in

5 Peristiwa Sinkhole Paling Mengerikan yang Bakal Bikin Kita Susah Tidur

Sejauh ini kita masih belum bisa menemukan planet yang sama persis dengan bumi. Mars kandidat paling kuat meskipun di sana juga belum terbukti bisa ditinggali. Bumi memang dikatakan tempat paling nyaman untuk kita hidup. Namun, di sisi lain Bumi juga merupakan tempat yang sangat berbahaya. Ada begitu banyak bencana yang terjadi sepanjang sejarah. Mulai gempa bumi, gunung meletus, sampai tsunami yang masing-masing sudah menewaskan jutaan orang.

Tak cukup dengan itu, ada pula fenomena  bernama sinkhole. Ini adalah kondisi di mana dengan tiba-tiba tercipta lubang yang sangat besar dan dalam. Bagi yang tak beruntung tinggal di atas sinkhole tentu saja mereka akan jatuh ke dalam lubang yang sangat dalam itu dan dipastikan akan tewas. Ngerinya lagi, sinkhole sangat random, tak bisa diprediksi, dan bisa terjadi di mana pun. Bahkan termasuk kota-kota besar.

Nah, berikut adalah fenomena sinkhole paling fenomenal dalam sejarah yang bakal membuat kita susah tidur gara-gara paranoid.

1. Solikamsk, Rusia

Apa jadinya jika ketika sedang enak-enaknya tidur tiba-tiba sebuah lubang besar muncul dan menelan rumah kita? Mungkin hal tersebut yang dirasakan oleh penduduk Solikamsk ketika sebuah sinkhole berukuran 20 meter tiba-tiba saja muncul di daerah mereka. Bahkan belum sempat menghela nafas lega, sinkhole tersebut makin membesar dan kini berukuran 120 meter dengan kedalaman 80 meter.

Sinkhole di kota ini diprediksi akan terus membesar [Image Source]
Sinkhole di kota ini diprediksi akan terus membesar [Image Source]
Peneliti tidak benar-benar yakin dengan apa yang tengah terjadi. Namun mereka berkeyakinan jika tambang yang ada di Solikamsk lah yang menyebabkan semua ini. Tambang tua tersebut konon digali sangat dalam. Setelah beroperasi selama sekian tahun tambang ini pun ditinggalkan. Besar kemungkinan gempa bumi yang terjadi sebelumnya membuat tanah di bagian atas tambang tidak punya pondasi yang kuat akhirnya muncul lah sinkhole yang sepertinya makin terus membesar itu.

2. Laut Mati, Israel

Fenomena sinkhole yang cukup mengerikan juga terjadi di area Laut Mati, Israel. Beberapa waktu belakangan, makin sering lubang-lubang besar yang muncul secara random di sini. Jumlahnya sendiri ada ratusan dengan sinkhole terbesar berukuran 40 meter dan kedalaman 25 meter.

Meskipun lubangnya tak terlalu besar, sinkhole di jumlahnya sangat banyak dan muncul dalam waktu yang berdekatan [Image Source]
Meskipun lubangnya tak terlalu besar, sinkhole di jumlahnya sangat banyak dan muncul dalam waktu yang berdekatan [Image Source]
Rendahnya debit air serta eksploitasi tambang berlebihan menyebabkan daerah ini mengalami erosi yang kemudian memicu munculnya sinkhole. Para peneliti sendiri mencurigai jika sinkhole berukuran kecil yang letaknya berdekatan itu nantinya bakal membentuk sebuah pola yang pada akhirnya menciptakan sebuah sinkhole raksasa. Hingga saat ini kecenderungan ke arah sana mulai makin jelas.

3. Heavenly Pit, China

Ditemukan 20 tahun lalu, Heavenly Pit merupakan sinkhole tunggal paling tua, terbesar, dan terdalam di dunia. Lebarnya sendiri adalah 537 meter dengan kedalaman mencapai 660 meter. Tidak diketahui kenapa bisa muncul lubang sebesar ini. Namun dipercaya jika gempa Bumi serta susunan lapisan tanah bagian bawah yang berongga menyebabkan hal tersebut terjadi.

