in

5 Pengaruh Besar Indonesia yang Mampu Mengubah Dunia!

Indonesia memang tak sehebat dan semaju Amerika atau pun Jepang. Namun pengaruh Indonesia termasuk besar di dunia internasional, terutama di masa lalu. Indonesia adalah negara yang selalu mempelopori sebuah gerakan melawan penindasan. Tak hanya di kawasan Asia Tenggara saja. Pengaruh Indonesia bahkan sampai ke seluruh negara di Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Di ulang tahun Indonesia yang ke-70 ini marilah sejenak kita mengingat kembali. Bahwa kehebatan dan pengaruh yang dilakukan Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Apa sajakah pengaruh itu? Monggo kita simak bersama-sama sambil diresapi!

1. Pelopor Konferensi Asia Afrika

Indonesia adalah salah satu pelopor Konferensi Asia Afrika (KAA). Bahkan ketua konferensinya adalah orang Indonesia bernama Ali Sastroamidjoyo. Konferensi yang diikuti oleh 29 negara di kawasan Asia dan Afrika ini dilaksanakan pertama kali di Bandung pada tahun 1955. Konferensi Asia Afrika bisa tercipta berkat buah pikir Soekarno dan beberapa rekannya yang berasal dari India, Pakistan, Srilanka, dan Burma (Myanmar).

Konferensi Asia Afrika [image source]
Konferensi Asia Afrika [image source]
Konferensi ini bertujuan untuk menjalin kerja sama bidang ekonomi dan budaya. Selain itu hal penting lain yang dibahas adalah kolonialisme. Kawasan Asia dan Afrika harus bebas dari praktik kolonialisme yang kerap dilakukan bangsa dari Eropa. Masalah hak asasi manusia juga menjadi isu penting karena saat perang hak itu seakan hilang dari setiap warga negara. Indonesia memiliki peran besar dalam konferensi ini. Dampaknya, banyak negara kawasan Asia dan Afrika mulai berbenah untuk membangun negaranya sesuai hasil konferensi.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Mendayung Perahu Di Sungai Sepanjang 500 Meter

7 Tradisi Unik Memperingati Hari Kemerdekaan di Indonesia

Penjajahan Era Baru Lewat Tayangan Televisi yang Tidak Pernah Kita Sadari