in

Membuat Kaki Tersiksa, Ketahui 5 Penyebab dari Munculnya Penyakit Mata Ikan

Beberapa orang sering mengalami yang namanya mata ikan. Kalau kalian belum tahu, mata ikan adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Human Papillomavirus atau biasa disebut HPV. Nah, biasanya mata ikan muncul di telapak kaki ataupun tumit yang membuat si penderita susah untuk berjalan. Untuk ciri-ciri awalnya adalah ditandai dengan penebalan dan pengerasan kulit. Setelah itu akan muncul sebuah luka berbentuk lingkaran yang mirip dengan mata ikan.

Walaupun mata ikan ini sudah diderita banyak orang, namun ternyata tidak semuanya mengetahui apa penyebab dari penyakit tersebut. Oleh karena itu, kali ini Boombastis.com akan mengulas apa saja penyebab dari munculnya mata ikan ini.

Terlalu lama dalam berdiri

Terlalu lama berdiri [Sumber Gambar]
Penyebab utama dari munculnya penyakit mata ikan adalah terlalu lama berdiri. Mungkin banyak dari kalian yang berpikir kalau berdiri lama hanya mengakibatkan kaki pegal. Tapi ternyata, penyakit mata ikan juga berpengaruh kepada kaki juga lho. Ini disebabkan beban tubuh berlebih dalam jangka waktu yang sangat lama. Jadi, mata ikan akan terdorong keluar permukaan kaki ataupun bagian telapak. Sehingga bagi kalian yang punya kebiasaan berdiri terlalu lama harus berhati-hati ya.

Pemakaian sepatu yang tidak nyaman di kaki

Ukuran sepatu yang kekecilan atau kebesaran [Sumber Gambar]

Lalu faktor selanjutnya dari mata ikan ini yakni sepatu yang tidak nyaman di kaki. Contohnya adalah ukuran sepatu yang kebesaran. Hal ini mengakibatkan beberapa bagian dari kaki bergesekan berulang kali dengan sepatu yang akhirnya menyebabkan munculnya mata ikan. Kemudian sepatu yang kekecilan pun juga bisa jadi penyebab dari tumbuhnya penyakit satu ini. Itu karena sepatu yang terlalu menekan beberapa bagian kaki. Oleh karena itu, usahakan memakai sepatu yang pas di kaki ya. Jangan pernah untuk memaksakan menggunakan alas kaki yang tidak nyaman.

Tidak menggunakan kaus kaki ketika menggunakan sepatu

Tidak menggunakan kaus kaki [Sumber Gambar]
Penggunaan kaus kaki ternyata sangatlah penting. Bukan hanya untuk melindungi kaki dari lecet saja, namun juga untuk mencegah timbulnya penyakit mata ikan. Kalau kita memakai benda tersebut, kaki akan terhindar dari gesekan dengan bagian dalam sepatu. Sehingga jangan pernah meremehkan penggunaan kaus kaki ya. Khususnya untuk sepatu yang ukurannya kebesaran.

Orang yang memiliki kelainan bentuk kaki

Kelainan pada kaki [Sumber Gambar]
Tidak hanya dari faktor luar saja yang bisa memicu tumbuhnya dari mata ikan ini. Akan tetapi, ada juga penyebab dari tubuh manusia itu sendiri. Contohnya seperti bentuk kaki yang tidak normal. Beberapa di antaranya adalah Hammertoe yaitu kondisi jari-jari kaki meringkuk sehingga menyerupai cakar. Lalu ada juga Bunion yang di mana terdapat benjolan tulang keluar di bagian bawah jempol kaki. Kemudian yang terakhir adalah Osteofit yakni ada tulang menonjol pada bagian tumit kaki.

Juga bisa karena faktor bertambahnya usia

Orang berusia lanjut [Sumber Gambar]
Hal yang terakhir menjadi penyebab munculnya mata ikan adalah dari usia. Orang-orang yang usianya sudah semakin bertambah, secara otomatis lapisan lemak pada bagian telapak kaki akan menjadi tipis. Sehingga peluang munculnya mata ikan akan menjadi lebih besar daripada orang yang masih berusia muda. Jadi, jangan heran kalau penderita dari penyakit mata ikan ini kebanyakan dari orang yang berusia lanjut.

Penjelasan di atas adalah faktor penyebab terbesar dari munculnya penyakit mata ikan. Kalau sudah tahu, bagi kalian yang masih terbiasa melakukan salah satu hal di atas harus segera dihilangkan ya. Contohnya seperti harus memakai sepatu yang nyaman, tidak terlalu lama berdiri dan wajib memakai kaus kaki. Nah, untuk yang sedang mengalami mata ikan cara penyembuhannya bisa menggunakan obat di apotek. Namun kalau tidak sembuh juga, bisa langsung diperiksakan ke dokter.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

10 Fakta Kekuatan Captain Marvel yang Bakal Bikin Thanos Bertekuk Lutut Tak Berdaya

Samai Korut, Ini 5 Aturan yang Harus Dipatuhi Para Menantu Konglomerat Korea Selatan