in

Inilah Alasan-Alasan Kenapa Bung Karno Layak Disebut Presiden Indonesia Terbaik

Di Tangan Bung Karno Militer Indonesia Menjadi Kuat [Image Source]

Membahas tentang Bung Karno sepertinya kita takkan pernah kehabisan topik. Bagaimana tidak, hampir di setiap aspek hidup sang presiden pertama ini menyajikan penggalan-penggalan cerita menarik yang bisa dikulik serta memberikan pelajaran. Entah itu soal kehidupan pribadi sampai tentang prestasi-prestasinya yang luar biasa.

Berbicara tentang prestasi, Bung Karno memang memilikinya. Tak hanya yang pribadi, tapi juga skala nasional bahkan dunia. Makanya, tak heran kalau kemudian beliau disebut-sebut sebagai presiden terbaik yang pernah memimpin Indonesia. Tidak bermaksud mengelu-elukan Bung Karno, namun memang jika dibanding presiden lain, beliau lebih mentereng prestasinya.

Lalu kalau kita bahas tentang detail, kira-kira apa saja sih prestasi Bung Karno yang membuatnya jadi presiden terbaik? Simak ulasannya berikut ini.

Bung Karno Ahli Dalam Bidang Arsitek dan Mendunia

Sebutan serba bisa memang pantas dilayangkan pada Bung Karno. Hal ini bisa kita lihat dari banyak hal termasuk fakta tentang kemampuan beliau sebagai seorang arsitek. Ya, Tak banyak yang tahu kalau beliau ini adalah seorang perancang bangun. Dan beliau sangat ahli dalam bidang tersebut, sampai-sampai pernah mendirikan sebuah biro insinyur di tahun 1926 bersama Ir. Anwari.

Bung Karno Ahli Dalam Bidang Arsitektur [Image Source]
Bukti kalau beliau ini cakap dalam arsitektur bisa kita lihat dalam berbagai momen hidupnya. Misalnya sewaktu dibuang ke Bengkulu, Bung Karno pernah merancang sejumlah rumah dan merenovasi penuh masjid Jami yang ada di pusat kota. Tidak cuma itu saja, pada tahun 1955 ketika berangkat haji, beliau menyumbangkan ide arsitektural pada pemerintah Arab Saudi di mana beliau mengusulkan agar sa’i dibagi menjadi dua jalur.

Sosok Bapak Proklamator yang Hebat

Prestasi terbaik Bung Karno yang tercatat dalam sejarah dan sudah banyak diketahui adalah ketika beliau menjadi bapak proklamator. Ya, pada 17 Agustus 1945 beliau ditemani Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dan meletakkan dasar-dasar negara. Kejadian ini merupakan momentum terpenting sejak penjajahan Belanda dan Jepang setelah sekian lama.

Sosok Bapak Proklamator yang Hebat [Image Source]
Tanpa beliau berdiri di sana, mungkin saja kemerdekaan Indonesia masih bisa berubah-ubah. Makanya, kita patut mengapresiasi hal tersebut. Oh iya, soal pembacaan proklamasi, mungkin kamu belum tahu kalau ketika itu Bung Karno sedang demam berat.

Bung Karno Punya Banyak Penghargaan

Banyak sekali penghargaan yang diterima oleh Bung Karno, baik dalam maupun luar negeri. Penghargaan yang diterima di antaranya adalah gelar Doktor Honoris Causa dari 26 universitas di dalam dan luar negeri. Pada tahun 1951 perguruan tinggi dalam negeri yang memberikan gelar kehormatan kepada Soekarno antara lain Universitas Gajah Mada dan masih banyak lagi.

Bung Karno Punya Banyak Penghargaan [Image Source]
Selain itu yang cukup fenomenal adalah penghargaan yang diberikan oleh Presiden Afrika Selatan pada April 2005, tepat 35 tahun setelah wafatnya beliau. Adapun penghargaannya sendiri adalah bintang kelas satu The Order of the Supreme Companions of OR Tambo yang diberikan dalam bentuk medali, pin, tongkat, dan lencana yang semuanya dilapisi emas

Di Tangan Bung Karno Militer Indonesia Menjadi Kuat

Semenjak adanya Trikora, pembangunan militer Indonesia semakin gencar. Momen tersebut terjadi tepat setelah diplomasi dengan Uni Soviet yang membuahkan pinjaman jangka panjang kepada negara kita dengan nominal sebesar $2,5 miliar ketika itu. Mendapatkan suntikan sedemikian besar, Indonesia pun memanfaatkannya untuk memperkuat bidang militer.

Di Tangan Bung Karno Militer Indonesia Menjadi Kuat [Image Source]
Seperti yang kamu mungkin pernah dengar, ketika itu Bung Karno menganggarkan biaya yang besar sekali untuk militer, termasuk dari pinjaman tersebut. Alhasil, militer kita ketika itu jadi salah satu yang paling ditakuti dunia. Salah satu prestasi militer terbesar Indonesia ketika itu adalah kembalinya Papua Barat ke pangkuan pertiwi setelah sekian lama.

Tak banyak pemimpin hebat yang bisa melakukan apa yang Bung Karno perbuat, bahkan para para penerusnya sekalipun. Oleh karenanya, memang harus diakui kalau beliau ini merupakan presiden terbaik yang pernah memimpin Indonesia. Meskipun Indonesia belum mampu menemukan sosok Soekarno kedua, namun kita harus tetap berharap suatu saat nanti hal tersebut akan benar-benar datang.

Written by Koko Ferdie

Leave a Reply

Menyorot Belitung dari Puncak Mercusuar di Pulau Lengkuas

5 Pasangan Ini Bikin Heboh Lantaran Nekat Melakukan Pernikahan Sedarah