in

3 Bangunan Ini Masih Utuh Meski Sekitarnya Hancur Terkena Bencana pada Tahun 2021

Tahun 2021 merupakan tahun yang penuh gejolak. Di Indonesia sendiri, banyak musibah dan bencana yang memakan banyak korban. Berbagai cerita pilu dan sedih terdengar akibat bencana yang terjadi.

Tapi di balik kisah pilu, ada cerita unik yang terjadi. Terdapat bangunan-bangunan yang tetap berdiri kokoh seperti tak terjadi apa-apa. Padahal, sekitarnya sudah rusak karena bencana tersebut.

Toko di pasar selamat dari kebakaran, padahal sekitarnya hangus

Sempat terjadi kebakaran hebat di Pasar Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada hari Kamis (23/12/21). 7 damkar dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api hingga berjam-jam. Semua bangunan menghitam dilahap api, bahkan tak sedikit toko di dalam pasar yang roboh.

Toko tak terkena api [sumber gambar]
Namun, salah satu toko membuat banyak orang tercengang. Pasalnya, hanya satu toko itulah yang tidak hangus. Semua isinya utuh, bahkan kulkas dan freezer di dalamnya masih dingin saat dibuka petugas. Dikabarkan, pemilik toko tersebut gemar bersedekah.

Rumah tak tersentuh debu vulkanik saat erupsi Gunung Semeru

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/21) merupakan salah satu bencana yang memilukan di tahun 2021. Bukan hanya korban jiwa berjatuhan, rumah dan lahan warga rusak dan tertimbun debu vulkanik. Tapi, ada satu bangunan rumah yang bikin kaget para relawan saat melihatnya.

Rumah tak terkena debu vulkanik [sumber gambar]

Alih-alih rusak atau berselimut debu vulkanik, rumah yang ada di Dusun Renteng, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang ini tetap utuh dan bersih. Tak ada debu vulkanik di kolam di dekat rumah tersebut, bahkan burung love bird di sangkar pun selamat. Padahal, rumah milik warga bernama Pak Roh ini termasuk titik terparah dampak erupsi.

Rumah terhindar dari lava panas gunung meletus

Masih di tahun 2021, bencana ini terjadi di La Palma, Kepulauan Canary, Spanyol, tepatnya saat Gunung Cumbre Vieja meletus. Pada Minggu (19/9/21), gunung tersebut mengeluarkan lava yang begitu panas, hingga ribuan warga dievakuasi. Lava panas tersebut melewati ratusan rumah, bangunan lain, hingga perkebunan sawah yang langsung rusak.

Rumah terhindar dari lava [sumber gambar]
Uniknya, ada satu rumah yang lolos dari lava tersebut. Orang-orang menjuluki rumah tersebut sebagai ‘rumah ajaib’. Rumah itu milik sepasang pensiunan Denmark, yang sudah tak ditempati sejak pandemi.

BACA JUGA: Tetap Tegak Berdiri, Rumah Ini Seolah Kebal dari Erupsi Gunung Semeru

Keajaiban bisa terjadi kepada siapa pun dan di mana pun. Seperti yang terjadi pada bangunan-bangunan di atas. Mereka tetap utuh seperti tak tersentuh bencana, meski sekelilingnya sudah tak berbentuk.

Written by Galih Hayu

Apes, Pria Ini Buang Hardisk Berisi Bitcoin Senilai Rp5 Triliun

Tren Adopsi Boneka Arwah di Kalangan Artis, Warganet: Mengarah ke Syirik?