in

Heboh Masker Mahal dari Emas, Disebut Tak Berguna tapi Harganya Sebanding Satu Unit Rumah

Meski dunia didera pandemi, tuntutan untuk hidup glamor sepertinya tak pernah berhenti. Di masa yang penuh kekhawatiran, masker penutup hidung dan mulut kini jadi komoditi mode yang diminati. Beragam rancangan dan gaya masker kini bermunculan, dari yang unik sampai yang punya harga mahal.

Baca juga: Emas Digital Bisa jadi Investasi Penyelamat Finansialmu

Salah satu masker yang mahal adalah buatan Chandan Das. Dibuat dari untaian emas, wajar saja kalau harga maskernya mencapai ratusan juta rupiah. Tak hanya menarik, masker ini pun juga memancing polemik.

Masker dari emas seharga Rp808 juta

Masker emas bikinan desainer India, Chandan Das. [sumber gambar]
Dengan merogoh kocek sekitar Rp20 ribuan, kamu sudah bisa dapatkan masker yang aman untuk menangkal virus Corona. Hal berbeda coba ditawarkan oleh Chandan Das, desainer perhiasan asal India. Ia membuat masker yang terbuat dari emas dengan harga fantastis, Rp808 juta per unitnya. Barang itu memiliki bobot seberat 108 gram dan membutuhkan waktu pembuatan selama 15 hari.

Masker semahal itu, apakah laku?

Masker seharga Rp. 808 juta itu ternyata laku. [sumber gambar]

Jawabannya adalah LAKU! Mungkin sulit membayangkan untuk mengenakan masker yang terbuat dari emas dengan harga setinggi itu. Namun, ternyata barang ini ada peminatnya. Konon masker itu dibeli oleh pengusaha dari Benggala Barat.

Lebih bersifat perhiasan daripada masker untuk pelindung kesehatan

Masker medis yang disarankan untuk mencegah penularan Covid-19. [sumber gambar]
Secara desain, sebenarnya masker ini bukanlah yang terbaik untuk melindungi diri dari bahaya Covid-19. Benda tersebut terbuat dari manik-manik emas dan terlihat berongga. Bila dikenakan, sudah pasti bagian mulut dan hidung tetap terekspos udara luar. Kalau keluar rumah hanya memakai masker super mahal ini, dijamin virus masih bisa masuk melalui rongga tersebut. Bukannya melindungi, tapi bisa dibilang ini hanya untuk hiasan saja.

Masker emas bukannya menuai pujian, justru banjir kritikan

Chandan Das memamerkan masker emas bikinannya saat perayaan Durga Puja di Kolkata. Benda itu kemudian difoto oleh jurnalis Rituparna Chatterjee dengan caption, “Apa gunanya (masker) ini?” dan menjadi viral. Bukannya menuai pujian, produk ini justru dibanjiri kritikan.

Banyak yang menganggap masker ini tak berguna karena tak bisa menangkal virus. Ada juga yang mengaitkan masker emas ini dengan kesombongan yang tak memedulikan banyaknya korban jiwa akibat virus Corona.

Masker emas bikinan Chandan Das bukan yang pertama di India

Ternyata, masker emas bikinan Chandan Das bukanlah yang pertama di India. Seorang pengusaha bernama Shankar Kurhade pernah membeli penutup hidung dan mulut yang juga terbuat dari logam mulia tersebut. Pria 50 tahun asal Pune tersebut pernah memamerkan sebuah masker seberat 60 gram dengan harga sekitar Rp56 jutaan.

Shankar Kurhade bangga dengan masker emasnya. [sumber gambar]
Motivasinya mengenakan masker dari emas adalah karena sebelumnya ia mendengar ada produk serupa yang terbuat dari perak. Menurutnya, sejak memakai pelindung tersebut makin banyak orang mengajaknya ber-selfie. Kurhade sendiri sering mengenakan cincin, kalung, dan gelang emas saat sedang bepergian.

BACA JUGA: Pakai Masker hingga Perhiasan 13 kg, Orang-orang Kaya ini Viral Gara-gara Emas

Di India sendiri pandemi Covid-19 masih tergolong mengkhawatirkan. Meski mulai melandai setelah dihantam gelombang tinggi penularan di bulan Mei 2021, kasus harian tergolong cukup tinggi. Tercatat Selasa (14/11/2021) ada 8.865 kasus baru, sementara angka kematian secara keseluruhan kini telah mencapai 464.000 jiwa.

Written by Bayu Yulianto

Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Bikin Geram Netizen sampai Minta Maaf

Valentino Rossi Pensiun, Balapan Terakhir sampai Diberikan Ucapan Perpisahan yang Menyentuh