Dalam satu hari, berapa kali sih kamu menemukan video lucu di Instagram yang bikin kamu akhirnya kepo lalu follow? Kalau jawabanmu adalah sering, kamu pasti kenal sama karakter Mak Beti. Dia bikin kamu inget ibu di rumah karena karakternya yang relate banget; cerewet, suka ngomel, pelit, tapi sebenarnya sayang banget sama anaknya.

Mak Beti ternyata bukan pemain baru di kalangan kreator video lucu singkat Instagram dan Youtube. Sudah sejak tahun 2013 loh karakter ibu-ibu dari Sumatera ini diciptakan oleh Muhammad Arif. Meski begitu, ketenarannya sekarang tak didapat dengan jalan yang mudah. Hal lain yang bikin kaget juga adalah sosok aslinya yang ternyata ganteng. Weleh-weleh.

Mak Beti tebus kerinduan kampung halaman saat jadi TKI di Abu Dhabi

Ada begitu banyak hal yang dirindukan ketika jauh dari rumah, kalau versi Muhammad Arif hal itu adalah gaduh dan ributnya ibu-ibu saat pagi hari. Mulai dari ibu-ibu yang ngomel karena anaknya telat pergi sekolah sampai yang karaokean dangdut. Ini sih terdengar menyebalkan, tapi saat merantau jauh seperti yang dilakukan Muhammad Arif ketika jadi TKI di Abu Dhabi yang begitu ngangenin juga.

Karakter Mak Beti dan Beti
Karakter Mak Beti dan Beti [sumber gambar]
Dari kerinduan itulah dan bermodal kamera depan handphone android dan tripod, Muhammad Arif membuat karakter Mak Beti. Akunya sih karakter Mak Beti terinspirasi dari ibu-ibu tetangganya saat di Binjai. Karakternya pun khas ibu-ibu banget, mungkin mirip ibu kamu juga.

Sempat ditentang ‘Mamak’, lalu dimodali daster dan jilbab

Setelah video-video lucunya mulai memberi Muhammad Arif ribuan follower di Instagram, kekhawatiran muncul dari ibu kandungnya sendiri. Penampilan awal Mak Beti dengan dandanan wig sederhana ditentang oleh ibu ‘Mak Beti’. “Itu nggak boleh, dimarah Allah”, jelasnya di video Youtube yang diunggah Arief Muhammad ‘Poconggg’ beberapa waktu lalu.

Tentangan tetap muncul ketika Mak Beti tampil dengan jilbab, hingga ada sebuah momen yang akhirnya membuat hati ibu ‘Mak Beti’ luluh. Saat itu Muhammad Arif pulang kampung dan banyak orang datang ke rumahnya. Yup, Mak Beti sedang terkenal dan lagi digandrungi. Menyadari keisengan anaknya itu berbuah ‘hadiah’, ibu ‘Mak Beti’ balik mendukung bahkan memberi daster miliknya serta jilbab untuk properti. Wah, dapat restu nih!

Sempat jijik namun buktikan Youtuber bisa jadi profesi

Follower terus bertambah, endorse datang deras tak berhenti. Terbayang senang karena nol di rekening terus berderet? Nggak begitu yang ada di benak Muhammad Arif. Ia mengaku sempat jijik loh dengan karakter Mak Beti yang dibuat sendiri itu. Katanya sih karena pandangan orang lain terhadapnya.

Muhammad Arif Mak Beti
Muhammad Arif, Pencipta Karakter Mak Beti [sumber gambar]
Sering kali, orang menganggap ia sebagai banci bahkan gay karena membawakan karakter Mak Beti. Padahal karakter tersebut murni fiktif belaka. Ia bahkan pernah tak jadi masuk ke sebuah restoran karena disambut sebagai Mak Beti. Menurutnya sih ia akan lebih suka disapa sebagai Arif ketimbang Mak Beti kalau tengah tidak main lakon.

Namanya dikenal, ‘Mak Beti’ diundang Youtuber

Kurang lebih lima tahun menjadi kreator video lucu, Muhammad Arif memang mengangkat hal-hal kecil yang sering terjadi di rumah. Terutama sih yang berhubungan dengan ibu-ibu, seperti cekcok dengan anak sampai ngutang di warung. Tapi justru itulah yang membuat karakter Mak Beti begitu dekat.

Mak Beti dan Youtuber
Mak Beti dan Youtuber [sumber gambar]
Kelucuan dan ketenaran ini juga membuat Mak Beti jadi diundang oleh Youtuber seperti Arief Muhammad dan Anji ‘dunia MANJI’. Tak hanya membagi kisah asal-usul munculnya Mak Beti, Ia juga memberi pesan yang penting untuk kamu terutama anak daerah yang ingin jadi Youtuber.

Ternyata aslinya ganteng

Jujur saja mungkin nggak banyak yang menyangka kalau sosok satu ini punya kelebihan lain. Yup, ganteng. Pas jadi Mak Beti jelas nggak kelihatan. Apalagi tertutupi oleh sikap-sikapnya yang judes dan kocak. Tapi, kalau lepas atribut dan jadi diri sendiri, beuh, ganteng bat pemirsa kalau kata anak gaul Jakarta.

Ganteng kalau pas nggak jadi Mak Beti [Sumber Gambar]
Dandanan Arif kalau nggak jadi Mak Beti serius bikin kesengsem. Tampilannya modis dan kekinian. Apalagi rambutnya yang ala-ala pria sosialita. Kabarnya sih mas ini udah punya gandengan. Hal ini terlihat di beberapa postingan instagramnya. Ini jadi satu lagi bukti kalau Arif nggak gengsian. Biasanya cowok ganteng bakal ogah kalau harus melakukan hal-hal yang dianggapnya memalukan.

BACA JUGA: Dulu Tak Dikenal, 5 Youtuber Asal Luar Negeri Ini Justru Sukses dan Kaya di Indonesia

Menurutnya, dengan modal cinta kampung halaman kamu bisa kok membuat konten misalnya dari hal-hal sederhana. Tak melulu harus Jakarta-sentris, angkat saja hal-hal yang berbau kedaerahan seperti karakter ibu-ibu dari Sumatera yang dilakukan Muhammad Arif. Terbukti disukai banyak orang, kan? Ah, kisah Mak Beti jadi mengingatkan kita akan Bayu Skak dan Kekeyi, nih yang meski medok, dicap ‘kampungan’ tapi ada nilai positifnya juga. Yaitu cintai dari mana pun kamu berasal dan selalu percaya diri.