in

Jadi RS Terbaik Dunia, Inilah Keunggulan RSUD dr Iskak di Tulungagung yang Menakjubkan

Di tengah hiruk pikuk kabar kenaikan biaya BPJS Kesehatan yang menuai polemik, sebuah prestasi membanggakan berhasil ditorehkan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Tulungagung. Dilansir dari health.detik.com, RS tersebut dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik dunia versi International Hospital Federation (IHF).

Bukan tanpa alasan, gelar prestisius tersebut disematkan pada RSUD dr Iskak Tulungagung karena memiliki sejumlah keunggulan dalam hal pelayanan kesehatan pada masyarakat, sekaligus fasilitasnya yang terbilang canggih dan modern. Seperti apa bentuknya? Simak ulasan berikut.

Menggunakan sistem pendaftaran secara online tanpa antre

Menggunakan nama Si Poetri yang merupakan singkatan dari sistem pendaftaran online tanpa antre, RSUD dr Iskak Tulungagung memberikan kemudahan saat melakukan registrasi pada pasien tanpa harus mengantri di rumah sakit. Tak hanya itu, Si Poetri juga membuat nyaman pasien karena mereka mendapatkan kepastian estimasi jam layanan rumah sakit.

Memberikan pilihan pendaftaran pada pasien secara online maupun manual

Pelayanan di RSUD dr Iskak Tulungagung [sumber gambar]
Selain Si Poetri, ada pula Si Tole (sistem pendaftaran tutol dewe), di mana pasien dapat mendaftarkan dirinya secara mandiri dengan dua pilihan, yakni secara online lewat komputer yang disediakan, maupun proses manual biasa di loket. Hal ini jelas memudahkan pada pasien yang hendak berobat ke RS.

Adanya layanan terintegrasi yang bisa dipantau secara online

Memiliki layanan yang terpantau secara online [sumber gambar]

Untuk program TEMS atau PSC (Public Service Center) 199, hal tersebut menjadi salah sat kenggulan yang dimiliki oleh RSUD dr Iskak Tulungagung karena telah terintegrasi dengan banyak hal. Dilansir dari health.detik.com, layanan di atas terhubung dengan instansi kedaruratan yang lain seperti kepolisian, damkar hingga kesehatan yang dipantau secara online.

Memiliki program khusus yang bisa menekan angka kematian penderita jantung koroner

Suasana layanan di RSUD dr Iskak Tulungagung [sumber gambar]
Selain layanan publik secara umum, rumah sakit milik negara itu juga memiliki program bernama Laskar (Layanan Syndroma Koronaria Akut Tertintegrasi), yang sangat membantu para penderita jantung koroner. Bahkan, program ini dinilai mampu menekan angka kematian dari penyakit tersebut.

Prinsip “low cost high quality” yang membuatnya menjadi RS terbaik di dunia

RSUD dr Iskak Tulungagung raih penghargaan RS Terbaik di Dunia versi IHF [sumber gambar]
Berkat prinsip yang dianut, yakni “low cost high quality” RSUD dr Iskak Tulungagung berupaya memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat, dengan cara berkolaborasi antara internal rumah sakit dan pemerintah. Sederhananya, kelebihan yang ada pada suatu bagian, bisa digunakan untuk menutup kekurangan di bagian yang lain.

BACA JUGA: Melayani Bukan Demi Uang, Inilah Sosok Dokter di Jakarta yang Bertarif Hanya Rp 10 ribu

Berkat inovasi yang telah dilakukan sejak 2015 tersebut, konsep yang digunakan oleh RSUD dr Iskak Tulungagung tersebut sempat diminta oleh Menteri Kesehatan yang kala itu dijabat oleh Nila Moeloek, menjadi percontohan bagi rumah sakit di seluruh Indonesia. Tak salah bila rumah sakit pelat merah ini dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia, dalam hal bidang penyelenggaraan layanan publik atau Corporate Social Responsibility.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Dianggap Pansos, Berikut Ini Bukti Cinta Kekeyi Putri dan Rio Ramadhan

Ratusan Anak Masuk RSJ Karena Main Gadget, Ada yang Usianya Masih 5 Tahun