in

THR Sampai Mobil Dinas untuk Mudik, Ini Kebijakan Surga Dunia yang Dirasakan oleh PNS

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menjadi pekerjaan yang diburu. Semakin tahun sepertinya menjadi PNS semakin menjanjikan saja. Selama tiga tahun pemerintahan, Presiden Jokowi  hanya menaikkan gaji para pegawai ini satu kali, yaitu di tahun 2015. Namun, tahun ini seperti akan menjadi tahun paling membahagiakan karena mereka mendapat banyak tunjangan dan kenikmatan dari pemerintah.

Berdasar pada keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, sudah ada perubahan struktur gaji dan skema pensiunan bagi PNS. Hal tersebut tentu saja untuk membuat para abdi negara ini lebih sejahtera. Nah, ternyata selain gaji yang maknyus dan aturan pensiunan, masih ada lagi hal lain yang menambah kembang senyum di wajah mereka, seperti uraian berikut.

Kenaikan gaji di 2019 mendatang

PNS akan naik gaji 2019 mendatang [Sumber gambar]
Kabar gembira tentang kenaikan gaji 6% terakhir diterima pada tahun 2015 lalu. Nah, pada 2019 mendatang pemerintah akan menambah gaji para aparatur negara ini. Peraturan ini dibuat dengan pertimbangan sudah dua tahun mereka bertahan dengan upah yang sama. Hanya saja, berapa yang akan didapat masih belum ada keputusan finalnya. Walaupun begitu, hal tersebut tetap jadi angin segar untuk para pekerja.

Banjir uang THR dan gaji ke 13

Banjir THR [Sumber gambar]
Selain gaji, pemerintah sudah menetapkan jumlah Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke 13 yang tentunya sangat dinanti ini. Tahun 2018 ini, besar bonus uang menjelang hari raya ini setara dengan satu bulan gaji PNS yang aktif sesuai dengan pangkat dan jabatan masing-masing. Sedangkan untuk mereka yang sudah berstatus pensiun memang tak ada THR, tapi tetap ada tunjangan mendekati lebaran. Tahun lalu, pemerintah sudah menggelontorkan uang sebesar 23 Triliun untuk THR dan gaji ke 13, kira-kira tahun ini berapa ya?

PNS pria di perbolehkan cuti maksimal sebulan saat istri melahirkan

Bisa ambil cuti untuk temani istri [Sumber gambar]
Selama ini kita hanya mendengar peraturan ini di luar negeri saja. Namun sekarang, sepertinya banyak yang harus berterimakasih kepada pemerintah karena telah memberikan keringanan berupa cuti untuk mendampingi istri selepas melahirkan (terhitung dari Desember 2017). Aturan ini tercantum dalam Peraturan Kepala (Perka) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS. Enaknya, jatah tersebut tidak dipotong dari cuti tahunan. Dalam artian ini berupa pengecualian dan peraturan spesial.

Bisa menempati rumah dengan mencicil selam 30 tahun

PNS akan bisa mendapat rumah DP 0% [Sumber gambar]
Kebijakan rumah DP 0% ternyata juga membuat lega PNS, TNI, bahkan Polri. Mereka diberi kelonggaran untuk menempati rumah tanpa DP tinggal yang bisa dicicil selama 30 tahun. Mengapa hal ini terjadi? Keputusan pemerintah terhadap Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ini dilatarbelakangi oleh penghasilan para PNS yang tidak setara dengan pergerakan harga rumah yang semakin hari semakin menggila. Karenanya, untuk menyiasati hal tersebut mereka diberi jalan tengah yang dinilai sebagai solusi terbaik.

Cuti lebaran dan mobil dinas boleh dipakai mudik

Mudik dengan mobil dinas [Sumber gambar]
Seperti yang kita ketahui jika baru-baru ini pemerintah memutuskan untuk menambah hari cuti menjadi 7 hari lamanya. Hal ini juga berlaku bagi para abdi negara yang ingin menambah waktu cuti, dan enaknya hal tersebut tidak akan dipotong dengan jatah cuti tahunan yang ada. Selain cuti, kendaraan dinas yang mereka pakai juga boleh dibawa mudik ke kampung halaman. Kebijakan ini tentunya tetap dengan syarat perawatan dan keamanan kendaraan ditanggung oleh pribadi, bukan negara.

Bagaimana, sudah semakin membuat sejahtera bukan? Nah, di balik semua yang dilakukan pemerintah ini sebenarnya ada pesan tersirat yang ingin disampaikan. Harapannya, semoga ke depan PNS semakin punya kinerja maksimal dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Iya, dong, dengan segala keenakan harus tambah semangat bekerja pastinya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Miliki Kejeniusan Tiada Tara, Inilah Kisah Almarhum Stephen Hawking dengan Sepak Bola

Jangan Asal Membuat Polisi Tidur, Ada Hukuman Penjara yang Bakal Menanti