in

Valentino Rossi Pensiun, Balapan Terakhir sampai Diberikan Ucapan Perpisahan yang Menyentuh

Bagi penggemar MotoGP pasti tahu tentang Valentino Rossi, pembalap yang sudah berkiprah di dunia balap motor selama sekitar 26 tahun. The Doctor, begitu sebutan Rossi, telah memenangi setidaknya 9 piala Grand Prix World Championship. Rossi memenangi kejuaraan dunia bersama Honda dan Yamaha.

Baca juga: Investasi Emas Online Sekarang Semudah Ini Lho!

Pria yang lahir di Italia 42 tahun lalu ini pun memutuskan untuk mengakhiri kejayaannya di dunia MotoGP. Tepat pada November 2021, ia melakukan balapan terakhirnya dalam ajang MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol. Rossi mendapatkan sambutan dan ucapan perpisahan dari berbagai pihak seperti sahabat, public figure, sampai rivalnya.

Perpisahan Rossi saat balapan terakhir

Balapan terakhir Rossi pada 14 November 2021, membawanya pada urutan ke-10. Walaupun tidak memenangi ajang tersebut, tetapi semua orang turut mengiringi balapan terakhir Rossi. Penonton dan tentu saja penggemar Rossi yang disebut Popolo Giallo memenuhi tirbun. Mereka bersorak-sorai menyemangati Rossi yang sempat menyusul pada urutan ke-9.

Valentino Rossi disambut wartawan saat balapan terakhirnya. [Sumber Gambar]
Valentino Rossi disambut wartawan saat balapan terakhirnya. [Sumber Gambar]
Setelah melewati garis finis, Rossi disambut oleh penggemar dan orang terdekat di Tikungan 1. Bahkan, rival Rossi tak ketinggalan merayakan perpisahannya. Mereka ikut berhenti di Tikungan 1 untuk melakukan glory lap bersama Rossi. Tak terkecuali Fabio Quartararo, juara pada MotoGP Valencia 2021. Quartararo sampai ikut membawa bendera kuning sebagai penghormatan untuk Rossi.

Rossi diberi ucapan perpisahan oleh idolanya

Sampai di paddock Petronas Yamaha SRT, Rossi sudah ditunggu oleh anggota tim, keluarga, wartawan, dan VR46 Riders Academy. Bahkan, dia pun disambut oleh Ronaldo Luis Nazario de Lima. Ronaldo Brasil, begitu panggilan akrabnya, merupakan mantan pemain bola Inter Milan. Rossi penggemar Inter Milan dan Ronaldo adalah salah satu idolanya.

Valentino Rossi dan Ronaldo Brasil. [Sumber Gambar]
Valentino Rossi dan Ronaldo Brasil. [Sumber Gambar]

Ketika sampai di paddock, Ronaldo dan Rossi berpelukan dan sempat berbincang sebentar. Bahkan, Ronaldo memberikan baju seragam Inter Milan dan Real Valladolid. Rupanya, Ronaldo datang khusus untuk mengucapkan perpisahan kepada Rossi. Ia pun kagum dengan karier Rossi yang cemerlang dan panjang.

Pesan dari public figure sampai rival

Bukan cuma Ronaldo dan rivalnya saat balapan terakhir, aktor papan atas dan rekan pembalap lain pun ikut mengucapkan perpisahan untuk Rossi. Beberapa aktor yang memberikan ucapan adalah Keanu Reeves, Chris Hemsworth, dan Tom Cruise. Tak ketinggalan, mantan rival Rossi di arena MotoGP pun mengucapkan perpisahan kepada Rossi, yaitu Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi.

Valentino Rossi dengan nomor motor 46. [Sumber Gambar]
Valentino Rossi dengan nomor motor 46. [Sumber Gambar]
Ada juga rekan sepak bola seperti Gianluigi Buffon dan Andrea Pirlo. Tak terkecuali rekan sesama pembalap, seperti Mick Doohan dan Lewis Hamilton. Bahkan, banyak penggemar Rossi dari seluruh dunia yang turut mengucapkan salam perpisahan melalui media sosial. Jose Mourinho, pelatih AS Roma, pun turut mengucapkan perpisahan melalui laman Instagram-nya.

Pesan menyentuh untuk Rossi

Fans Valentino Rossi. [Sumber Gambar]
Fans Valentino Rossi. [Sumber Gambar]
Bukan sekadar ucapan perpisahan, beberapa public figure pun menyampaikan pesan menyentuh untuk Rossi. Seperti Ronaldo Brasil yang mengatakan dia menaruh harapan besar pada Rossi dan begitu kagum akan kariernya yang bertahan lama dan cemerlang. Pesan menyentuh juga datang dari rival Rossi saat 1990-an, yaitu Max Biaggi. Ia menyampaikan bahwa dunia balap motor akan sangat kehilangan Rossi. Ia pun berpesan bahwa Rossi kini bisa melakukan berbagai hal yang dulu tidak bisa dilakukannya.

BACA JUGA: Putuskan Pensiun, Ini Perjalanan Karier Valentino Rossi hingga Jadi Pembalap Legendaris

Walaupun kini Rossi sudah tidak aktif lagi sebagai pembalap motor, ia akan tetap dikenang oleh berbagai pihak. Baik anggota tim, rekan, rival, dan penggemarnya. Berkat Rossi, dunia balap motor lebih dikenal dunia. Mendatangkan penggemar dari berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang tua. Sampai jumpa, Valentino Rossi! Terima kasih atas perjuangannya selama ini.

Written by Galih Hayu

Heboh Masker Mahal dari Emas, Disebut Tak Berguna tapi Harganya Sebanding Satu Unit Rumah

Perjalanan Cinta Berliku Ismed Sofyan, hingga Tambatkan Hati Pada Perempuan Cantik Muda Ini