in

Fenomena Bocil Sujud Sambil Freestyle, Pengennya Terlihat Keren Tapi Malah Meresahkan

Bulan suci Ramadan memang paling spesial bagi umat islam. Karena itu, aktivitas ibadah dalam bulan tersebut memang lebih banyak daripada bulan lain. Namun, sepertinya para bocil zaman now nggak memaknai bulan puasa sebagai waktu untuk melipat gandakan pahala. Karena nyatanya, nggak sedikit dari mereka yang justru mempermainkan ibadah demi ngehits di dunia maya.

Kalian mungkin sudah beberapa kali melihat video yang lagi viral belakangan ini, di mana beberapa bocah yang melaksanakan ibadah salat, awalnya sih seperti biasa, hingga saat gerakan sujud, tiba-tiba saja kaki mereka terangkat. Nah, yang jadi masalah ‘hal geblek’ ini justru menginspirasi anak dan remaja lain buat ngelakuin hal yang sama. Berukut ini Boombastis mengulas lebih lengkapnya.

Nggak sesuai kaidah beribadah

Tujuan beribadah tentu saja mendapatkan pahala. Terlebih di bulan ramadan, ketika Allah menjanjikan pahala yang berlipat banyaknya. Tapi sayangnya, banyak pula bocil yang menganggap salat berjamaah di masjid tak lebih dari sebuah permainan yang bisa digabung dengan gaya-gayaan. Sangat disayangkan, lelah ibadah mereka hanya karena mengikuti tren, salatnya sendiri telah batal karena gerakan yang tak seharusnya. Belum lagi mengganggu ketenangan para jamaah yang lain ya.

Bikin warganet geram

Video aksi bocah yang melakukan sujud freestyle tersebut rupanya makin hari makin banyak saja. Padahal tak sedikit warganet yang prihatin melihat video tersebut, bahkan sampai menghujat. Yah, masalahnya yang melakukan hal-hal sembrono tersebut adalah anak-anak. Besar kemungkinan mereka memang belum tau betapa sakralnya ibadah salat itu. Geram jika disampaikan melalui hujatan di media sosial sepertinya sia-sia saja, lebih berguna jika kita lebih memerhatikan sekitar, agar aksi unfaedah tersebut tidak sampai terulang lagi.

Jangan ditiru ya, bahaya!

Bahaya gerakan sujud freestyle [sumber gambar]
Gaes, yang namanya ibadah memang nggak boleh dipermainkan. Semoga kalian yang merasa sudah dewasa bisa lebih memberikan contoh buat para bocil-bocil di sekeliling kalian ya, agar nggak terjadi lagi sujud sambil freestyle. Karena itu bukan sebatas tindakan yang nggak pantas, tapi juga sangat berbahaya.

Menurut dr Bobby Nelwan, spesialis ortopedi, gerakan yang lagi viral itu juga nggak baik, karena aksi itu terlalu berisiko tinggi karena menyebabkan patah tulang. Ada pula yang menguatkan peringatan itu, yaitu akun Twitter @txtdrkaumbengek yang membagikan pengalaman seorang bocah yang mengalami patah tulang karena ikut-ikutan melakukan gerakan freestyle saat sujud. Keren nggak, sakit iya. Kasihan ya.

Siapa sih pencetusnya?

game FF [sumber gambar]

Kalau liat banyaknya para bocil yang melakukan aksi  sujud freestyle, rasanya penasaran juga, pengen tau siapa sih yang pertama kali punya ide buat ngelakuin hal bodoh ini? Beberapa netizen yang resah karena video tersebut mulai menelisik, dan mereka berpendapat kalau sujud freestyle itu terinspirasi dari salah satu game beken di kalangan abg, yaitu FF.  Memang belum bisa dipastikan apa game tersebut memang penyebab aksi nyeleneh yang dilakukan para bocah, gimana menurutmu?

BACA JUGA: Tidak Banyak yang Tahu, Inilah Penyebab Momen Ulang Tahun Berujung dengan Kebakaran

Sejak menyebarnya virus corona di dunia, bahkan di Indonesia, aktivitas belajar mengajar memang hanya bisa dilakukan secara online. Hal itu pula yang membuat para orangtua dituntut untuk memberikan ponsel pintar bagi anak-anak. Sedihnya, karena hp tersebut nggak cuma dimanfaatkan untuk belajar hal yang positif, tapi juga terpapar tren yang bebas beredar di dunia maya. Semoga viralnya video sujud freestyle bisa membuat kita melek dan lebih memperhatikan situasi anak-anak di sekitar kita.

Written by Nikmatus Solikha

Doa untuk KRI Nanggala-402 Hilang Kontak di Laut Bali dan Nasib 53 Awak Kapal yang Belum Ditemukan

Sepertiga Malam Itu Jam Berapa? Catat Waktu Terbaik untuk Berdoa Ini