in

Viral Video Seorang Satpam Tersambar Petir, Selamat Meski Ada Percikan Api dan Terkapar

Sebuah video viral yang memperlihatkan seseorang tersambar petir. Kejadian yang diketahui terjadi pada Senin (20/12/21) ini tentu membuat banyak orang kaget.

Pasalnya, dalam video yang merupakan rekaman dari CCTV tersebut, terlihat sangat jelas saat orang tersebut tersambar petir. Bagaimana kejadian sebenarnya dan apa yang terjadi kepada korban sambaran petir setelah itu? Berikut ulasan selengkapnya.

Percikan api terlihat saat petir menyambar

Dalam video CCTV yang beredar, terlihat Abdul Rosyid tengah berjalan di bawah hujan di area terbuka. Di sekitarnya terdapat tiang dan banyak truk besar. Ia berjalan dengan membawa payung.

Percikan api terlihat saat petir menyambar [sumber gambar]
Saat berada di tengah-tengah jalan, tiba-tiba petir menyambar Abdul dengan sangat cepat dan menyebabkan percikan api. Pasca tersambar petir, Abdul terjatuh dan terlihat masih bergerak. Ia terkapar di lantai hingga rekan-rekannya berlarian ke arahnya. Mereka pun segera menolong Abdul.

Selamat setelah tersambar petir

Abdul adalah pria berusia 35 tahun yang bekerja sebagai satpam di PT Komatsu, Cilincing, Jakarta Utara. Saat itu, ia tengah berjalan untuk mengambil gambar serial number dan diketahui tengah memegang handy talky (HT) di bawah payung. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit dan mendapatkan perawatan.

Luka bakar di tangan akibat tersambar petir [sumber gambar]

Beruntung, ia selamat meski tersambar petir. Walau begitu, ia mengalami luka bakar di tangannya akibat sambaran petir. Mendapatkan penanganan selama empat hari di rumah sakit, Abdul akhirnya sudah bisa pulang kembali ke rumahnya. Meski sudah sehat, ia tetap harus beristirahat di rumah.

Ini lho kemungkinan penyebab Abdul tersambar petir

Banyak yang berpikir bahwa Abdul tersambar petir karena sedang memegang HT saat hujan. Namun, menurut seorang peneliti petir sekaligus Guru Besar dari Institut Teknologi Bandung Prof. Dr. Dipl Ing Ir. Reynaldo Zoro, bukan HT maupun HP yang bisa menyebabkan seseorang tersambar petir. Hal ini karena frekuensi yang dimiliki HT dan HP berbeda dengan yang dimiliki petir.

Benda-benda yang mudah tersambar petir [sumber gambar]
Dilansir dari Kompas, Zoro menjelaskan bahwa kemungkinan Abdul tersambar petir karena payung yang ia bawa. Selain itu keadaan sekitarnya juga mendukung petir untuk menyambar, yaitu tiang dan truk yang tinggi dan besar.

BACA JUGA: Cabut Nyawa Dalam Hitungan Detik, Kenali Cara Petir Saat Akan Menyambar Makhluk Hidup

Banyak kejadian benda-benda tersambar petir, tapi tak jarang pula manusia menjadi korbannya. Abdul adalah salah satu orang yang beruntung karena selamat setelah tersambar petir.

Written by Galih Hayu

Ibu-Ibu Greget, Kejar dan Hajar Seekor Leopard demi Selamatkan Anak Balitanya

Viral Selebgram Diserbu Netizen Setelah Unggah Video Protes Pelayanan Barista Kedai Kopi