in

Resimen Pelopor, Pasukan Elit Indonesia yang Terlupakan

Dibentuk untuk melindungi Indonesia [Image Source]

Berbicara soal pasukan elit, Indonesia bisa dibilang punya banyak sekali yang seperti ini. Sebut saja Paskhas, Kopassus, Kopaska, sampai yang paling gila bernama Den Jaka. Untuk kepolisian, kita juga punya Densus-88 dan juga Brimob untuk bagian serbu dan anti teror. Dalam perjalanannya, sebenarnya pasukan elit di Indonesia itu masih ada beberapa lagi. Namun, dihapus karena satu dan lain hal. Salah satunya adalah Resimen Pelopor.

Nama Resimen Pelopor mungkin sangat asing ya di telinga. Nggak heran sih karena pasukan kepolisian elit ini sudah lahir di masa kemerdekaan. Dulu pasukan ini adalah salah satu andalan Indonesia dan pernah diturunkan dalam berbagai konflik. Makanya, soal kualitas dan pengalaman, Resimen Pelopor boleh dibilang adalah yang terbaik di Indonesia kala itu. Sayangnya, Resimen Pelopor para akhirnya dihapus dengan alasan khusus. Padahal lagi moncer-moncernya.

Sebagai orang Indonesia yang cinta akan sejarah, kita juga harus tahu nih soal pasukan elit satu ini. Misalnya tentang bagaimana mereka, apa yang sudah dilakukan, bagaimana jasanya bagi Indonesia, dan lain sebagainya.

Alasan Resimen Pelopor Dibentuk

Keadaan Indonesia yang baru merdeka sangat rentan sekali dengan yang namanya ancaman. Entah agresi-agresi dari luar, lebih-lebih kudeta yang juga cukup mungkin terjadi. Alhasil, untuk memproteksi republik ini dari hal-hal semacam itu dibentuklah satuan khusus yang anggotanya adalah orang-orang pilihan. Singkat kata, inilah yang mendasari lahirnya Resimen Pelopor.

Dibentuk untuk melindungi Indonesia [Image Source]
Dibentuk untuk melindungi Indonesia [Image Source]
Sesuai dengan prediksi, kehadiran satuan ini memang benar-benar sangat membantu kestabilan NKRI. Resimen Pelopor tercatat berhasil melakukan banyak aksi yang membuat negara kita bisa tetap aman dari segala ancaman. Seumpama Resimen ini tidak dibentuk ketika itu, mungkin jalannya sejarah bangsa kita ini akan sedikit banyak berubah.

Kemampuan Handal Para Anggota Resimen Pelopor

Berbicara soal kemampuan, Resimen Pelopor selalu dianggap lebih mematikan dari kebanyakan pasukan lainnya di masa itu. Secara umum satuan ini ada di bawah kepolisian, tapi mereka punya kemampuan militer. Alhasil, para anggota Resimen Pelopor pun memiliki dua keahlian yang berbeda dan membuat mereka sangat mematikan.

Kemampuan Resimen Pelopor [Image Source]
Kemampuan Resimen Pelopor [Image Source]
Anggota Resimen Pelopor dipilih dari para anggota kepolisian terbaik. Bahkan beberapa mereka sampai ada yang kursus langsung kepada pasukan elit Amerika yang ketika itu bertugas di Okinawa. Nggak pelak, hal ini membuat Resimen Pelopor makin maut saja. Nggak hanya itu, pasukan ini juga didukung oleh persenjataan canggih di masanya, misalnya senjata AR-15 yang di masa itu sudah yang paling gahar.

Nggak hanya kemampuan, Resimen Pelopor ini juga punya semacam tekad yang sangat luar biasa. Sejarah mengatakan kalau pasukan satu ini mentalnya benar-benar super. Dalam setiap misi, mereka selalu menganggap itu sebagai tugas akhir. Alhasil, pasukan ini pun pol-polan alias maksimal banget dalam tugasnya.

Pernah Melawan SAS-nya Inggris

Berbicara soal pengalaman, Resimen Pelopor tentu sangat memilikinya. Selama terbentuk sampai tamat, pasukan ini sudah melakukan banyak misi. Beberapa sangat mematikan, misalnya pertempuran melawan SAS. SAS sendiri adalah pasukan spesialnya Inggris yang namanya sudah terkenal seantero jagad akan kemampuannya.

Pernah melawan SASnya Inggris [Image Source]
Pernah melawan SASnya Inggris [Image Source]
Resimen Pelopor melawan SAS ketika Indonesia menyatakan perang terhadap Malaysia. Ketika itu TNI dan Pelopor bahu membahu mempertahankan nama baik Indonesia yang sudah diinjak-injak Malaysia. Hasilnya bisa dibilang luar biasa. Pasukan kita, termasuk Pelopor, sanggup memberikan perlawanan yang bagus sekali di pertempuran itu.

Jasa Resimen Pelopor Bagi Indonesia

Kalau berbicara soal jasa sih, mungkin nggak bisa dihitung ya seberapa besar sumbangsih pasukan khusus ini bagi Indonesia. Resimen Pelopor tercatat sudah melakukan banyak sekali pertempuran penting. Selain melawan SAS tadi, masih ada beberapa perang yang mereka jalani.

Resimen Pelopor berjasa besar bagi Indonesia [Image Source]
Resimen Pelopor berjasa besar bagi Indonesia [Image Source]
Salah satunya adalah misi pembebasan Irian Barat. Ketika itu Resimen Pelopor bekerja sama dengan TNI untuk mengusir Belanda. Nggak hanya itu, dalam dua agresi Belanda, Resimen satu ini juga berperan sangat aktif. Oh iya, satu lagi, Resimen ini juga pernah memberangus beberapa aksi pemberontakan seperti DI/TII.

Akhir Cerita Resimen Pelopor

Meskipun jasanya sangat luar biasa, tapi pada akhirnya resimen ini dihapuskan. Alasannya sendiri nggak begitu prinsip sih, hanya karena pemindahan kekuasaan saja. Begitu Presiden Soekarno lengser, pasukan ini pun langsung dilebur.

Pasukan hebat yang akhirnya dibubarkan [Image Source]
Pasukan hebat yang akhirnya dibubarkan [Image Source]
Meskipun satuannya hilang, tapi anggota Resimen Pelopor tetap masuk dalam kepolisian. Sayangnya, mereka nggak lagi berlatih militer sehingga kemampuannya pun pudar. Seiring dengan berjalannya waktu, orang-orang pun sudah benar-benar lupa kalau Indonesia pernah memiliki satu pasukan khusus nan jemawa yang jasanya benar-benar nggak tergantikan.

Hilangnya Resimen Pelopor bisa dibilang adalah hal yang sangat disayangkan. Pasalnya secara kualitas mereka sangat mumpuni dan jadi yang paling hebat. Seumpama nih pasukan satu ini terus dipertahankan sampai hari ini, mungkin Resimen Pelopor namanya akan segarang SWAT-nya Amerika serikat atau pasukan elit kepolisian terbaik dunia lainnya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Pencapaian Hebat India yang Harusnya Bikin Bangsa Indonesia Bangkit

Karoshi, Fenomena Ngeri yang Membuat Para Pekerja Jepang Rela Banting Tulang Sampai Mati di Tempat