in

Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

5. Dr. Johny Setiawan

Dr. Johny Setiawan, seorang lulusan doktor termuda di Universitas Albert-Ludwig, Greiburg, Jerman. Ia adalah satu-satunya ilmuwan non Jerman yang menjadi ketua Tim Proyek Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg.

Dr. Johny Setiawan [Image Source]
Dr. Johny Setiawan [Image Source]
Sebagai seorang astronom, pekerjaan menuntutnya untuk sering melakukan pengamatan di ketinggian 2400 meter di tengah gurun terpencil dengan suhu yang ekstrim, Observatorium La Silla Chile yang juga merupakan salah satu observatorium terbesar di dunia.

Ia telah menemukan beberapa planet baru seperti HD 47536 b, HD 11977 b, HD 47536 c, HD 70573 b, HD 110014 b, hingga TW Hydrae b. Planet HIP 13044 b yang ia temukan berasal dari luar galaksi Bima Sakti dan berada di jarak 2 ribu tahun cahaya dari bumi. Planet tersebut tersebut diperkirakan merupakan fosil atau sisa dari galaksi lain yang telah punah yaitu galaksi Helmi Stream yang tersedot ke galaksi Bima Sakti antara 6-9 miliar tahun lalu.

Berkat penemuannya, nama Dr. Johny begitu dikenal di bidang astronomi Internasional. Majalah-majalah ternama seperti Time, New York Times, BBC, National Geographic, Space.com, Nature, Science, Astronomy and Astrophysics telah mempublikasikan hasil temuannya ini.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

cover

MKUltra, Proyek Mengerikan dari CIA yang Menelan Banyak Korban Jiwa

5 Jenderal Perang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah