Trending

Dapat Gelar Doktor Kampus Luar Negeri, Raffi Ahmad Malah Kena Cibir Netizen

Kabar gembira datang dari presenter aktor kondang dan pengusaha top, Raffi Ahmad. Suami dari Nagita Slavina ini dikabarkan baru saja menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand.

Tapi bukannya ikut bangga, netizen malah meragukan gelar akademik prestisius yang diterima oleh presenter papan atas Tanah Air tersebut. Kira-kira apa yang membuat mereka kurang setuju dengan pemberian gelar Doktor Honoris Causa itu, ya?

Raffi Ahmad terima gelar Doktor Honoris Causa dari kampus luar negeri

Lewat unggahan media sosial pribadinya, Raffi Ahmad menjelaskan bahwa dirinya baru saja meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) yang berbasis di Thailand. Gelar kehormatan ini sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam dunia Event Management and Global Digital Development.

Selain mendapatkan pujian dari penggemar, kabar ini juga menarik para netizen yang gemar menelusuri cerita di balik peristiwa. Mereka pun menelusuri kebenaran ini, termasuk dengan mendatangi lokasi kampus.

Dilacak netizen, kampusnya ternyata malah hotel

Bukan netizen Indonesia namanya kalau tidak bisa memecahkan misteri sampai ke sumsum tulangnya. Salah satu akun media sosial X bernama @IbrahimNiar yang kebetulan juga berada di Thailand mencoba mendatangi langsung alamat UIPM. Tapi bukannya ketemu bangunan kampus, @IbrahimNiar menjelaskan itu adalah lokasi sebuah hotel.

“Hunian Apartemen + Hotel. Jadi kampusnya sebelah mana???” ungkapnya di media sosial.

Tak hanya dirinya, para netizen juga mempertanyakan di mana lokasi sebenarnya dari kampus yang memberi gelar Doktor kepada Raffi Ahmad karena ada keterangan bahwa menurut situs USAID, lokasinya justru malah berada di Indonesia.

Kampusnya baru bikin website resmi dari tahun 2023

Selain lokasi kampus yang tidak jelas, netizen juga menyoroti tentang kualitas yang dimiliki oleh UIPM. Pasalnya, kampus ini baru memiliki situs resmi sejak tahun 2023 lalu.

Lebih menarik lagi, warganet juga menemukan fakta bahwa nama UIPM tidak terdaftar dalam webometrics. Sebuah situs yang sering menjadi acuan untuk pemeringkatan web universitas di seluruh dunia.

Daftarnya bisa lewat Google Form

Hal lain yang membuat para netizen mempertanyakan legalitas dari UIPM adalah sistem pendaftarannya yang sangat mudah. Untuk bisa berkuliah di kampus tersebut, Anda bisa melakukan pendaftaran, hanya melalui Google Form saja.

Saat mendaftar, Anda akan ditawari dengan beberapa gelar yang bisa dipilih. Dimulai dari gelar setara Sarjana atau  Bachelor’s Degree (S1), kemudian berturut-turut Master’s Degree (S2), Doctoral Degree (S3), Honorary Doctoral (Doktor Kehormatan), Honorary Professor (Profesor Kehormatan), sampai yang paling prestise, yaitu Professor.

BACA JUGA: Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Dari berbagai hasil penyelidikan oleh para netizen, semakin ragu mereka dengan gelar Doktor Honoris Causa yang diraih oleh Raffi Ahmad. Banyak yang antipati, menganggap kejadian ini sebagai penghinaan terhadap dunia akademik karena begitu mudahnya memberi gelar terhormat kepada seseorang.

Share
Published by
Bayu Yulianto
Tags: raffi ahmad

Recent Posts

Elaine Low Dapat Warisan 127 Triliun dari Sang Ayah, Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Nama Elaine Low beberapa waktu belakangan mencuat terutama di dunia bisnis dan investasi setelah menerima…

4 days ago

Menpora Dito Ariotedjo Banjir Kritik Netizen Gara-Gara Dianggap ‘Pansos’ di Gelaran MotoGP Mandalika 2024

Kasus baru, masalah lama. Begitulah kira-kira jargon yang cocok disematkan kepada Menteri Peranan Pemuda dan…

4 days ago

Fakta Susu Ikan yang Jadi Pro Kontra di Masyarakat

Selain susu dari sapi atau kambing, kamu mungkin sudah pernah mendengar susu dari almon atau…

6 days ago

Ini Lho Boneka Labubu yang Viral Karena Lisa BLACKPINK, Sampai Terjadi Kerusuhan

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan nama Labubu, atau Boneka Labubu. Jelas saja, karena…

7 days ago

5 Fakta Kasuaris, Burung Raksasa Asal Papua Paling Berbahaya di Dunia

Di dalam hutan lebat Papua, terdapat salah satu burung terbesar dan paling menakjubkan di dunia,…

1 week ago

10 Quote Hikigaya Hachiman ‘Oregairu’ yang Menampar Realita

Siapa yang tidak kenal Hikigaya Hachiman? Tokoh utama dari *OreGairu* ini dikenal dengan pandangan hidupnya…

1 week ago