in

Merendam Teh Celup Bisa Berbahaya Bagi Tubuh, Mitos atau Fakta?

Banyak orang suka sekali mengonsumsi teh celup untuk menghangatkan tubuhnya. Selain itu, rasanya yang enak, juga jadi alasan utamanya. Nah, biasanya para penggemar teh tersebut akan merendam kantung tehnya supaya rasanya lebih nikmat. Bahkan, berjam-jam mereka melakukannya demi mendapatkan rasa yang diinginkan.

Akan tetapi, banyak orang yang menganggap kalau merendam kantung teh celup terlalu lama itu berbahaya. Begitu juga dengan para ahli yang mengatakan hal serupa. Supaya lebih jelas, kita simak apa bahayanya menurut para pakar kesehatan tentang fenomena satu ini.

Dilansir dari boldsky.com, merendam kantung teh celup bisa berbahaya jika dalam situasi tertentu saja Sahabat Boombastis. Contohnya ketika kita merendamnya di air, lalu ada gelembung kecil yang muncul. Nah, jika sudah seperti itu, menurut studi beberapa pakar sebaiknya kantung teh celup disingkirkan sesegera mungkin. Alasannya karena gelembung yang ke luar merupakan zat karsinogen yang dapat mengganggu proses biologis tubuh.

Rendam kantung teh terlalu lama dianggap berbahaya [Sumber Gambar]
Kemudian, menyadur dari liputan6.com jika kantung teh celup termasuk berbahaya jika terbuat dari bahan nilon. Kalau bahan nilon ini direndam dalam air dalam waktu lama dan dilakukan setiap hari, bisa menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh. Contohnya seperti pusing , mual, lain sebagainya menurut boldsky.com.

Kantung teh terdapat zat karsinogen [Sumber Gambar]

Selanjutnya liputan6.com juga menyebutkan jika pada kantung teh celup mengandung zat selain nilon yang berbahaya bagi tubuh lho Sahabat Boombastis. Adalah zat epichlorophydrin. Menurut artikel kesehatan yang berada di dalam Boldsky.com, jika zat tersebut bisa membuat tubuh mengalami gangguan cukup berat. Contohnya seperti kekebalan tubuh hingga mengganggu kesuburan juga lho.

Zat pada kantung teh bisa sebabkan pusing [Sumber Gambar]
Namun sayangnya, beberapa ahli tidak sepaham dengan kasus ini Sahabat Boombastis. Seperti Ir. Luh Putu Wrasiati selaku Dosen Teknologi Pertanian Universitas Udayana. Menurutnya, masih belum ada penelitian lebih lanjut tentang senyawa berbahaya di kantung teh celup tadi. Lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan juga mengatakan hal yang serupa. Sebab, ketika suatu produk teh didaftarkan ke BPOM, pasti ada evaluasi penilaian yang tidak bisa dilewatkan termasuk pada kemasannya. Sehingga teh celup yang ada di Indonesia, kemungkinan besar sudah aman dari zat-zat berbahaya yang bisa meracuni tubuh.

Kalau dilihat dari ulasan di atas, merendam teh celup masih bisa dikategorikan aman. Tapi menurut Ir. Luh Putu Wrasiati, jika sebaiknya merendam kantung teh celup jangan terlalu lama. Paling lama tiga menit saja supaya terhindar dari zat-zat yang tidak diinginkan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Tak Terdeteksi Ada Kehidupan, Ini 5 Desa Paling Tersembunyi yang Pernah Ada di Dunia

Inilah Penuturan Para Petugas Kereta Api Tentang Seramnya Kejadian yang Pernah Mereka Alami