in

4 Alasan Tidur Kelamaan saat Puasa Malah Membahayakan Kesehatan

Ketika membaca kata ‘tidur’ terbayang sudah aktivitas yang menyenangkan itu, apalagi saat lock down seperti sekarang ini. Tidur jadi kegiatan favorit dan seakan wajib dilakukan semua orang di tengah hari, apalagi di bulan puasa nih. Memang tidur selalu jadi opsi terbaik saat kamu butuh istirahat, memperbaiki mood atau hanya untuk melupakan masalah. Selain itu, tidur juga  membantu kita untuk menghemat energi dan melupakan lapar yang menyerang.

Namun melakukannya berjam-jam justru bisa bikin kesehatanmu terganggu lho! Datangnya bulan suci Ramadan harusnya bisa kita sambut dengan baik. Plus bisa memberikan motivasi untuk beribadah dengan lebih fokus jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Biar makin nggak bablas, kami kasih tau nih kenapa kamu nggak disarankan untuk tidur terlalu lama saat puasa!

Badan pasif, tambah lemes!

Nggak mau kan malah lemas saat banyak kerjaan? [sumber gambar]
Siapa yang bilang kalau banyak tidur dan nggak sering gerak akan menyimpan energi agar aktivitas lebih aktif? Salah tuh! Justru karena kamu pasif dan terlalu memanjakan diri hingga tidur kelamaan, malah badan makin lemas karena nggak ada motivasi gerak. Coba sesekali jalan keliling komplek daripada rebahan melulu.

Imun menurun juga bisa lho

Hati-hati saat imun turun terutama saat pandemi [sumber gambar]
Memang saat puasa asupan gizi kita berkurang dan untuk menyeimbangkannya harus dilakukan dengan makan makanan yang bernutrisi. Selain dari makanan, badan yang sehat juga bisa didapatkan dari aktivitas kita. Tidur kelamaan membuat badan lemas dan imun juga akan menurun.

Pahala nggak nambah, malah berat badan naik!

Sayang banget malah tumbuh ke samping [sumber gambar]
Walaupun secara teori puasa katanya bisa menurunkan berat badan, tapi jika aktivitas kita terbatas seperti sekarang dan kamu juga tiduran doang yang ada timbangan malah nambah. Obesitas juga dipengaruhi dari jumlah tidur kita lho, jadi kamu harus ekstra hati-hati.

Tingkat stress meninggi

Pikiran nggak karuan malah bikin kegiatan makin membosankan [sumber gambar]
Menghabiskan waktu berjam-jam untuk tidur, udah tambah lemes, bisa bikin badan tambah melar kali ini juga bisa bikin kamu malah stress! Kok bisa? Jadi otak kita punya hormon yang harus kita seimbangkan dengan terus aktif, jika otak kamu dibiarkan begitu aja selama belasan jam hanya untuk tidur efeknya akan berpengaruh ke tingkat stress lho!

BACA JUGA: Susah Tidur sampai Begadang, Ini Tips Sahurnya agar Kuat Puasa Seharian

Hayo kira-kira udah berapa jam nih yang kita habiskan hanya untuk tidur selama bulan Ramadan ini? Godaannya memang besar sih, terlebih kalau udah terbiasa selama pandemi di rumah aja tanpa ada kegiatan yang berat. Namun demi kesehatan mental dan juga fisik, lebih baik nggak diteruskan ya! Kegiatanmu selama puasa tahun ini ngapain aja? Yuk share komentar dibawah!

Written by Fany

Leave a Reply

Wajib Coba! Ini 5 Resep Takjil Rendah Gula yang Bikin Buka Puasa Aman Tenteram

Para Pencari Tuhan’ Hingga ‘Semprul Mengejar Surga’, 5 Sinetron Ini Pasti Nongol di Ramadan