in

Wajib Coba! Ini 5 Resep Takjil Rendah Gula yang Bikin Buka Puasa Aman Tenteram

Bulan suci Ramadan selalu meriah nggak hanya dengan tradisinya yang unik seperti sahur keliling tapi juga momen buka puasa. Walaupun tahun ini Ramadan harus dilalui bersama pandemi Covid-19 bukan berarti semangat kita turun dong! Justru dengan momen yang membuat kita harus di rumah dulu ini, bisa dimanfaatkan agar waktu bersama orang sekitar tetap bermakna.

Kalo ngomongin puasa tentu nggak bisa jauh sama takjil yang manis-manis, apalagi kalau udah seharian menahan haus dan lapar. Bisa-bisa tengah hari udah berhalusinasi wudhu dengan es teh! Memang momen buka puasa itu istimewa tapi sayang banget kalo setelah buka puasa malah ngantuk dan nggak lanjut tarawih gara-gara kekenyangan dan kalap saat berbuka. Jangan khawatir, kami punya lima resep takjil sederhana yang bisa kamu buat sendiri tanpa harus kalap dan kadar gula tetap terjaga!

Es buah tanpa gula

Rasanya segar cukup biar kamu nggak pengen nambah lagi [sumber gambar]
Makanan yang paling laris ketika waktu berbuka tiba memang nggak jauh-jauh dari buah, apalagi kalau ada bonus kuah yang segar seperti sirup cocopandan. Tapi biar nggak kalap, mending kalau bikin es buah nanti nggak usah pakai tambahan gula karena rasa manis sudah akan kamu dapatkan dari buah itu sendiri. Selain bisa bikin lega di tenggorokan, juga nggak akan membuat nafsu makan langsung tinggi.

Burjo alias bubur kacang ijo

Selain enak buat sarapan, oke juga buat buka puasa! [sumber gambar]
Siapa bilang kalau burjo hanya cocok untuk sarapan pagi? Untuk buka puasa juga bisa jadi opsi yang tepat lho, kandungan protein yang ada di dalamnya membuat perutmu cepat kenyang walaupun porsinya sedikit. Jadi untuk lanjut ke menu lain setelah ibadah juga aman dan nggak akan bikin kamu kalap.

Kolak pisang bening (tanpa santan)

Walaupun tanpa santan bukan berarti nggak enak. [sumber gambar]
Jika biasanya menu kolak pisang punya santan, nanti coba deh agar nggak terlalu berat kurangin aja porsi santannya. Selain membuat perut bisa begah, kandungan santan yang gurih akan membuatmu malah nambah terus!

Agar-agar atau puding dingin

Selain segar, teksturnya juga bikin kamu kenyang [sumber gambar]
Selain ringan dan enak, berbuka dengan agar-agar atau pudding dingin bisa membuatmu kenyang duluan tanpa ada banyak kalori yang langsung masuk. Pilihan rasa yang bervariasi dan bisa dicampur dengan topping kesukaanmu membuat agar-agar atau pudding pengganjal perut yang pas sebelum melakukan ibadah.

Manisnya nggak bikin ngilu: Kurma!

Selain manisnya pas, makan kurma juga anjuran lho! [sumber gambar]
Kalau yang satu ini sih nggak ada lawan, bahkan sudah dianjurkan untuk berbuka dulu dengan kurma agar perut kita nggak kaget. Walaupun manis, rasa dari buah yang satu ini nggak bikin enek kok, apalagi bikin kamu kalap nantinya.

BACA JUGA: 6 Menu Berbuka Mantap yang Bisa Dibeli Hanya dengan Rp10 Ribu Saja

Menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi saat puasa memang jadi tantangan tersendiri, jangan sampai niat baik kita untuk ibadah bisa jadi runyam gara-gara kebanyakan makan. Dari lima resep diatas, kira-kira kamu mau coba yang mana dulu nih? Atau ada menu favoritmu sendiri? Share yuk di kolom komentar!

Written by Fany

Leave a Reply

Sungai Merah hingga Hizbullah, 4 Hal Ini Ditakuti Israel Meski Pasukannya Dikenal Canggih

4 Alasan Tidur Kelamaan saat Puasa Malah Membahayakan Kesehatan