Heavenly Pit juga dikatakan akan terus membesar [Image Source]
Heavenly Pit juga dikatakan akan terus membesar [Image Source]
Sama seperti sinkhole yang lain, Heavenly Pit diprediksi masih bisa membesar lagi. Peneliti mengatakan alasannya karena curah hujan yang tinggi serta adanya sungai di bagian bawah lubangnya. 10 tahun lagi, Heavenly Pit mungkin berukuran satu setengah kali dari sekarang.

4. Guatemala

Tahun 2007 lalu penduduk Guatemala City dikejutkan dengan sebuah sinkhole yang tiba-tiba muncul di tengah kota. Lubang ini berukuran lebar sekitar 100 meter dengan kedalaman yang masih belum bisa diprediksi hingga sekarang. Tak hanya sekali, selang 3 tahun setelahnya tepatnya di tahun 2010, sebuah lubang kembali muncul secara tiba-tiba di salah satu sudut kota. Meskipun lebarnya hanya sekitar 20 meter saja.

Wih, mengerikan ya? Kabar buruknya hal ini bakal terjadi lagi dengan waktu dan tempat yang tidak bisa diprediksi [Image Source]
Wih, mengerikan ya? Kabar buruknya hal ini bakal terjadi lagi dengan waktu dan tempat yang tidak bisa diprediksi [Image Source]
Peneliti menduga sinkhole yang terjadi di Guatemala lantaran kota ini dibangun di area yang berdekatan dengan gunung berapi. Belum lagi curah hujan yang sangat tinggi. Diperkirakan jika bakal banyak sinkhole yang terjadi beberapa tahun ke depan. Sayangnya, lokasinya belum bisa dipetakan sehingga saat ini orang-orang Guatemala hanya bisa was-was dan pasrah.

5. Berezniki, Rusia

Tak begitu jauh dari Solikamsk dan sinkhole besarnya yang bertumbuh itu, fenomena yang sama juga terjadi di kota Berezniki. Latar belakangnya pun sama yakni karena penambangan. Namun berbeda dengan sinkhole yang ada di Solikamsk, di kota ini tak hanya ada satu lubang saja. Tapi, beberapa dengan diameter yang lumayan lebar.

Tak jauh dari Solikamsk fenomena yang sama juga terjadi di Berezniki [Image Source]
Tak jauh dari Solikamsk fenomena yang sama juga terjadi di Berezniki [Image Source]
Sinkhole tersebut diperkirakan akan terus bermunculan dan efeknya sama seperti prediksi ilmuwan mengenai sinkhole yang ada di Laut Mati. Lubang-lubang kecil bermunculan untuk kemudian membentuk sebuah sinkhole raksasa. Penduduk Berezniki tidak diam saja dengan fenomena ini, mereka melakukan perbaikan-perbaikan. Walaupun pada akhirnya tetap sia-sia karena lubang-lubang tersebut tak berhenti tumbuh.

Belum pernah ada kejadian mengejutkan seperti di atas terjadi di Indonesia. Meskipun begitu, kita harus selalu waspada karena kenyataannya sinkhole bisa terjadi di mana saja. Syarat terjadinya sinkhole biasanya karena dua hal yakni alam dan kerusakan yang ditimbulkan manusia. Kalau faktor alam kita hanya bisa pasrah, namun faktor kedua bisa kita hindari.

Seperti yang terjadi di Solikamsk dan Berezniki, sinkhole disebabkan karena penambangan. Maka kita bisa mencengahnya dengan tidak melakukan hal itu. Melakukan penambangan tidak dilarang, tapi ketika dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak. Tak cuma aktivitas penambangan, eksploitasi air tanah berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan sinkhole.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Orang ini Pernah Bikin Geger Indonesia Gara-Gara Mengaku Utusan Tuhan

Teroris Itu Islam

5 Kesalahan Presepsi Yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini