in

Resep Kue Nastar Keju Untuk Hidangan Lebaran

Nastar Keju
Nastar Keju [ImageSource]

Kue Nastar adalah salah satu kue yang banyak dijumpai di rumah-rumah saat perayaan Lebaran. Kue kering ini memang menjadi favorit tersendiri karena rasanya yang manis dengan isian selai nanas didalamnya.

Asal kata Nastar adalah dari bahasa Belanda yaitu ananas dan taart yang artinya tart nanas. Kue ini berbentuk bulat kecil dengan diameter sekitar 2 sentimeter dengan potongan kismis atau cengkeh diatasnya. Nah, daripada membeli, yuk bikin sendiri kue nastar untuk lebaran nanti.

Nastar Keju
Nastar Keju [ImageSource]
Tidak perlu khawatir menghabiskan terlalu banyak waktu membuat kue ini. Untuk persiapan, kamu hanya membutuhkan kurang lebih 1 jam dan untuk memasaknya kurang lebih 30 menit. Total, kamu hanya membutuhkan 1 jam 30 menit untuk membuat kue nastar.

Untuk membuatnya, pertama kamu memerlukan beberapa bahan berikut ini:
– 250 gram tepung terigu
– 50 gram gula halus
– 100 gram mentega
– 2 butir kuning telur
– ½ sdm susu bubuk full cream
– ¼ sendok teh vanili
– ½ sdm tepung maizena
– Keju
– Selai nanas
– 2 butir kuning telur, untuk olesan

Nah, setelah bahan-bahan siap, sekarang saatnya membuat kue nastar. Pertama, siapkan mangkuk dan kocok kuning telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga merata. Selanjutnya tambahkan gula halus dan mentega, aduk lagi hingga benar-benar tercampur rata. Setelah merata, baru masukkan tepung terigu, tepung maizena, susu bubuk, dan vanili. Aduk terus hingga merata dan adonan menjadi lembut dan pulen.

Ambil adonan lalu buat bulatan-bulatan dari adonan tersebut, kemudian pipihkan. Setelah semua adonan selesai dibentuk, sisihkan. Isi adonan tersebut dengan selai nanas secukupnya, kemudian bulatkan kembali berbentuk bola.

Nah, setelah semua adonan sudah diberi isian selai dan dibentuk bola, letakkan adonan diatas loyang yang sudah diolesi dengan margarin. Tapi ingat, jangan terlalu dekat menyusun bola-bola tersebut antara yang satu dengan lainnya. Agar saat kue matang dan mengembang, nastar tidak saling melekat.

Olesi bagian atas adonan dengan kocokan kuning telur secara merata. Taburi bagian atas adonan dengan keju parut. Sementara itu, panaskan oven, kemudian panggang selama 20 menit dengan api sedang agar kue bisa matang secara merata. Setelah matang, angkat kue dan sisihkan agar dingin. Setelah dingin, baru angkat dari loyang dan simpan dalam toples cantik yang tertutup rapat.

Nah… mudah bukan membuatnya? Kini kamu bisa menyajikan kue nastar keju untuk tamu istimewamu. Yuk dicoba!

Written by Maya Galuh

Leave a Reply

Mengenang Bosnia, Negeri yang Hancur Karena Perang Agama

Trailer Suicide Squad Pertama Rilis Setelah ‘Bocor’ di Comic Con