in

Menyimpan Hal Unik, Inilah 5 Fakta Sepak Bola Timor Leste yang Jarang Terdengar

Timnas Timor Leste berlaga [Sumber Gambar]

Beberapa waktu yang lalu lewat kemenangan atas Timor Leste Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan pertama di ajang AFF Suzuki 2018. Hasil yang juga memperpanjang nafas Tim Merah Putih untuk bisa lolos ke babak selanjutnya. Dalam laga yang di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (13/11) anak asuh Bima Sakti sukses menang dengan skor menjanjikan 3-1.

Berkat capaian manis itu Timnas memanjang rekor selalu menang kala bertemu negara tetangga itu. Tapi, tahukah kalian sobat Boombastis dibalik pertandingan kedua tim tadi, Timor Leste menyimpan kisah-kisah sepak bola yang unik. Bahkan mungkin kalian pembaca akan kaget melihat bagaimana sepak bola Timor Leste menggeliat. Tidak percaya? Temukan jawabannya di ulasan berikut ini.

Baru memulai pertandingan Internasional di tahun 2000-an

Bila dibandingkan dengan Indonesia, pastinya debut berlaga di kompetisi internasional Timor Leste masih seumur jagung. Hal ini lantaran setelah berdiri sebagai negara pada tahun 2003 kesebelasan satu ini baru menggelar pertandingan resmi. Melakoni laga pertama menghadapi Sri Langka mereka harus puas menelan pil pahit di laga perdananya.

Timnas Timor Leste berlaga [Sumber Gambar]
The Rising Sun, takkluk atas Timnas tadi dengan skor 3-2. Hasil yang bisa dibilang agak memilukan ya sobat. Tapi, usut punya usut olahraga termasyur di dunia ini sudah ada di Negara Tetangga itu sejak wilayah mereka diduduki oleh Portugal.

Timnas Timor Leste baru meraih kemenangan pertama setelah 10 tahun

Setelah hasil tidak mengenakan tadi, hasil minor seperti menjadi teman setia di beberapa laga selanjutnya. Kekalahan dan hasil imbang menjadi kisah yang banyak mereka goreskan. Dikutip laman Indosport, baru 10 tahun pasca bergabung dengan AFC tahun 2002 kesebelasan identik kostum merah ini memperoleh kemenangan.

Timor Leste Vs Thailand [Sumber Gambar]

Berlaga menghadapi Tim Kamboja pada tahun 2012 mereka berhasil raih hasil gemilang dengan skor 5-1. Tapi tidak berselang lama yakni tahun 2015 Timnas Timor Leste kembali menelan pil pahit lantaran dihajar Arab Saudi sepuluh gol tanpa balas. Melihat lamanya menunggu kemenangan kisah Bang Toyib tidaklah ada apa-apanya.

Hanya mempunyai 20 kontestan liga yang terbagi divi satu dan utama

Selain hal tadi sisi unik dari sepak bola negara di ujung Pulau Nusa Tenggara ini adalah masalah kompetisinya. Pasalnya, bila kita acap kali melihat liga dengan jumlah kontestan banyak di negara tersebut tidaklah berlagu. Melansir laman Brilio.net, Liga Futebol Amadora (LFA) hanya mempunyai 20 perserta saja. Jumlah yang pastinya jauh bila dibandingkan dengan Indonesia.

Liga LFA [Sumber Gambar]
LFA sendiri hanya memiliki dua kasta kompetisi saja yakni Primeira untuk divisi teratas sedangkan di bawahnya ada Segunda. Dalam kejuaraan tersebut  ada 12 kesebelasan di liga atas dan sisinya ada di kejuaraan nomor dua. Dan baru 2016 lalu mempunyai liga profesional. Kira-kira baik siapa nih kompetisinya, Liga 1 atau LFA ya?

Mempunyai kerjasama dengan kompetisi bola Portugal

Masih terkait sepak bola negara tersebut, ternyata LFA mempunyai kerjasama dengan kompetisi Portugal. Berkat hal ini membuat pemain bertalenta di Timor Leste mempunyai peluang besar untuk berlaga di salah satu liga di Eropa tersebut. Kondisi ini merupakan bentuk sumbang asih antara kedua negara.

Tim Porto [Sumber Gambar]
Dilansir laman FourFourTwo, sejumlah klub Timor Leste memang memiliki ikatan kerjasama dengan tim-tim asal Portugal seperti FC Porto, Benfica, Sporting CP dan Braga. Berkaca dari hal itu mungkin ada pemain Indonesia yang ingin bermain di sana agar bisa dilirik kesebelasan Benu Biru.

Miro Baldo pemain Timor Leste mantan punggawa Garuda

Tidak berhenti disitu saja, keunikan sepak bola Timor Leste juga terletak pada legenda mereka yakni Miro Baldo Beto. Sosok pemain yang mana dulunya wajahnya sering menghiasi kompetisi tanah air. Bahkan penyerang tadi juga sempat mengenakan seragam merah putih. Beberapa gelar pun sukses dipersembahkannya untuk klub tanah Air.

Miro Baldo [Sumber Gambar]
Lalu kenapa ia pindah negara? Refreedum yang membuat Timor Leste menjadi negara sendiri membuat Bento memilih tanah kelahirannya itu. Kala barkarier di Tim Merah putih sejumlah gelar individu berhasil direngkuhnya. Seperti salah satunya gelar top skore Piala AFF 1998.

Baca Juga: Jelang AFF 2018, Inilah 4 Alasan Kenapa Tim-tim Asia Tenggara Patut Mewaspadai Filipina

Bagaimana sobat pasti kalian enggak tahu kan beberapa hal menyangkut sepak bola Timor Leste tadi? ngaku saja deh. Terlepas dari hal tadi bisa dikatakan saat ini negara tetangga itu mulai menggeliat di jagad olahraga ini. Meski sekarang capaian bagus dari mereka belum dapat dilihat, tapi kemungkinan The Rising Sun kedepan bisa jadi Timnas hebat.

Written by Galih

Galih R Prasetyo,Lahir di Kediri, Anak pertama dari dua bersaudara. Bergabung dengan Boombastis.com pada tahun 2017,Merupakan salah satu Penulis Konten di sana. Lulusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Awalnya ingin menjadi pemain Sepak Bola tapi waktu dan ruang justru mengantarkan Ke Profesinya sekarang. Mencintai sepak
bola dan semua isinya. Tukang analisis Receh dari pergolakan masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

5 Tokoh Pemberontak Indonesia yang Kini Hidup Sukses Setelah Kembali ke Pangkuan NKRI

8 Quotes Motivasi Stan Lee yang Akan Membuat Kita Merenungi Makna Hidup