in

Ingat Penyanyi Alam ‘Mbah Dukun’? Lama Tak Muncul di Layar Kaca Begini Kabarnya Sekarang

Selain band seperti Peterpan (yang sekarang jadi NOAH), D’Masiv, Ungu, dkk yang menghiasi dunia anak 90an, nama Alam tentunya enggak asing  di telinga kamu. Penyanyi khas bergenre campuran rock, metal dan dangdut ini terkenal semenjak meluncurkan singlenya yang berjudul ‘Mbah Dukun’ pada tahun 2000an.

Suara khas Alam menggema di mana-mana dan sering ditirukan oleh anak-anak yang duduk di bangku SD ketika itu. Setelah dikenal banyak orang, nama Alam perlahan meredup, adik kandung Vety Vera ini sangat jarang sekali manggung on-air. Apakah Saboom semua termasuk yang rindu dengan Alam? Yuk, nostalgia dulu!

Melejit melalui single ‘Mbah Dukun’ pada 2000an

Alam dulu [sumber gambar]
Ketika membaca sub judul di atas kamu boleh mengingat-ingat sambil bersenandung lirik ‘Mbah Dukun’ kok. Alam memang dikenal dengan lirik-lirik lagunya yang sedikit nyeleneh. Melalui single tersebut, ia menjadi idola baru. Tak hanya lagu saja yang nyeleneh, dalam setiap kesempatan manggung selalu saja ada gaya alam yang khas dan nyentrik. Selain lagu ‘Mbah Dukun’ tersebut, lagu Sabu (Sarapan Bubur) juga menjadi andalan.

Sempat beredar kabar Alam melupakan pencipta lagunya

Alam Mbah Dukun sekarang [Sumber gambar]

Ada banyak kejadian memang, di mana ketika seorang artis merasa sudah berada di masa emasnya, ia lupa melihat ke bawah. 10 tahun lalu, pernah beredar kabar tak sedap mengenai pria kelahiran 1981 ini, ia disebut sebagai kacang lupa kulit. Maksudnya, Alam melupakan Endang Kurnia, pencipta lagu ‘Mbah Dukun’ yang membuat namanya melejit. Namun, dengan bijak Alam menolak kabar tersebut, ia bilang tak pernah sedikitpun melupakan jasa Mang Endang –sapaannya-. Setiap kali ditanya, ia pasti menjawab penciptanya ya Endang Kurnia. Jadi siapa yang lupa kulit nih?

Menekuni kegiatan berburu

Menyukai kegiatan berburu di hutan [Sumber gambar]
Sedari menjadi artis era 2002, Alam memang menyukai kegiatan memancing dan berburu di hutan. Hal yang sudah menjadi hobi ini memang diturunkan dari sang ayah sejak ia kecil. Pria dengan julukan Raja Metal dangdut ini bahkan bergabung dalam Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) daerah Jawa Barat. Masuk keluar hutan dan memburu Babi adalah hal biasa baginya, bahkan ia pernah dikira mau merampok saking banyaknya membawa persiapan senjata.

Menikah dengan perempuan bernama Lela Rosita

Si Lela dalam video klip Mbah Dukun [Sumber gambar]
Salah satu lirik yang teringat dari ‘Mbah Dukun’ adalah bagaimana ia meminta agar Si Lela jatuh cinta padanya. Nyatanya hal tersebut benar-benar menjadi kenyataan. Alam menikah dengan seorang gadis bernama Lela Rosita pada 2 Juli 2006, bahkan pernikahannya digelar bersamaan dengan sang kakak, Vety Vera. Sang istri juga perempuan biasa yang bukan berasal dari kalangan selebriti. Potret istrinya sendiri juga tak pernah diumbar ke muka umum, sehingga tak pernah mendapat pemberitaan.

Masih sering manggung off air dan menciptakan lagu

Alam dan para artis tanah air [Sumber gambar]
Walaupun ia telah lenyap dari layar kaca bukan berarti aktivitas menyanyi juga terhenti. Alam pernah beberapa kali diundang ke panggung Dangdut Academy dan menjadi bintang tamunya. Selain itu, ia kerapkali berkumpul bersama penyanyi senior seperti Caca Handika, Jaja Mihardja, Charly ‘Setia Band’ serta tak ketinggalan Incess Syahrini. Alam juga bekerja di belakang layar dengan menciptakan lagu untuk dinyanyikan oleh orang lain. Manggung off-air tetap ada, tapi memang tak sering.

Bagi generasi 90an, walaupun tak banyak, lagu Alam pastinya legend banget untuk kalian (termasuk penulis juga). Suara serak basah, goyangan unik, serta nyentriknya teringat selalu. Sayang, video serta suara Alam sekarang hanya bisa kamu lihat dan dengar melalui YouTube saja, karena ia memang jarang sekali muncul di televisi.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Ketahui 5 Khasiat Penting dari Kumis Kucing, Tanaman Cantik yang Sudah Sulit Ditemukan

Deretan Orang Indonesia Mendadak Tajir Setelah Menemukan Muntahan Paus, Bukti Negeri Kita Kaya