in

Bukan Main! 5 Senjata Sangar Amerika ini Sukses Dijiplak Tiongkok

4. Black Hawk yang Sangar Juga Jadi Korban Jiplak

Di antara jajaran alutsista udara AS, Black Hawk bisa dibilang yang paling punya nama. Ya, helikopter satu ini sudah dipakai di banyak misi dan memang terbukti sangat oke dari kemampuan. Black Hawk sangat identik dengan AS meskipun beberapa negara juga memilikinya. Namun, tidak untuk Tiongkok. Sepertinya belum ada dokumentasi jika Tiongkok memiliki Black Hawk.

Blackhawk & Z-10
Blackhawk & Z-10

Namun di akhir tahun 2013 lalu, Tiongkok melakukan uji coba penerbangan helikopter terbarunya bernama Z-10. Ketika dilihat lekat-lekat, ternyata desainnya sama persis seperti Black Hawk. Hal ini tentu bukan sebuah kebetulan. Ketika ditelusuri, ternyata Tiongkok pernah bekerja sama dengan intelijen Pakistan untuk mengakses data rahasia Black Hawk. Mungkin hasil dari kerja sama ini adalah Z-10 yang keren itu.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Benda Ini Paling Sering Dibuat Versi Bajakannya, Kamu Pernah Punya?

5 Rumah Sakit Paling Angker di Jawa Timur ini Akan Membuatmu Ogah Opname