in

Ketahui 5 Khasiat Penting dari Kumis Kucing, Tanaman Cantik yang Sudah Sulit Ditemukan

Mendengar nama kumis kucing, pasti kalian teringat dengan masa kecil dahulu. Ya, tanaman itu memang sering tumbuh di pekarangan rumah dan bentuknya sangatlah indah. Tapi sayangnya sekarang tumbuhan satu ini sudah jarang kita temui di mana pun Sahabat Boom (Saboom). Hanya di beberapa kawasan saja dan itupun jumlahnya tidak begitu banyak seperti dulu.

Padahal, kumis kucing punya sejuta manfaat untuk segala macam penyakit. Bahkan, banyak beberapa orang yang sembuh dari sakitnya karena tumbuhan yang memiliki bunga berwarna putih ini. Bagi yang belum tahu apa saja manfaatnya, ikuti terus yuk ulasan berikut ini.

Bisa mengobati infeksi saluran kencing

Daun kumis kucing ternyata bisa digunakan untuk penyakit yang parah. Salah satu contohnya adalah infeksi saluran kencing yang kini banyak sekali penderitanya. Banyak lho orang yang mengobati penyakit tersebut dengan ramuan dari kumis kucing ini dan akhirnya menjadi sembuh total.

Mengobati infeksi saluran kencing [Sumber Gambar]
Cara membuat ramuan dari kumis kucing ini pun juga cukup mudah Saboom. Hanya tinggal menyiapkan daun kumis kucing 10 helai lalu dicuci hingga bersih. Kemudian, setelah itu daun tersebut direbus hingga mendidih. Lalu, air rebusan tadi dibiarkan lalu diminum secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

Dapat juga menjadi penyembuh dari diabetes

Penyakit diabetes sudah menjadi hal yang biasa di kehidupan kita. Banyak orang dari segala usai bisa terserang penyakit yang juga disebut kencing manis. Hal ini dikarenakan banyaknya makanan dan minuman yang mengandung gula sehingga diabetes jadi penyakit nomor satu saat ini.

Diabetes [Sumber Gambar]
Tapi jangan khawatir Saboom, daun kumis kucing bisa mengobati penyakit ini kok. Caranya adalah dengan menyiapkan 16 lembar daun kumis kucing lalu dibersihkan. Selanjutnya, direbus sampai air benar-benar mendidih. Jika sudah, minumlah air dari rebusan tadi sebanyak satu gelas per hari. Namun, jangan hanya meminum itu saja ya, pengobatan ini juga harus dibarengi dengan tidak mengonsumi makanan atau minuman yang berkadar gula tinggi.

Sakit pinggang yang juga akan hilang kalau minum rebusan daun kumis kucing

Kalau kalian sakit pinggang, pasti yang dilakukan hanyalah memakai koyo dan beristirahat sejenak. Ya, karena memang hanya cara itu saja yang mampu meredakan pinggang nyeri dan bisa menyebabkan kita menjadi bungkuk layaknya orangtua. Namun, hal tersebut tidak perlu kita lakukan lagi Saboom lantaran hanya dengan daun dan akar dari kumis kucing bisa terhindar dari sakit tersebut.

Obati sakit pinggang [Sumber Gambar]
Membuat ramuannya adalah menyiapkan terlebih dahulu 8 lembar daun dan 2 potong akar dari kumis kucing. Lalu, campur keduanya dan rebus sampai air mendidih. Kalau sudah selesai, minum air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari sampai sakit pinggang benar-benar menghilang.

Gatal akibat alergi dapat diusir dengan ramuan daun kumis kucing

Beberapa orang pasti pernah mengalami gatal-gatal akibat alergi. Biasanya sih, alerginya berasal dari makanan atau telah menyentuh suatu benda. Terkadang alergi ini hanya bisa hilang dengan obat yang diberikan dari dokter langganan. Namun, hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi Saboom. Karena daun kumis kucing dan campuran bahan alami lainnya bisa menyembuhkan gatal tersebut.

Menyembuhkan gatal akibat alergi [Sumber Gambar]
Terlebih dahulu harus menyiapkan setengah genggam daun kumis kucing, sambiloto, meniran dan 2 jari temulawak dan 4 gelas air. Kalau sudah, silahkan dicampur dan tunggu hingga air mendidih. Nah, setelah itu minum racikan tersebut 2 kali dalam sehari.

Sembelit tidak akan berani mengganggu setelah minum racikan daun kumis kucing

Sembelit memang menjadi penyakit yang pasti dialami oleh semua orang. Rata-rata, orang mengalami hal tersebut karena kurang makanan berserat. Alhasil, mereka harus meminum obat yang jelas-jelas itu adalah dari bahan-bahan kimia.

Bisa menyembuhkan sembelit [Sumber Gambar]
Namun, dengan adanya daun kumis kucing, sembelit bisa hilang tanpa adanya efek samping. Caranya hampir sama seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu ambil daun kumis kucing secukupnya dan direbus hingga mendidih. Lalu diminum sekali dalam sehari saja dan dijamin sembelit akan menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi, untuk menghilangkan sembelit harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang berserat.

Selain di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari kumis kucing ini. Namun, inilah penyakit yang paling sering orang sembuhkan dengan daun kumis kucing. Akan tetapi, tanaman ini ternyata mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya keracunan, gangguan ginjal dan sakit perut. Jadi, jika ingin konsumsi ramuan dari tumbuhan ini harus dalam dosis yang benar ya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Film ‘Benyamin Biang Kerok’ Terbukti Kontroversial, Ada Saling Gugat-Menggugat di Dalamnya

Ingat Penyanyi Alam ‘Mbah Dukun’? Lama Tak Muncul di Layar Kaca Begini Kabarnya Sekarang