in

Sepertiga Malam Itu Jam Berapa? Catat Waktu Terbaik untuk Berdoa Ini

Ilustrasi salat jamaah [image source]

Bulan suci Ramadan menjadi momentum bagi umat muslim untuk berlomba berbuat kebaikan dan menunaikan ibadah. Ibadah sunah maupun wajib pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, seperti sabda Rasulullah SAW:

“Pahala umrah pada bulan ramadan menyamai pahala ibadah haji,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Salah satu ibadah yang mendatangkan banyak pahala adalah salat sunah di sepertiga malam. Namun mengapa sepertiga malam menjadi waktu yang sangat dianjurkan untuk beribadah? Dan sepertiga malam jam berapa yang paling tepat untuk melaksanakan solat sunah? Simak jawabannya berikut ini ya!

Keistimewaan sepertiga malam

Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Sepertiga malam merupakan waktu yang terbaik untuk berdoa karena membuat kita lebih dekat dengan Allah SWT. Seperti disampaikan Rasulullah SAW dalam hadist berikut:

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya,” (HR. Muslim).

Selain itu muslim yang beribadah di sepertiga malam akan mendapatkan balasan kasih sayang dari Allah SWT. Hal ini terdapat dalam hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Salat tahajud di sepertiga malam

Sumber Gambar: islamidia.com

Biasanya umat muslim mengisi sepertiga malam dengan mengaji dan menunaikan beberapa salat sunnah. Salah satunya adalah salat tahajud. Salat ini sangat dianjurkan bagi umat muslim. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al Isra ayat 79, yang artinya:

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

Jam terbaik di sepertiga malam

Sumber Gambar: freepik.com

Sepertiga malam pertama berkisar antara jam 19.00-22.00. Kemudian sepertiga malam kedua berkisar antara jam 22.00-01.00. Sedangkan sepertiga malam terakhir berkisar antara 01.00-03.00.

Sebenarnya salat tahajud dapat dilakukan di jam berapapun setelah ibadah salat isya. Tetapi dianjurkan untuk tidur lebih dulu sebelum salat tahajud dan waktu terbaik untuk melaksanakan salat tahajud adalah sepertiga malam terakhir, yakni jam 03.00 hingga menjelang waktu salat subuh.

BACA JUGA: 5 Tips Berhasil Khatam Al-quran di Bulan Ramadan

Selain tahajud, kamu juga bisa menunaikan amalan-amalan lain seperti mengaji, salat taubat, salat hajat, dan lain sebagainya. Sepertiga malam juga bisa diisi dengan i’tikaf dengan niat semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT. Nah, semoga kamu tidak bingung lagi menentukan jam berapa harus bangun untuk melaksanakan ibadah di sepertiga malam ya.

Written by F A Agustina

Leave a Reply

Fenomena Bocil Sujud Sambil Freestyle, Pengennya Terlihat Keren Tapi Malah Meresahkan

Youtuber ‘Medok’ Jang Hansol dan Kisah Cinta yang Sempat Dirahasiakan Selama 4 Tahun