in

Dalam 6 Hal Ini Tiongkok Masih Lebih Digdaya Ketimbang Amerika Serikat

Amerika adalah negara adidaya di dunia. Fakta tersebut tak bisa dibantah lagi. Dari segi apapun, bisa jadi Amerika menjadi yang terbaik dari seluruh negara di dunia ini. Eits! Tunggu dulu, ternyata menjadi negara nomor satu di dunia belum tentu baik di segala bidang. Masih ada negara lain yang mampu mengalahkannya di beberapa hal. Seperti kata pepatah, masih ada langit di atas langit.

Adalah Tiongkok, negara yang berhasil mengungguli Amerika dalam beberapa hal. Salah satu contohnya adalah produksi barang. Sekarang, berapa sering kamu melihat tulisan ‘MADE IN CHINA’? Sering banget kan? Lalu bandingkan dengan cap ‘MADE IN USA’. Mungkin bisa dihitung dengan jari.

Nah, itu baru satu. Masih ada lagi beberapa hal yang Tiongkok masih lebih unggul ketimbang negeri Paman Sam ini. Simak terus artikel ini sampai habis.

1. Pembangunan Gedung di Tiongkok Lebih Ekspress

Gedung pencakar langit [image source]
Kedua negara ini banyak memiliki gedung pencakar langit. Jika kamu berjalan-jalan di sana, rasanya hampir seperti berada di hutan gedung pencakar langit. Tahukah kamu pada 2015 lalu Tiongkok berhasil membangun 57 gedung pencakar langit hanya dalam waktu 19 hari? Pembangunan gedung secara kilat ini seiring dengan pertumbuhan penduduk dan wisata yang membludak.

2. Tiongkok Handal Dalam Membuat ‘Kopian’ Barang Bermerk

McD versi KW [image source]
Kalau di Amerika sana kamu harus  menabung sampai berdarah-darah untuk membeli tas Hermes, di Tiongkok nggak perlu. Buat apa beli yang mahal kalau versi murahnya tersedia? Ya, Tiongkok terkenal sebagai negara pengkopi barang-barang bermerk. Kamu bisa mendapatkan ‘kopian’ gadget mutakhir dan tas tangan bermerk di sini.

3. Pertumbuhan Penduduk Kelas Menengah Semakin Cepat di Tiongkok

Penduduk Tiongkok [image source]
Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat di Tiongkok diimbangi pula dengan berkembangnya dompet mereka. Karena itulah Tiongkok menjadi negara yang memiliki populasi kelas menegah tertinggi di dunia. Berbeda dengan Amerika Serikat, penduduk kelas menengah di sini masih terbilang sedikit.

4. Memiliki Trek Kereta Cepat Lebih Panjang Daripada Amerika Serikat

Kereta cepat Tiongkok [image source]
Pertumbuhan transportasi di Tiongkok juga mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini memiliki sistem transportasi berupa kereta cepat dengan trek sepanjang 7000 mil, sekitar 11.300 km. Baru-baru ini Tingkok membuka jalur pengiriman barang dengan kereta ke London. Lalu Amerika Serikat? Transportasi kereta cepat masih dalam tajuk ‘rencana’.

5. Regulasi Kepemilikan Senjata Api yang Ketat

Transaksi senjata api [image source]
Di media sering kita dengar penembakan liar terjadi di Amerika Serikat. Seperti penembakan membabi buta yang terjadi di suatu universitas. Penembakan tersebut bahkan memakan salah satu korban dari Indonesia. Berbeda dengan Tiongkok. Negara ini memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Rahasianya? Regulasi kepemilikan senjata yang ketat. Penduduk Tiongkok diperbolehkan memiliki senjata api hanya untuk keperluan militer, berburu, dan olahraga.

6. Tiongkok Rajanya Ekspor Barang

Container di pelabuhan [image source]
Karena banyaknya barang yang diproduksi di Tiongkok, nggak heran kalau negara ini menjadi pengekspor terbesar di dunia. Karena hal itu, Tiongkok sampai menyandang gelar sebagai Rajanya Ekspor pada tahun 2009. Amerika Serikat sendiri menjadi negara pengimpor terbesar dengan angka 435 milyar dolar

Nah, itulah beberapa keunggulan Tiongkok dari Amerika Serikat. Melihat Tiongkok yang bisa mengungguli negara adidaya dalam beberapa hal, seharusnya bisa menginspirasi kita untuk terus tumbuh dan berkembang. Siapa tahu suatu saat posisi Amerika digeser oleh Indonesia tercinta?

Written by Sastranagari

Leave a Reply

4 Kepercayaan Masyarakat Melayu Natuna Ini Pantang Dilanggar Bila Tak Ingin Ketiban Sial

Mengintip Kemewahan History Supreme Yacht, Kapal Termahal di Dunia Saat Ini