in

Dikatakan Terbesar di Asia Tenggara, Beginilah Penampakan Stadion Bukit Jalil yang Saingi GBK

Stadion Bukit Jalil merupakan salah satu saksi bisu bagaimana hebatnya Indonesia melawan Malaysia. Beberapa pertandingan yang diadakan pada tempat tersebut, memaksa tuan rumah harus pulang dengan kepala tertunduk. Selain mengadakan pertandingan antara Indonesia vs Malaysia, stadion ini juga kerap digunakan sebagai tempat perhelatan event besar, seperti SEA Games, Kompetisi Atletik Dunia, dan AFF Cup.

Layaknya Gelora Bung Karno (GBK), stadion yang terletak di Kuala Lumpur ini, juga menjadi simbol kebanggaan warga Malaysia. Tidak heran apabila dulu pembangunannya menghabiskan dana sampai miliaran. Apabila kita bandingkan dengan Stadion di Asia Tenggara, Bukit Jalil menjadi yang terhebat dan mampu meninggalkan gelanggang olahraga negara lain. Lalu seperti apakah stadion ini? Simak ulasannya berikut.

Memiliki atap melingkar yang tahan terhadap cuaca tropis

Atap Stadion Bukit Jalil [Sumber Gambar]
Hujan menjadi kendala yang nyata untuk pemain dan penonton. Enggak mau kan sahabat Boombastis apabila nonton harus bermandikan air sekaligus. Untuk mengantisipasi hal tersebut Stadion Bukit Jalil melengkapi stadion menggunakan atap melingkar. Jadi apabila suporter datang langsung ke stadion mereka tidak akan kuatir terhadap pergantian cuaca. Atap melingkar milik Stadion Bukit Jalil  merupakan salah satu yang membuatnya mampu bersaing dengan stadion GBK.

Kapasitas tempat duduk yang besar mengalahkan stadion di Indonesia

Tempat duduk stadion [Sumber Gambar]
Stadion Bukit Jalil memiliki kemampuan daya tampung terbesar di Asia Tenggara. Tercatat memiliki kapasitas sebesar 87, 441 ribu tempat duduk. Hal ini melebihi stadion utama Indonesia GBK yang hanya mampu menampung 70-an ribu penonton. Semakin hebat dengan setiap tempat duduknya sudah memiliki model single layaknya gelanggang olahraga di Eropa.  Hal tersebut membuat penonton akan nyaman saat menonton langsung pertandingan sepak bola di Stadion Bukit Jalil. Dengan tempat duduk seperti itu, penonton dapat tersusun rapi serta tidak perlu berdesakan.

Pencahayaan bertaraf internasional yang mampu terangi seisi stadion

Cahaya stadion [Sumber Gambar]
Cahaya menjadi perangkat penting dalam pertandingan sepak bola. Hal ini disebabkan lantaran akan sulit menggelar pertandingan apabila dalam keadaan gelap. Stadion Bukit Jalil ini memiliki pencahayaan sebesar 2.100 lux atau dua kali lebih besar dari awal saat dibangun yang sebelumnya yang hanya 1.200 lux. Lampu tersebut mampu menghemat sistem konsumsi listrik sampai 50 persen dari lampu konvensional. Stadion Bukit Jalil ini bisa dikatakan sudah mampu mengelar pertandingan malam sesuai standar internasional.

Kualitas rumput berasal dari produk lokal berstandar internasional

Kualitas Rumput [Sumber Gambar]
Dalam pertandingan sepak bola rumput merupakan hal yang tak kalah penting. Karena dengan kondisi lapangan yang bagus lah, pemain akan bermain lebih optimal. Hal ini juga menjadi perhatian pengelola Stadion Bukit Jalil. Dengan mendatangkan rumput dari produk lokal membuat gelanggang olahraga itu semakin hebat. Penggunaan rumput ini sendiri tidak langsung ditanam, melainkan dikelola sebelumnya. Hal tersebutlah yang membuat stadion ini mendapatkan kualitas rumput yang bagus. Dengan keadaan ini pertandingan akan lebih enak untuk dilihat.

Drainase stadion yang mampu menjaga rumput dari air hujan

Permainan [Sumber Gambar]
Cuaca menjadi suatu faktor yang tidak bisa dilepaskan dalam olahraga sepak bola. Faktor alam ini sering sekali membuat sebuah pertandingan dihentikan. Hal ini  karena air hujan yang tidak mampu dialirkan akan menyebabkan lapangan dapat tergenang air. Kondisi lapangan yang seperti ini umumnya sangat dihindari, sebab sangat menggangu pertandingan. Namun, untuk Stadion Bukit Jalil hal tersebut tidak akan terjadi. Pasalnya Melalui sistem drainase bagus milik stadion, meskipun hujan lebat mengguyur daerah tersebut lapangan akan tetap kering.

Kemegahan Stadion Bukit Jalil ini membuat siapa saja yang melihatnya akan takjub. Menjadi stadion bertaraf internasional membuatnya sebanding dengan GBK, atau bahkan mungkin lebih bagus. Hal tersebut tentu adalah perspektif masing-masing orang saat melihatnya. Membuat Bukit Jalil tampak hebat adalah tugas dari suporter dan pihak pengelola stadion. Karena dengan kesadaran penonton akan membuat stadion tersebut tampak seribu kali lebih indah.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Jadi Primadona Masyarakat dan Berjaya Pada Masanya, 4 Angkutan Umum Ini Tinggal Kenangan

Kenali 4 Fitur Paling Baru dari Whatsapp yang Wajib Diketahui Para Pengguna Ponsel Pintar