in

Wajib Tahu! Begini Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Angin Duduk

Fenomena angin duduk memang selalu jadi momok bagi semua orang. Di mana kehadirannya tak bisa diprediksi dan dapat membuat nyawa kita melayang dalam hitungan detik. Bahkan gangguan kesehatan ini tak hanya menyerang usia lanjut saja, anak muda pun juga tak luput jadi sasarannya.

Banyak orang bilang kalau angin duduk ini bisa diatasi dengan kerokan. Ada lagi yang menyebut hanya cukup diolesi balsam di bagian nyeri. Padahal untuk mengusir angin duduk tak semudah itu Ferguso. Malahan cara-cara sederhana tadi bisa membuat si penderita semakin parah keadaannya. Waduh, terus gimana dong cara mengatasi angin duduk yang benar?

Meninggal karena angin duduk [Sumber Gambar]
Dikutip dari St John Ambulance, pertama-tama kita harus membuat si penderita angin duduk mendapatkan posisi yang nyaman dan juga membuka kerah baju agar tidak sesak. Tapi posisi yang paling wuenak untuk pengidap angin duduk ini adalah dengan duduk dan menyenderkan punggung pada bantal. Kemudian jangan lupa juga lipat kakinya dan ganjal sela-sela betis dengan bantal.

Memposisikan penderita angin duduk dengan nyaman [Sumber Gambar]

Kemudian dr Rina Ariani, Sp.JP selaku Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah juga turut menambahkan. Setelah posisi dari penderita angin duduk sudah benar, maka kita perlu memberinya obat. Tapi tanyakan dulu apakah si pasien punya obat khusus untuk mengatasi angin duduk atau tidak. Kalau ia tidak punya, maka kita bisa berikan obat berjenis aspirin sesuai dengan dosis. Namun pastikan juga kalau ia tidak punya alergi apapun terhadap obat.

Menekan dada saat kondisi menurun [Sumber Gambar]
Langkah terakhir adalah kita menghubungi bantuan medis. Eits tapi jangan lupa, sembari menunggu bantuan datang, ajak si pasien untuk beristirahat. Namun tetap perhatikan kondisi penderita angin duduk ya. Jika kondisinya menurun, lakukan Cardiopulmonary Resusication (CPR) sebagaimana dilansir dari detik.com. Caranya adalah dengan menekan dada dengan posisi dua tangan menumpuk. Lalu tekan sebanyak 30 kali tanpa mengangkat tangan dari dada. Kalau tidak ada perkembangan, cobalah untuk lakukan nafas buatan.

BACA JUGA : Selalu Datang Tiba-tiba, Ini Ciri dari Angin Duduk yang Bisa Renggut Nyawamu Kapan Saja

Begitulah pertolongan pertama untuk para penderita angin duduk. Kalau dilihat sekilas, caranya memang cukup mudah. Tapi kita perlu tetap berhati-hati untuk melakukan tahap-tahapnya. Jika salah sedikit, akibatnya bisa fatal.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Republik Murrawari, Calon Negara Tetangga Indonesia yang Ingin Merdeka dari Australia

4 Fakta Vespa Modifikasi Asal Indonesia yang Ternyata Digemari Sampai Eropa