in

Gegara Asian Games, Siti Badriah Dihujat Se-Indonesia!

Asian Games 2018 memang sudah usai, tapi masih banyak sisa-sisa keikhlasan yang tak diikhlaskan alias bikin gagal move on! Mulai dari kepulangan para atlet yang mengaku betah tinggal di Indonesia, hingga perhelatan closing ceremony yang menyita perhatian dunia. BCL dan RAN sempat menjadi trending topic di Korea Selatan beberapa hari lalu, Dira Sugandi juga sempat dikirimi direct message oleh Donghae Super Junior.

Namun, ada yang tak beres. Mengapa justru pedangdut yang penampilannya ditunggu-tunggu, Siti Badriah, malah dikritik satu Indonesia? Hal ini diketahui ketika ia mengunggah pesan yang cukup di instagram story-nya kemarin (3/9). Ia menuliskan permohonan maaf dan ucapan terima kasih kepada masyarakat Indonesia.

Dilansir dari akun gosip @mak_rumpita, ternyata Siti Badriah diserang netizen Indonesia gara-gara aransemen lagu Lagi Syantik dan Jaran Goyang yang dibawakannya pada malam closing ceremony Asian Games 2018. Mereka menilai aransemen yang dilakukan Siti Badriah, Jevin Julian, dan Winky Wiryawan membuat lagu Lagi Syantik dan Jaran Goyang tak seenak versi aslinya. Menurut netizen, Siti Badriah juga tak menonjolkan dangdut dalam penampilannya di closing ceremony Asian Games 2018. Sebab, banyak nuansa EDM yang masuk dalam lagu Lagi Syantik dan Jaran Goyang.

Klarifikasi Siti Badriah [sumber gambar]
Pemilik akun bernama @azmi524 menulis “artis India & Korea bawa lagu nya dengan versi asli nunjukin jati diri negaranya, eh ini malah edm edm man, mending enak. Versi asli lebih bikin goyang.” Selain itu, pengguna instagram bernama @lukasmusafir juga menulis “Sibad itu kebanggaan Indonesia lho. Jarang-jarang lagu-lagu Indonesia tembus 340jt viewer. Karena memang aransemen dan suaranya pas maka yg suka. Tadi malam seandainya pakai aransemen asli se GBK pasti pecah banget. Tapi yah sayang bgt ya… Semua pada mlongo, gak suka @sitibadriahh.” Rupanya netizen benar-benar kecewa dengan aransemen lagu Lagi Syantik dan Jaran Goyang. Siti Badriah sendiri menyebutkan dirinya dan tim sudah berlatih selama 4 hari dengan menggunakan aransemen yang disetujui pihak penyelenggara. Maka ia meminta banyak pengertian dari masyarakat Indonesia yang mengkritiknya.

Kritikan netizen untuk Sibad [sumber gambar]
Tak hanya dari segi aransemen lagu, busana Siti Badriah juga dikritik oleh netizen. Baju yang terkesan “simple” bagi para pedangdut itu disebut seperti sedang pulang kantor. Hal ini pun ditanggapi oleh Inul Daratista ketika di-mention oleh seorang netizen. Ia menyatakan bahwa penampilan Siti Badriah sudah maksimal dan membanggakan meskipun lipsync. Pada dasarnya, teknis mengenai lipsync ini sudah dijelaskan oleh creative director opening dan closing ceremony, Wishnutama. Bahwasanya lipsync diberlakukan agar minim kesalahan teknis. Namun tampaknya, netizen masih belum mau mengerti dan menilai bahwa penyanyi yang lipsync adalah mereka yang tidak berbakat dan tak percaya diri. Hal ini juga sudah pernah Boombastis.com ulas dalam artikel berjudul Netizen Bandingkan Via Vallen Lipsync dan Agnez Mo Menyanyi Live, Mana Sih yang Lebih Baik?

Kata Inul Daratista [sumber gambar]
Terlepas dari aransemen yang kurang pas di hati pemirsa dan kostum yang tampak kurang maksimal, Siti Badriah sudah cukup mencuri perhatian di closing ceremony Asian Games 2018 kemarin. Meskipun juga, ia tak sempat menjadi trending topic di Korea Selatan layaknya BCL atau RAN, Siti Badriah juga telah mengharumkan nama bangsa lewat performanya di closing ceremony kemarin. Karena ia juga sudah menulis klarifikasi dalam akun instagram pribadinya, mari tak usah dihujani kritik lagi. Semoga kritikan netizen bisa membuat Siti Badriah lebih baik ke depannya, ya!

Written by Harsadakara

English Literature Graduate. A part time writer and full time cancerian dreamer who love to read. Joining Boombastis.com in August 2017. I cook words of socio-culture, people, and entertainment world for making a delicious writing, not only serving but worth reading. Mind to share your thoughts with a cup of asian dolce latte?

Leave a Reply

4 Fakta Silat yang Kali Ini Mau Diklaim Malaysia, Apakah Akibat Kalah di Asian Games?

Mengenal Long Bawan, Desa Tersembunyi di Perbatasan Indonesia-Malaysia