in

Banyak yang Tidak Tahu, 4 Hal Ini jadi Penyebab Orang Bisa Meninggal Saat Tidur

Pasti kalian sering mendengar tentang orang yang meninggal saat tidur. Yap, beberapa di antaranya adalah bassist dari Band Kerispatih dan Mike Mohede yang tiba-tiba menghembuskan nafas terakhir ketika dalam keadaan tidur. Hal tersebut sangat mengejutkan banyak orang karena sebelumnya tak pernah mengeluhkan sakit apapun.

Nah, fenomena seperti inilah yang pada umumnya membuat orang ngeri sendiri. Karena ternyata ada beberapa penyakit yang tiba-tiba menyerang saat sedang tidur. Contohnya seperti penyakit atau gangguan di bawah ini nih Sahabat Boom (Saboom).

Terkena serangan jantung mendadak

Seperti yang kita tahu, kalau serangan jantung itu adalah termasuk penyakit paling mematikan di dunia. Sehingga bisa dibilang kalau penyakit jantung menjadi momok bagi semua orang. Nah, ternyata serangan jantung ini bisa mengenai siapa dan kapan saja tanpa pilih-pilih lho termasuk saat tidur.

Terkena serangan jantung [Sumbar Gambar]
Kalau sudah tahu hal ini, maka kita harus lebih waspada lagi. Kita bisa kok mengetahui ciri-ciri jika sudah terkena serangan jantung. Contohnya seperti sering pingsan, detak jantung lebih cepat dari biasanya, mudah lelah, tidak kuat untuk lari dan lain sebagainya. Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut kita dapat mencegahnya dengan cara tidak tidur terlalu malam, mengonsumsi buah dan sayur serta rajin berolahraga.

Sleep Apnea yang juga jadi penyebab utamanya

Ada lagi nih penyebab orang meninggal saat tidur yaitu Sleep Apnea. Bagi yang belum mengetahui, Sleep Apnea merupakan masalah pernafasan yang bisa dialami oleh semua orang. Jalan pernafasan yang dialami lebih pendek atau dangkal daripada biasanya. Bahkan, pernafasan akan berhenti selama 10 sampai 60 detik beberapa kali dalam semalam. Sehingga bisa dipastikan kalau Sleep Apnea bisa berisiko kematian menjadi lebih tinggi.

Sleep Apnea [Sumber Gambar]

Untuk mengetahui apakah kalian terserang Sleep Apnea atau tidak, bisa diperhatikan dari gejala-gejala ini. Yakni sakit kepala di pagi hari, tidak mampu berkonsentrasi, sering buang air kecil dan mulut kering. Jadi untuk menghindarinya bisa dengan cara olahraga secara teratur, latihan pernafasan rutin dan menghindari alkohol.

SADS, kelainan genetik yang tidak bisa untuk dihindari

Mungkin kalian semua belum banyak tahu tentang SADS atau yang kepanjangannya Sudden Arrhythmia Death Syndrome. Itu adalah sebuah sindrom yang membuat manusia meninggal secara mendadak. Hal ini sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit lho. Tapi lebih kepada masalah kesehatan lain, contohnya seperti kondisi jantung genetik.

Sudden Arrhythmia Death Syndrome [Sumber Gambar]
Maksudnya adalah masalah kesehatan yang sudah diderita keluarga secara turun temurun. Jadi untuk kasus seperti ini harus segera dikonsultasikan ke dokter untuk penanganannya. Sehingga untuk kalian yang punya masalah genetik entah di jantung atau organ tubuh lain, wajib waspada juga nih.

Pembekuan darah yang sudah terlanjur parah

Pembekuan darah ternyata bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kematian seseorang pada saat tidur lho. Hal ini dapat terjadi karena gumpalan besar sudah terbentuk, sehingga bisa membatasi ruang gerak darah pada tubuh. Nah, jika ini tidak segera mendapatkan pengobatan lanjut, maka risiko kematian akan menjadi lebih besar.

Pembekuan darah [Sumber Gambar]
Pembekuan darah yang parah tersebut terjadi karena setelah mengalami benturan keras. Biasanya, ini dialami lantaran kecelakaan parah. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, ketika terjadi kecelakaan, harus segera dibawa ke rumah sakit. Ditakutkan pembekuan tersebut bisa menghalangi aliran darah ke jantung ataupun otak.

Ternyata, penyebab dari orang meninggal saat tidur itu ada banyak jenisnya. Mulai dari serangan jantung sampai pembekuan darah yang sering kita sepelekan. Namun, melihat semua penjelasan di atas, bisa disimpulkan kalau semuanya berhubungan dengan jantung. Jadi, mulai sekarang kalian harus menjaga kesehatan jantung dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Sempat Dihujat, Inilah Kisah Seniman yang Desain “Indonesia Terbelah” Pada Jaket Jokowi

Diturunkan Hingga Penjara 15 Tahun, Ini Akibat Jika Bercanda Perihal Bom di Dalam Pesawat