in

5 Smartphone Terlaris di Perempat Tahun 2018, Punyamu Masuk Nggak Ya?

Perkembangan vendor smartphone di dunia semakin hari semakin kompetitif saja ya guys. Tentunya, hal ini dipengaruhi juga oleh ketergantungan masyarakat pada perangkat yang semakin besar. Hampir semua orang dari berbagai kalangan mengakses smartphone baik untuk keperluan pribadi hingga kepentingan bisnis. Setiap tahunnya, jumlah pemakai smartphone semakin besar yang berbanding lurus dengan meningkatnya angka penjualan.

Dari semua vendor smartphone yang ada di dunia, kira-kira manakah yang paling laris di Indonesia ya guys? Daripada penasaran, yuk intip daftar smartphone terlaris versi Canalys Estimate berikut ini.

Samsung (terjual 2.3 juta)

Samsung [sumber gambar]
Beberapa tahun terakhir Samsung memang menjadi pemegang pangsa pasar di Indonesia. Meski belakangan vendor asal Tiongkok mulai membuat Samsung terpepet, tapi tetap saja di kuartal pertama 2018 Samsung kembali merajai pasaran smartphone di Indonesia. Vendor asal Korea Selatan ini masih terjual sebanyak 2.3 juta unit dengan pertumbuhan daya jual sebesar 17.2 persen. Sedangkan jenis smartphone Samsung yang paling laris di pasaran tanah air adalah Samsung Galaxy J7 Pro.

Xiaomi (terjual 1.7 juta unit)

Xiaomi [sumber gambar]
Posisi Xiaomi di pasaran Indonesia memang melejit pesat. Dibandingkan tahun lalu, kuartal pertama hanya menghabiskan 107 ribu perangkat. Sedangkan kuartal pertama tahun ini, jumlah perangkat yang terjual mencapai 1,7 juta unit dengan pertumbuhan daya jual sebesar 1.455 persen dari tahun ke tahun. Selain strategi promosi yang baik, harga Xiaomi relatif murah dengan kemampuan yang cukup menawan.

Oppo (terjual 1.5 juta unit)

Oppo [sumber gambar]
Di tahun 2017, smartphone Oppo memiliki pangsa pasar sebesar 22,9 persen dan menjadi vendor dengan label terlaris kedua setelah Samsung. Sayangnya di kuartal pertama tahun 2018, Oppo harus puas dengan peringkat ketiga. Sebab di tahun ini, Oppo mengantongi penjualan sebesar 1.5 juta unit dengan pertumbuhan jual yang melorot drastis dan hanya mencapai angka 5.2 persen.

 Vivo (terjual 600 ribu unit)

Vivo [sumber gambar]
Meski merupakan vendor baru di tanah air, Vivo gencar melakukan promosi yang bisa dibilang jor-joran. Mulai dari acara peluncuran super meriah hingga menampilkan bintang tamu populer seperti Agnez Mo dan Afgan, target Vivo sedari awal adalah masuk jajaran tiga brand smartphone terlaris di tanah air dalam jangka waktu kurang dari 5 tahun. Terbukti, di tahun ke empatnya Vivo berhasil meningkatkan penjualan menjadi 600 ribu unit dengan pertumbuhan daya jual sebesar 16.7 persen.

Smartfren (terjual 520 ribu unit)

Smartfren [sumber gambar]
Dari kelima vendor terlaris di Indonesia, hanya smartfren yang mengalami penurunan penjualan. Setelah di kuartal pertama 2017 berhasil menjual sebanyak 780 ribu unit. Kini di tahun 2018 di kuartal yang sama Smartfren hanya mampu menjual sebanyak 520 ribu unit. Selain itu, Smartfen mengalami penurunan daya jual sebanyak 34 persen. Meski begitu, PT Smartfren Telecom Tbk menginformasikan bahwa kerugian perusahaan ini sedikit berkurang ketimbang tahun sebelumnya.

Itu dia beberapa deretan lima smartphone terlaris di kuartal pertama tahun 2018. Dibandingkan tahun lalu, perkembangan penjualan masing-masing vendor tergolong mengejutkan ya guys. Gimana nih, apa smartphone kamu masuk jajajaran terlaris guys?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

Mengenaskan! Beginilah Sulitnya Kaum Hawa di Iran Bergembira dengan Sepak Bola

Tak Ada Regenerasi! Ini Saatnya Tagar Indonesia Butuh Petani Wajib Diviralkan