in

Cocos, Pulau Kecil Milik Australia yang Mayoritas Muslim dan Berpenduduk Orang Indonesia

Cocos, Pulau satu ini bisa dibilang sangat asing bagi orang-orang Indonesia. Jangankan bagaimana dalamannya, letaknya saja kemungkinan banyak yang tidak tahu. Ketidaktahuan seperti ini sebenarnya sangat disayangkan banget. Pasalnya, Cocos bisa dianggap sebagai salah satu bagian dari kita, Indonesia.

Ya, kita dan Pulau Cocos memang memiliki semacam keterkaitan. Terutama karena penduduknya yang rata-rata berdarah Indonesia, serta memiliki kemiripan bahasa dan juga bahasa. Belum lagi soal agama, di sana ternyata juga mayoritas memeluk Islam serta mempunyai kemiripan budaya keagamaan sama seperti di Indonesia. Sayangnya, Cocos sendiri adalah milik Australia meskipun jaraknya sebenarnya lebih condong ke Indonesia.

Tentang kesamaan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa bisa begitu. Ya, ternyata ada sebuah sejarah yang terjadi di masa lalu sehingga pada akhirnya menciptakan hal unik tersebut. Selengkapnya, berikut adalah seluk-beluk Pulau Cocos yang mungkin belum kamu ketahui.

Mayoritas Penduduknya Orang Melayu Indonesia

Dilihat dari teritorialnya, Pulau Cocos bukanlah wilayah Indonesia. Tapi, ketika kita pergi ke sana, rasanya seperti tak ke mana-mana. Alasannya tak lain karena orang-orang sana yang tipikal fisiknya sama dengan kita. Ya, memang, pulau Cocos ini dihuni oleh orang-orang Melayu. Lebih tepatnya Melayu Indonesia.

Penduduk Pulau Cocos [Image Source]
Penduduk Pulau Cocos [Image Source]
Akan dijelaskan nanti kenapa banyak orang Melayu di sini, namun yang jelas eksistensi saudara satu ras ini jadi mayoritas di Pulau Cocos. Menurut data nih, daerah ini 70 persennya adalah orang-orang Melayu, sedangkan sisanya adalah mereka yang berasal dari Eropa. Uniknya, para penduduk beda ras ini menempati wilayah yang tak sama. Untuk mereka yang Melayu menempati wilayah bernama Home, sedangkan masyarakat Eropanya tinggal di West Island.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

OK, OMG, dan Ekspresi-Ekspresi Lain yang Ternyata Punya Sejarah Panjang dalam Pembentukannya

Panji Galuh, Kisah Percintaan Ala Romeo dan Juliet di Era Kerajaan Nusantara Kuno