in

Sukses Menghibur, Ini Film dan Sinetron Legend Mat Solar yang Akan Dikenang oleh Netizen

Mat Solar di layar kaca [sumber gambar]

Nama Mat Solar sudah tak asing lagi di dunia hiburan tanah air. Ia merupakan salah satu pelawak yang berhasil memikat hati netizen lewat sinetron yang ia bintangi. Nama Mat Solar melambung karena sitcom Bajaj Bajuri yang eksis di tahun 2000-an.

Komedi ini sendiri bercerita tentang seorang supir Bajaj bernama Ahmad Bajuri (diperankan oleh Mat Solar), yang hidup bersama istri, ibu mertua, serta ada juga para tetangga di sekitarnya. Meski sudah belasan tahun berlalu, kalau ditonton ulang sitcom ini masih saja lucu. Tak hanya itu, tahun-tahun setelahnya, Mat Solar punya banyak karya yang juga membuat ia tambah dikenal.

Bajaj Bajuri, serial sukses pada zamannya

Pada eranya, Bajaj Bajuri merupakan salah satu program televisi yang cukup sukses. Bajaj Bajuri sendiri bertahan selama kurang lebih 5 tahun, sejak 14 April 2002 hingga 28 Januari 2007. Karakter Bajuri bahkan sangat melekat pada Mat Solar, rasanya tak ada aktor lain yang bisa memerankan tokoh Bang Juri dengan sangat ciamik kecuali dirinya. Setelah rehat pada 2007, Bajaj Bajuri ini sempat mau dihidupkan lagi, namun hal itu tidak terlaksana.

Tukang Bubur Naik Haji

TBNH [sumber gambar]
Yap, setelah Bajaj Bajuri, Mat Solar paling diingat karena perannya sebagai Sulam (Tukang Bubur) dalam sinetron Tukang Bubur Naik Haji. Sinetron yang mencapai ribuan episode ini juga bertahan hingga kurang lebih 5 tahun, dari 2012-2017. Dalam TBNH ini, Sulam adalah seorang yang sabar, karena ia mempunyai tetangga yang bersifat buruk meski sudah bergelar Haji dan Hajjah. Seperti judulnya, meski awalnya menjual bubur, Sulam akhirnya bisa naik haji juga.

Rekam jejak di dunia hiburan

Mat Solar di layar kaca [sumber gambar]
Bajaj Bajuri dan Tukang Bubur Naik Haji boleh jadi dua sinetron yang melambungkan namanya. Namun, sebelum itu, pria bernama asli Nasrullah ini sudah malang melintang di dunia perfilman Indonesia. Ia pernah main dalam salah satu film Warkop DKI berjudul Dongkrak Antik (1982). Ia juga ikut ambil bagian dalam film Perawan Rimba dan Dilihat Jangan Dipegang Jangan (1983) di mana ia berperan dengan kocak.

Sakit dan perlahan hilang dari dunia hiburan

Mat Solar Sakit [sumber gambar]
Pada tahun 2015, Mat Solar dikabarkan terserang stroke. Hal tersebut membuat keluarga khawatir. Setelah melalui pengobatan, ia akhirnya bisa sembuh. Namun, belum lama ini, Mat Solar dikabarkan kembali sakit. Hal tersebut dikabarkan oleh putranya, Haidar Rasyad. Tak hanya itu, netizen juga tersentuh karena Haidar membagikan video Mat Solar yang duduk di kursi rodanya. Sontak saja doa membanjiri kolom komentarnya.

BACA JUGA: Masih Ingat Mat Solar ‘Bajaj Bajuri’, Ternyata Begini Nasibnya Sekarang

Sang anak menceritakan kalau Mat Solar mengalami stroke ringan, bagian tubuh kirinya tak bisa digerakkan. Warganet yang mengirimkan doa mengatakan kalau sosok Mat Solar sangatlah berarti bagi masa kecil mereka. Karena berkat sitkom dan sinetronnya, warganet merasa terhibur.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Misteri Jurig Kuris, Sosok Gaib yang Kerap Dikaitkan dengan Hadirnya Wabah Cacar Mematikan

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini, 27 April 2020