in

Jadi Hiburan Favorit Seluruh Dunia, Inilah Sisi Negatif Pembuatan Drakor yang Miris Banget

Tangan Song Joong Ki yang cidera beneran [sumber gambar]

Drama Korea memang sangat disukai oleh hampir seluruh masyarakat di dunia. Bukan hanya karena para pemainnya yang memiliki wajah rupawan, tapi juga karena kesempurnaan jalan cerita dan setiap adegan yang dibawakan memang kerap kali membuat penonton terbawa perasaan.

Konsep kesempurnaan yang diberikan oleh drama Korea sangat patut diacungi jempol. Dikarenakan pihak produksinya sendiri selalu berusaha keras untuk menghasilkan tontonan berkualitas juga menghibur. Namun, tentu saja di balik kesempurnaan tersebut, prosesnya nggak bisa dibilang indah.

Ada hal-hal negatif yang kerap mewarnai proses pembuatan drama dan bahkan beberapa berakibat sangat fatal. Di bawah ini ada beberapa sisi negatif dari pembuatan drama Korea yang harus kamu tahu.

Waktu kerja yang nggak manusiawi

Pernah ada kabar tentang meninggalnya seorang asisten produser bernama Lee Han Bit. Saat itu ia mengerjakan drama yang berjudul Drinking Solo. Lee Han Bit diberitakan meninggal karena gantung diri, dan 6 bulan berikutnya adik dari asisten produser tersebut yang bernama Lee Han Sol mengungkapkan pesan terakhir dari mendiang kakaknya.

permintaan maaf resmi pihak CJ E&M [sumber gambar]
Menurut surat tersebut, Lee Han Bit diharuskan bekerja selama 55 hari dan hanya diberi waktu 2 hari saja untuk libur. Setiap harinya ia bekerja 20 jam dengan durasi tidur hanya 2-3 jam saja. Ia harus menahan lelahnya demi mencapai target dan membuat drama yang menarik untuk para penonton. Namun, pada akhir berita yang beredar tersebut disangkal oleh pihak produksinya yaitu CJ E&M.

Pembayaran gaji yang telat

Memang nggak selamanya proses pembuatan drama akan selalu mulus, termasuk dalam pembayaran gaji para staf dan juga pemeran utamanya. Aktris cantik Go Hye Sun memilih untuk berurusan dengan hukum dan menuntut sebuah perusahaan yang mana diberitakan tidak membayarkan gajinya senilai Rp3,2 miliar atau 260 juta won.

Goo Hye Sun [sumber gambar]

Go Hye Sun memang menjadi pemeran utama dalam drama yang konon tayang pada tahun 2011 tersebut. Adapun dari pengadilan sendiri sudah mengeluarkan perintah agar membayarkan gaji tersebut, tapi justru tertunggak hingga 6 tahun lamanya.

Berbagai kecelakaan saat di lokasi syuting

Kecelakaan memang bisa saja terjadi nggak peduli apapun profesinya. Inilah yang juga sering dialami oleh para kru dalam proses pembuatan drama Korea. Salah satu contoh seperti yang terjadi pada drama Hwayugi, di mana seorang kru terjatuh dari ketinggian saat memasang lampu gantung. Akibatnya kru tersebut mengalami patah pada tulang pinggul dan juga punggung serta mengalami beberapa tanda pendarahan pada otak.

Tangan Song Joong Ki yang cedera beneran [sumber gambar]
Selain itu, ada juga kecelakaan yang dialami oleh Song Joong Ki, pemeran dalam drama Descendant of the Sun. Di mana kecelakaan itu membuat lengan kanannya terluka dan patah karena ligamen pada lengan tersebut pecah. Setidaknya aktor tersebut harus rela beristirahat selama kurang lebih 8 minggu lamanya supaya bisa sembuh dengan total.

Pemeran jatuh sakit karena terlalu lelah

Seperti yang sudah diketahui bahwa proses syuting drama Korea kadang sangatlah ekstrem. Nggak cuma kru saja yang kerap kali mengalami kelelahan, bahkan para pemerannya pun juga ikut terkena imbasnya. Seperti yang pernah dialami oleh Son Ye Jin.

Song Ye Jin [sumber gambar]
Son Ye Jin sendiri merupakan salah satu pemeran utama dalam drama Crash Landing on You. Aktris tersebut harus rela dilarikan ke UGD akibat dari jadwal syutingnya yang begitu padat.

BACA JUGA: 5 Gejala yang Bakal Dialami Oleh Mereka Para Pecandu Drama Korea

Sebenarnya nggak hanya itu saja sisi negatif pembuatan drakor, masih banyak lagi lainnya mulai dari tekanan kerja yang begitu berat, hingga perselisihan yang terjadi antara kru dengan pemeran dalam drama. Meski begitu, kerja keras yang dilakukan memang kerap kali membuahkan hasil yang baik, terbukti dengan booming-nya beberapa drama hingga dikenal seluruh dunia.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Potret Ademnya Keluarga Natasha Rizky yang Dulu Suaminya Pernah jadi Mantan Gisel

Mengintip Uniknya Wamil di Thailand yang Pesertanya Dipilih dengan Sistem Gacha