Hingga saat ini, hal mistis memang selalu jadi daya tarik tersendiri, bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Dari sinetron hingga film layar lebar, semua yang berbau horor pasti punya rating yang tinggi. Menakutkan sih, tapi sumpah bikin penasaran setengah mati. Barangkali, menikmati suasana mencekam itu sensasinya seperti makan pakai sambel, pedes tapi bikin pengen nambah lagi.

Terlebih untuk jiwa anak-anak hingga remaja, di mana rasa penasaran mereka lagi menggebu-gebu. Dan hal mistis adalah tanda tanya yang selalu diusahakan menemukan jawab. Nggak jarang, demi menjawab rasa penasaran, mereka rela keluar malam demi bisa papasan dengan makhluk astral. Melihat penampakan tentu saja bukan hal yang biasa, jika melihat adegan dalam film, tentu ada teriakan dan juga adegan lari tunggang langgang. Tapi, apa yang terjadi dengan orang-orang ini justru di luar dugaan. Simak saja kisahnya, barangkali bisa jadi inspirasi.

Bukannya kabur, anak-anak malah ngejar penampakan kuntilanak

Anak-anak di Lumajang baru-baru ini bikin geger dunia maya. Pasalnya, sebuah video berdurasi 2:25 menit menunjukkan sosok berbaju putih dengan rambut panjang yang tengah berlari di perlintasan rel. Sementara itu, rombongan anak-anak kecil berusaha mengejarnya sambil merekamnya dengan kamera ponsel. Terdengar pula suara tangis sebagian anak yang ketakutan. Video tersebut diunggah pada tanggal 4 Oktober kemarin.

https://www.youtube.com/watch?v=41ESxOG_Kdg

Dan sontak saja terjadi perdebatan di kolom komentar. Tak sedikit warganet yang percaya dengan penampakan yang malah dikejar itu, namun banyak pula yang meragukan keaslian video tersebut. Pasalnya, langkah kaki si kuntilanak sepertihalnya manusia. Entah, kebenaran video itu masih dipertanyakan. Namun yang jelas, kelakuan anak-anak Lumajang yang mengejar kuntilanak tersebut sukses bikin geger masyarakat se-Indonesia, khususnya pengguna internet.

Lihat penampakan kuntilanak menangis bikin takut, tapi penasaran

Bukan hal baru lagi kalau gunung dikenal sebagai lokasi yang mistis. Di Indonesia sendiri, para pendaki dilarang sembarangan saat menapaki kawasan tersebut. Ternyata, bukan hanya di Indonesia saja ada aturan demikian. Bahkan, di Negeri Jiran juga berlaku hal yang sama. Namun, sekelompok remaja justru memilih mendaki di jam malam. Dalam perjalanan tersebut, salah seorang pendaki juga mengabadikan momen itu dalam sebuah video.

Namun, tiba-tiba saja terlihat jelas panampakan seorang perempuan berambut panjang dengan gaun putih lengkap dengan suara tangisnya. Bukan hanya di satu lokasi, penampakan tersebut berpindah-pindah secepat kedipan mata. Bukannya lari, rombongan remaja tersebut malah sengaja mengarahkan kamera pada si hantu menangis. Dari gelagat, terlihat bahwa si perekam sebenarnya ketakutan, namun rasa penasaran sepertinya tak membuatnya ingin mengakhiri rekaman tersebut.

Malah terharu dan bersyukur karena ketemu hantu

Yang namanya hantu itu emang identik dengan wujud yang seram dan mengerikan. Hal itu yang membuat sebagian besar orang sangat takut. Anehnya, rasa takut tersebut justru mengundang rasa penasaran yang luar biasa. Salah satunya adalah Sara Wijayanto yang mengaku bersyukur banget bisa melihat penampakan di salah satu degung kosong yang berlokasi di Jakarta Timur. Lantaran sudah lama nggak dipakai, diketahui lokasi itu memang angker.

Cerita yang dibagikan Sara melalui instragram [image source]
Menurut Sara, di sana begitu banyak sosok dengan wujud mengerikan. Namun, ada juga yang menarik perhatiannya, yaitu sesosok makhluk astral yang memiliki wujud sepertihalnya manusia biasa. Tak ingin pertemuan itu berakhir sampai di sana, istri Damian Aditya itu juga menyempatkan diri untuk berusaha mengajaknya berkomunikasi, meski tak sesederhana saat ngobrol dengan manusia, namun Sara akhirnya berhasil bicara dengan hantu perempuan yang kemudian diberi nama Sumi.

Malah ditanyain nomor togel

Jika ditanya, apa yang paling ditakutkan orang Indonesia? Mungkin akan ada yang jawab pocong, kuntilanak hingga genderuwo. Tapi nyatanya, hal paling menakutkan bagi sebagian besar orang Indonesia adalah nggak punya duit. Walhasil, nggak sedikit orang yang percaya kalau makhluk mistis bisa menerawang masa depan.

Lokasi yang dipercaya angker [image source]
Oleh karena itu, banyak juga yang rela berburu hantu di tempat-tempat angker seperti hutan dan tegalan demi bertemu dengan genderuwo atau rekan sejenisnya. Di hari dan jam tertentu, biasanya mereka melakukan ritual yang disebut ‘Nggerandong’, yaitu menunggu makhluk astral menghampiri dan kemudian bertanya pada mereka perihal nomor togel yang bakal keluar.

Ketika pocong ditanyain, “Koe sopo?”

Pocong itu sosok hantu yang digadang-gadang sebagai makhluk paling serem dari Indonesia. Buktinya, film horor yang memunculkan sosok berkafan putih itu selalu sukses bikin penonton menjerit dan sulit melupakan adegan tersebut. Pocong sendiri dipercaya sebagai hantu yang beberapa kali menampakan diri di depan masyarakat yang masih tinggal di pedesaan. Salah satu cerita datang dari Yogyakarta, saat seorang wanita tua baru saja pulang dari mushola untuk melaksanakan shalat isha’.

Hanya ilustrasi hantu pocong [image source]
Saat di perjalanan pulang, si nenek melewati perkebunan pisang. Di antara pohon-pohon pisang tersebut, tanpa sengaja si nenek melihat sesosok mirip pocong berdiri di sana. Karena penasaran, si nenek mendekatinya dan bertanya, “Koe sopo?” (kamu siapa?) ada sekitar empat sampai lima kali pertanyaan itu diulang, namun sosok pocong itu hanya diam. Akhirnya, si nenek memutuskan untuk pulang sambil mengeraskan doa tanpa menengok lagi ke belakang.

Terbukti, ternyata lebih banyak orang yang tertarik dengan hal mistis daripada yang takut. Pantas saja film horor selalu jadi tontonan favorit. Kamu sendiri, pernah nggak sih melihat penampakan? Share pengalamanmu, dong.