in

5 Tempat Melegenda Ini Dipercaya Bisa Usir Status Single, yang Jomblo Mari Merapat

Fenomena jomblo alias belum punya pasangan memang sering menjadi bahan pembicaraan banyak orang. Katanya mencari jodoh itu memang susah-susah gampang, ada yang sudah dewasa tapi masih belum bertemu dengan sang pendamping, ada juga yang usianya masih terbilang muda tapi sudah menikah dan punya anak.

Mengenai hal ini, ada banyak mitos yang mengatakan bahwa beberapa tempat bisa membantu seseorang agar enteng jodoh dan segera mungkin bertemu dengan belahan jiwanya. Tempat ini sudah menjadi legenda saking terkenalnya. Nah, apa saja kira-kira? Mari kita bahas di ulasan Boombastis kali ini.

Pohon cinta (pohon jodoh) Kebun Raya Bogor

Sebelumnya, penulis pernah mengulas tentang jembatan keramat di Kebun Raya Bogor yang konon bisa membuat hubungan sepasang kekasih kandas di tengah jalan. Berkebalikan dari hal tersebut, kali ini ada pohon cinta yang bisa mendekatkan jodoh siapapun yang berkenalan di sana. Pohon ini sebenarnya merupakan dua jenis pohon berbeda (meranti dan beringin putih) yang tumbuhnya berdampingan.

Pohon Jodoh KRB [Sumber gambar]
Namun, hal tersebut malah membuat mereka terlihat serasi satu sama lain. Menurut kepercayaan, siapapun yang berkenalan di bawah pohon ini mereka bisa saja berjodoh. Bagi yang sedang dalam hubungan, mereka akan menjadi pasangan yang awet.

Umbul Jumprit Jawa Tengah

Umbul Jumprit ini diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 1987. Terletak di kabupaten temanggung, tempat ini berada di lereng Gunung Sindoro, di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo dengan ketinggian 2.100 mdpl. Salah satu hal unik dari mata air ini adalah persediaan air yang tak pernah kering walaupun kemarau melanda.

Umbul Jumprit Jateng [Sumber gambar]

Tak heran,tempat yang disucikan oleh penganut Buddha ini menjadi tempat yang dituju oleh banyak orang. Apalagi dengan adanya perkataan jika mengunjungi tempat ini maka akan enteng jodoh (bagi yang jomblo), terhindar dari bala bencana, banyak rezeki, serta membuang segala kesialan.

Air terjun Sekar Langit, Jawa Tengah

Air terjun ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu pernah mendengar tentang cerita Jaka Tarub, maka di sinilah tempatnya. Konon, dahulu ada seorang bidadari yang bernama Nawangwulan, ia tak bisa kembali ke kayangan karena selendangnya yang dicuri Jaka Tarub saat sedang mandi di air terjun ini. Tempat yang berada di lereng Gunung Telomoyo ini bisa mempercantik, membuat awet muda, serta mendatangkan jodoh bagi yang berusap dengan airnya.

Air terjun Sekar Langit, Jawa Tengah [Sumber gambar]
Untuk mendapatkan jodoh, ada ritual yang harus dilakukan. Ketika tiba malam malam atau Selasa Kliwon, seseorang harus bermeditasi menghadap ke arah timur laut sambil membakar dupa atau kemenyan. Bagaimana, ada yang berani?

Jembatan akar painan, Sumatra Barat

Bagi yang bermukim di Sumatra Barat, nama jembatan ini pasti tidak asing lagi. Jembatan ini sangat unik dan tidak akan kamu temukan di manapun juga. Selain umur jembatan yang sudah ratusan tahun, jembatan juga terbentuk dari akar pohon beringin yang tumbuh bersebrangan dan membentuk sebuah jalan yang bisa dilalui di atas Sungai Batang Bayang.

Jembatan akar painan, Sumatra Barat [Sumber gambar]
Nah, menurut kepercayaan siapapun yang berani mandi di awah jembatan sepanjang 25 meter ini maka ia akan segera dipertemukan dengan jodohnya.

Mata air Moli Sahatu, Wakatobi

Ini adalah tempat yang cukup jauh dan berada di bumi bagian timur Indonesia. mata air ini bisa dibilang unik sekaligus aneh, mengapa? Moli Sahatu adalah mata air tawar yang berdampingan dengan Pantai Patuno yang pastinya memiliki air asin. Jumlah mata air tersebut  tidak satu atau dua, tetapi ratusan.

Mata air Moli Sahatu, Wakatobi [Sumber gambar]
Setiap orang yang mengunjungi Pantai Patuno pasti meminta diantarkan ke tempat ini untuk sekedar mencuci muka saja. Dengan mencuci muka, khasiat yang bisa didapatkan adalah wajah yang awet muda serta jodoh yang semakin mendekat.

Namun, terlepas dari benar atau tidaknya, namanya jodoh tetap ada di tangan tuhan. Tetapi, kamu juga harus berusaha untuk mendapatkan pasangan hidup. Pergi ke tempat baru tentu membuka kesempatan kamu untuk mengenal orang baru (ada kemungkinan untuk berjodoh). Tetap berpositive thinking saja dan tetap berusaha sambil memperbaiki diri ya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Tak Banyak yang Tahu, Inilah 4 Faktor Penyebab Ular Bisa Masuk ke Dalam Rumah

Miris! Ini 5 Fakta Bocah SMP yang Disiram Oli Bekas oleh Pemilik Bengkel di Yogyakarta