in

Penemu Asli Indonesia yang Karyanya Diakui Oleh Dunia

2. Dr. Yogi Ahmad Erlangga

Yogi Ahmad Erlangga merupakan seorang ilmuwan muda Indonesia yang berhasil meraih gelar doktor dari Universitas Teknologi Delft, Belanda pada usia 31 tahun. Dengan matematika, karirnya melambung hingga ke perusahaan minyak raksasa dunia. Ia mengembangkan sebuah rumus matematika yang memiliki akurasi tinggi dan dapat membuat insinyur minyak bekerja dengan lebih cepat.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga [Image Source]
Dr. Yogi Ahmad Erlangga [Image Source]
Ia memecahkan rumus matematika berdasarkan Persamaan Helmholtz yang kemudian menjadi tonggak penting ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi di sejumlah bidang. Salah satu yang telah dilakukan adalah mempercepat pencarian sumber minyak bumi.

Dengan matematika, ia berhasil mengembangkan metode kalkulasi yang membuat sistem komputer mampu menyelesaikan ekuasi secara lebih cepat. Padahal persamaan tersebut sulit diatasi oleh sistem komputer yang digunakan perusahaan-perusahaan minyak.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk pencarian sumber minyak bumi, penemuan ini juga digunakan untuk teknologi keping Blu-Ray. Keping ini bisa menyimpan data komputer dalam jumlah yang jauh lebih besar. Selain itu, rumus tersebut juga mempermudah cara kerja radar dunia penerbangan.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

cover

MKUltra, Proyek Mengerikan dari CIA yang Menelan Banyak Korban Jiwa

5 Jenderal Perang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah