersebut bukanlah betulan kejadian gancet. Video itu dibuat dan diunggah hanya untuk settingan saja.

Gus Idris, pengasuh Pondok Pesantren Thoriqul Jannah, Malang [sumber gambar]

Mengenai video gancet yang sempat viral ini, Gus Idris pun angkat suara. Ia mengatakan bahwa tujuannya mengunggah video tersebut hanya untuk edukasi saja. Diduga kuat isi kontennya memang hanya settingan saja. Hal ini seperti yang tertulis di dalam disclaimer kanal YouTubenya.

Pernah terjerat kasus penyebaran hoaks

Jauh sebelum video gancet heboh, Gus Idris juga pernah terjerat kasus penyebaran video hoaks. Di dalam videonya, terdapat sebuah mobil yang sedang melintas. Lalu terdengar suara tembakan. Ia pun jatuh tersungkur dan berguling-guling, seperti terkena tembakan.

Gus Idris pernah terjerat kasus hoax [sumber gambar]
Dada sebelah kanan Gus Idris pun terdapat noda darah, seolah terkena tembakan. Video hoaks penembakan ini dibuat pada 28 Februari 2021, di wilayah Pacet, Kabupaten Mojokerto. Menurut pengakuannya, video ini dibuat hanya untuk konten saja. Bukan peristiwa yang sebenarnya.

Apa pengertian dari gancet?

Bagi kamu yang masih belum paham dengan istilah gancet, jangan keburu menyimpulkan secara asal. Di dalam dunia medis, gancet atau penis captivus adalah suatu keadaan di mana ketika organ intim pria tersangkut di dalam vagina saat sedang berhubungan intim.

Ilustrasi berhubungan intim [sumber gambar]
Selama berhubungan intim, aliran darah akan mengalir ke penis dan terjadi ereksi. Sementara otot pada dinding vagina juga akan berkontraksi sangat kuat, bahkan terkadang lebih kuat dari biasanya. Vagina dapat berkontraksi dengan cukup kuat, sehingga sulit untuk memisahkan organ intimnya. Namun kasus penis captivus ini jarang terjadi.

Gancet sangat identik dengan azab bagi pezina. Apakah benar ada hubungannya?

Bagi masyarakat awam kebanyakan, peristiwa gancet identik dengan hal-hal berbau mistis, perselingkuhan, hingga azab yang harus diterima oleh pelaku perzinahan. Apalagi hampir semua kasus yang terjadi hanya bersumber dari kesaksian orang lain saja, tidak ditangani secara langsung oleh tenaga medis.

Ilustrasi bercinta di dalam kamar mandi [sumber gambar]
Hubungan pasangan gancet dengan azab perzinahan tidak ada kaitannya sama sekali. Risiko gancet bisa terjadi kepada wanita yang memiliki riwayat vaginismus, yakni suatu kondisi di mana vagina berkontraksi atau menyempit tanpa bisa dikendalikan.

Peristiwa gancet yang bikin heboh

Berikut adalah beberapa peristiwa gancet yang pernah bikin heboh. Misalnya kasus gancet pernah terjadi di Gorontalo pada tahun 2010. Kasus ini dialami seorang anak yang berhubungan intim dengan ibunya. Keduanya sempat mau dibawa ke rumah sakit. Namun keduanya harus meregang nyawa.

Ilustrasi berhubungan intim [sumber gambar]
Kasus gancet juga pernah terjadi pada 2019 lalu di sebuah rumah sakit. Dalam sebuah video, terlihat sepasang sejoli berpelukan di rumah sakit sambil ditutupi selimut. Keduanya gancet saat berhubungan intim.

BACA JUGA: TGA, Penyakit Hilang Ingatan Saat Berhubungan yang Tidak Kalah Seram Dengan Gancet

Sebagai seorang konten kreator wajib membuat dan menyajikan konten yang baik dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Jangan sampai hanya demi viral, mengesampingkan sisi edukasi, sehingga kontennya menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Written by Hendra Digital

Bikin Terharu, Kisah TKW di Taiwan yang Diperlakukan Seperti Anak Sendiri oleh Majikan

Setahun Lebih Berbisnis di Indonesia, Dua WN Iran Ditangkap karena Olah Narkoba Bentuk Gel