in

Tren Adopsi Boneka Arwah di Kalangan Artis, Warganet: Mengarah ke Syirik?

Mendengar kata boneka arwah, barangkali yang muncul di benak kita adalah hal mistis atau film horor. Nah, bagaimana kalau hal tersebut jadi tren beneran di dunia nyata? 

Tren masa kini memang banyak yang membuat publik heran. Salah satunya yang belakangan kontroversial, mencuat kabar tentang beberapa artis Indonesia mengadopsi boneka arwah. Iya, kamu tidak salah baca, beneran mengadopsi tanpa tanda kutip. 

Sederet nama artis yang disebutkan juga tidak main-main, seperti Ruben Onsu hingga Ivan Gunawan. Perlakuan mereka kepada boneka ini pun seperti pada anak sendiri. Sampai sini, barangkali mulai banyak pertanyaan muncul di kepala kita. Kenapa boneka arwah? Apa motivasinya? Apakah menyeramkan? 

Nah, mari kita bahas sejenak untuk memahami tren yang unik ini. 

Asal usul boneka arwah dari Thailand

Luk thep boneka arwah Thailand
Tren spirit doll luk thep di Thailand [Sumber gambar]
Thailand adalah salah satu negara di Asia yang film horornya terkenal tidak kalah serem dari Indonesia. Melansir dari Detik, tren adopsi boneka arwah ini bermula dari Negeri Gajah Putih tersebut pada tahun 2016. Istilah lokal untuk spirit doll ini di sana adalah ‘luk thep’, yang artinya malaikat anak. Ya, di sana tren ini malah mendapat respon yang positif layaknya jimat pembawa keberuntungan. 

Luk thep yang mereka miliki akan mendapat doa oleh para biksu, dengan harapan bisa membawa lebih banyak hoki. Meski begitu, ada sinyalir kalau hal ini juga untuk prosesi mengundang arwah untuk tinggal di dalam boneka tersebut. 

Kebanyakan boneka ini berupa anak kecil atau bayi. Oleh pemiliknya, mereka bakal mendapat perlakuan istimewa seperti anak sendiri. Bahkan, ada juga restoran di Thailand yang melayani kursi serta menu tersendiri bagi spirit doll tersebut bila ikut makan bersama pemiliknya. Hmm…. 

Kebalikannya, warganet Indonesia heran dengan tren di kalangan artis ini

artis adopsi boneka arwah
Celine Evangelista dan Ivan Gunawan adopsi boneka arwah [Sumber Gambar]
Lain halnya di Indonesia, tren ini agak bikin speechless netizen. Apalagi, beberapa nama artis tanah air yang mengadopsi boneka ini punya pengaruh kuat di masyarakat. Sebut saja Ruben Onsu, Ivan Gunawan, Siti Badriah, Soimah, Nora Alexandra hingga Lucinta Luna. 

Memantau dari timeline Twitter di akhir Desember 2021 lalu, banyak warganet yang bertanya-tanya seperti berikut ini: 

“Orang2 pada kenapa sih akhir2 ini?? Apalagi igun makin hari makin horror kisahnyaa..”

“Emg paling bener kalau kesepian tuh melihara kucing apalagi kucing yg sering kerasukan reog. Asli dah gak bakal kesepian.”

“Ini termasuk syirik ga sih? serem banget jujur masa memuja-muja boneka spirit :((“

Motif adopsi ini pun hingga kini masih belum jelas, sehingga mengundang polemik di masyarakat. Menanggapi hal ini, MUI segera mengambil sikap dengan menjelaskan bahwa boneka sebagai mainan boleh saja, namun ketika muncul persepsi sebagai tempat arwah, hal ini mulai memasuki ranah syirik. 

Apakah boneka arwah menyeramkan?

Furi harun boneka arwah
Furi Harun kolektor boneka arwah di Indonesia [Sumber gambar]
Seram atau tidak memang tergantung sudut pandang dan ketertarikan kita pada hal mistis. Indonesia sendiri termasuk negara yang punya kepercayaan serta mitos turun temurun  di samping agama yang diakui negara. Tak kita mungkiri, masih banyak pula yang menggenggam hal tersebut dalam hidupnya hingga kini. 

Salah satu kolektor spirit doll ternama di Indonesia, Furi Harun, menjelaskan bahwa ia mengoleksi boneka-boneka tersebut dengan tujuan menjadi rumah bagi arwah anak-anak yang hidupnya berakhir tragis, seperti aborsi, atau pembunuhan. Kemampuan Furi berkomunikasi dengan spirit tersebut juga bertujuan untuk membantu mereka untuk bisa ikhlas dengan masa lalu mereka lalu kembali kepada Sang Pencipta. 

Furi Harun sendiri belakangan jadi terkenal karena Ivan Gunawan mengundangnya dalam konten Youtube tentang spirit doll ini. Menurut penjelasannya, sudah cukup banyak arwah yang singgah di boneka-bonekanya, kini telah kembali ke alam yang semestinya. 

Boneka arwah ada yang jual di e-commerce?

Bukan warga +62 kalau tidak pandai melihat kesempatan. Di salah satu perbincangan Twitter, muncul screenshot open adopt untuk spirit doll dengan range harga sekitar 5 jutaan. Namun setelah tim Boombastis menelusuri, postingan open adopt boneka arwah tersebut sudah tidak ada. Kalau ada pun, apakah ada yang beli? 

Di tangkapan layar selanjutnya, ternyata memang ada beberapa orang yang membeli boneka tersebut. Bahkan punya motivasi ingin memilikinya. Lebih mengejutkan lagi, bahwa boneka tersebut menurut mereka membantu dirinya jadi lebih baik. Seperti suka sedekah, mengingatkan ibadah, mudah bersyukur dan mendekatkan diri pada Tuhan, serta lainnya. Jadi, seperti ada komunikasi dan chemistry antara boneka ini dengan pemiliknya. 

BACA JUGA: Kisah 5 Boneka Lucu dari Penjuru Dunia yang Tak Boleh Dimainkan

Memang ada terapi boneka yang menurut penelitian, bisa memberikan dampak positif bagi mental pemiliknya. Namun, netizen tidak yakin hal tersebut ada hubungannya dengan tren boneka arwah. Nah, bagaimana menurut kalian, Sobat Boombastis? 

Written by Orchid

3 Bangunan Ini Masih Utuh Meski Sekitarnya Hancur Terkena Bencana pada Tahun 2021

Kabar Terbaru Matahari Buatan China, Bisa Menyala Lebih Lama dan Telah Mencapai Target