in

Banyak Insiden Pesawat Hilang Kontak, 4 Hal Ini yang Bisa Jadi Alasannya

Insiden jatuhnya Pesawat Lion Air di perairan Karawang hingga saat ini masih terngiang di pikiran kita. Banyak yang tak menyangka kalau pesawat tersebut bisa hilang kontak selama 13 menit setelah melakukan take off. Maka dari itu, kejadian tersebut mengundang banyak tanya persepsi dari warganet yang menduga kalau pesawat sedang dalam kondisi tak baik.

Sebenarnya, sebelum Lion Air masih banyak maskapai penerbangan lain yang mengalami hal serupa. Yang pada awalnya hilang kontak dan ternyata ditemukan jatuh di tempat yang sulit dijangkau. Nah, dari sini ada pertanyaan yang belum terjawab hingga saat ini. Mengapa pesawat bisa mengalami hilang kontak ketika penerbangan?

Bisa berasal dari cuaca yang tak bagus

Dikutip dari laman Live Science kalau pesawat bisa hilang kontak karena berasal dari faktor cuaca. Nah, jika cuaca sudah sangat buruk ditambah adanya petir, maka bisa menyebabkan kerusakan pada pesawat.

Cuaca buruk [Sumber Gambar]
Misalnya saja daya listrik yang ada pada pesawat tiba-tiba saja mati. Sehingga peristiwa itu bisa membuat transporder atau pemancar radio yang terhubung dengan radar di darat tidak berfungsi lagi. Akibatnya ya itu tadi, pesawat bisa hilang kontak. Tapi, untuk fenomena ini, pesawat masih bisa dideteksi melalui radar utama.

Alasan teknis yang mengharuskan pesawat mendarat darurat

Penyebab lain dari pesawat hilang kontak adalah adanya masalah teknis. Menurut Mantan Instruktur Safety Flight yaitu FX. Arief Poyuono kalau masalah teknis ini bisa terjadi karena beberapa alasan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Adanya masalah teknis [Sumber Gambar]
Jadi hal ini bisa membuat beberapa sistem di pesawat mengalami crash atau eror sehingga mengharuskan pilot untuk mendarat darurat di suatu tempat. Kalau pilot tetap nekat untuk melakukan penerbangan, bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Barang penumpang yang mengandung bahan berbahaya

Sering kali kita bertanya-tanya mengapa ada banyak barang yang tidak boleh dibawa ke pesawat. Ternyata ya inilah jawabannya. Barang-barang tersebut mengandung bahan eksplosive dan tergolong berbahaya bagi penerbangan.

Barang penumpang yang berbahaya [Sumber Gambar]
Jika benda-benda tersebut berada di pesawat baik di kabin maupun bagasi, kemungkinan besar bisa mempengaruhi sinyal menuju ke radar. Oleh karena itu, sebelum Sahabat Boombastis ingin bepergian menggunakan pesawat, lebih baik untuk mencari tahu benda apa saja yang tidak boleh dibawa.

Penerbangan yang dilakukan terlalu tinggi atau rendah dari level seharusnya

Hal terakhir yang bisa jadi penyebab pesawat hilang kontak adalah transportasi udara tersebut terbang terlalu tinggi atau rendah dari titik seharusnya. Untuk bisa terdeteksi radar, biasanya ketinggian penerbangan telah ditentukan.

Terbang jauh dari titik radar [Sumber Gambar]
Kalau ingin meninggikan atau merendahkan penerbangan, maka pilot harus melapor terlebih dulu kepada pemantau radar yang ada di bandara. Jika permintaan diperbolehkan, maka pilot baru bisa melakukan perubahan ketinggian penerbangan. Kalau tidak, ya pilot mau tak mau harus menurut.

Nah sudah tahu kan apa saja penyebab dari pesawat yang hilang kontak? Jadi itu semua bukan berasal dari masalah pesawat atau pilot saja, tapi juga faktor cuaca dan barang bawaan penumpang. Tapi untuk menentukan apa alasan sebenarnya pesawat hilang kontak, black box harus ditemukan terlebih dulu. Namun untuk insiden dari jatuhnya Pesawat Lion Air ini masih belum ditemukan black box-nya. Ya semoga saja black box cepat ditemukan dan segera terungkap apa alasan sebenarnya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sering Diucap Saat Genting, Ini 8 ‘Kode Rahasia’ di Dalam Dunia Penerbangan

Kisah TKI Tuti Tursilawati yang Dieksekusi Arab Saudi Tanpa Permisi ke Pemerintah Indonesia