in

Mirip Emen, Inilah Tanjakan Batu Piring Kalimantan yang Juga Seringkali Memakan Korban

Ilustrasi kecelakaan di tanjakan [Sumber gambar]

Jika disebut masalah kecelakaan di Tanjakan, nama Emen mungkin berada di paling atas dan dikenal oleh siapapun, terutama yang tinggal di daerah Kabupaten Subang. Berbagai versi juga muncul mengenai alasan mengapa tanjakan ini menelan korban hampir setiap tahun.

Selain Emen, ada banyak tanjakan yang juga tak kalah berbahaya, salah satunya adalah Batu Piring yang berada di Kalimantan Selatan. Memiliki kasus sama seperti Emen, Tanjakan ini kerapkali menewaskan para pengendara yang lewat di atasnya.

Tanjakan Batu Piring [Sumber gambar]
Tanjakan yang kerap dengan nama Batu Piring ini terletak di Jl. A Yani Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Terbilang cukup sering memakan korban berupa truk pengangkut barang. Menurut warga sekitar, dalam tahun 2018 saja sudah terjadi 10 kecelakaan. Karena hal tersebutlah warga sering mengait-ngaitkan kecelakaan dengan hal mistis. Berbagai anggapan bahwa tempat tersebut dihuni oleh makhluk gaib tak kasat mata pun muncul. Persis sama seperti predikat yang disematkan kepada Tanjakan Emen.

Namun, di luar itu semua, Batu Piring memang belum dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas yang memadai, faktor penerangan pun masih sangat kurang. Tentu hal tersebut menjadi pemicu besarnya peluang kecelakaan. Ketika malam hari terutama, tak ada rambu lalu lintas dan penerangan yang buruk membuat yang melalui harus ekstra hari-hati.

Ilustrasi kecelakaan di tanjakan [Sumber gambar]
Berdasarkan pandangan Kasatlantas Polres Balangan, AKP R Sudarto,  terlepas dari unsur mistis dan infrastruktur yang tak memadai, tingkat kecuraman juga menjadi masalah lain. Batu Piring memiliki struktur tanjakan yang cukup tinggi dengan kemiringan mulai 25 sampai 30 derajat. Dengan begitu, truk yang biasanya membawa beban berat akan sangat berbahaya saat melintasi tanjakan.

Jadi, intinya keselamatan tetap berada di tangan pengendara. Jika berada di medan yang mengerikan seperti di atas, kurangi beban muatan, kurangi kecepatan, pastikan bahwa lampu  kendaraan menyala dengan baik. Telepas dari ada atau tidaknya hal mistis, semoga segala infrastruktur di Tanjakan Batu Piring segera bisa terlengkapi.

 

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Abu al Wafa’, Tokoh Islam di Bidang Matematika yang Mencerahkan Peradaban Non Muslim Eropa

Terkenal Brutal di Atas Lapangan, 9 Foto Ini Tunjukkan Sisi Lain dari Sergio Ramos