in

Menakjubkan! Ini Rahasia di Balik Azan dan Salat Subuh yang Dilakukan Setiap Hari

Azan subuh memang berbeda daripada yang lainnya. Sebab, ada kalimat “Ashsalatu khairum minan naum” yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah salat lebih baik daripada tidur. Ya seperti kita tahu kalau bangun salat subuh itu sangat susah sekali lantaran hawa dingin dan mata masih ingin menutup saja.

Dari sini, banyak para peneliti penasaran akan hal ini. Mengapa umat Islam setiap harinya harus bangun untuk melaksanakan kewajibannya pada jam-jam yang masih terlalu pagi. Tapi, itu semua terjawab karena para peneliti telah menemukan titik terang yang membuat mereka mengangguk-anggukan kepala sekaligus kagum.

Azan subuh berbeda dari yang lain [Sumber Gambar]
Menurut beberapa penelitian, pada waktu pagi yang dimulai dari jam tiga pagi, tubuh berangsur-angsur mengalami kenaikan darah. Selain itu ada peningkatan adrenalin, penyempitan pembuluh darah dan kenaikan sifat agregasi trombosit. Meski kita dalam keadaan tidur,kondisi-kondisi membahayak tersebut tetap saja terjadi. Bahkan ini terjadi kepada semua orang, baik yang muda ataupun usia lanjut.

Salat subuh miliki banyak manfaat [Sumber Gambar]

Nah, pada tahun 1980, Robert Furchgott,Louis Ignarro, dan Ferid Murad melakukan penelitian tentang kasus ini Sahabat Boombastis. Mereka mencari-cari bagaimana cara supaya kondisi-kondisi yang membahayakan bagi tubuh di atas bisa teratasi. Nah, ditemukanlah zat bernama NO (Nitrik Oksidan) yang bisa mencegah terjadinya kondisi berbahaya pada tubuh. Misalnya saja penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah dan lain sebagainya. Senyawa satu ini ternyata dihasilkan ketika kita sedang melakukan gerakan. Gerakan-gerakan tersebut contohnya ya seperti wudhu ataupun salat Sahabat Boombastis. Jadi, ketika kita bangun pada saat subuh, maka tubuh kita akan terhindar dari yang namanya penyakit.

Bisa menghindari penyakit jantung [Sumber Gambar]
Sebenarnya, zat NO yang telah disebutkan tadi itu selalu dihasilkan pada tubuh kita lho Sahabat Boombastis. Bahkan, jumlahnya pun tak terhitung. Dalam kondisi apapun, ia tetap menghasilkan. Entah ketika kita tidur, duduk, berdiri, berjalan dan lain-lain. Namun, zat NO satu ini lebih maksimal ketika kita melakukan gerakan. Contohnya ya seperti salat di saat subuh ini. Ya boleh sih kita menghasilkan zat NO dengan cara berolahraga. Tapi kalau salat belum terlaksana, lebih baik lakukan dulu deh. Baru kalian bisa berolahraga sesuka hati.

Sejak awal kedatangan Islam, Allah telah menyerukan salat subuh. Hanya saja Allah tidak secara jelas menyatakan manfaat mengapa kita harus salat di pagi buta. Tapi ternyata ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi hambanya. Sehingga kita patut bersyukur dengan adanya perintah agama untuk melaksanakan salat pada saat subuh. Jadi, jangan malas untuk melakukan salat subuh ya. Selain karena menjalankan perintah agama, salat subuh ternyata membuat tubuh kita menjadi terhindar dari serangan penyakit berbahaya. Pasti kalian mau kan hidup sehat ditambah dengan pahala yang berlipat?

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Fakta Tentang Bang Bader, Atlet Kocak yang Selalu Bikin Ketawa Seisi Wisma

4 Kelakuan Bule Saking Cintanya Terhadap Dangdut