in

Para Penakluk Dunia Terhebat dari Masa Lalu ini Telah Dilupakan Sejarah

penguasa

Begitu mendengar kata penakluk dunia maka pikiran kita pasti tertuju pada Genghis Khan yang sangat hebat atau Alexander Agung yang kehebatannya tidak bisa diragukan lagi. Selain dua orang hebat di atas, sebenarnya masih banyak conqueror atau penakluk yang memiliki kekuatan sama seperti mereka, bahkan mungkin lebih besar.

Sayangnya kehebatan dari para penakluk itu mulai dilupakan oleh sejarah. Kisah mereka yang menakjubkan tidak didokumentasikan dengan sangat baik hingga hanya bersisa kisah-kisah usang yang sebenar lagi hilang. Berikut para penakluk dunia yang sudah sepantasnya dikenang lagi agar keberadaannya tidak lenyap begitu saja.

Zenobia – Ratu Palmyra

Daftar pertama kali ini akan kita mulai dari Zenobia. Dia adalah seorang ratu yang benar-benar berkuasa dengan tangannya sendiri. Dengan kekuatan dan kecerdikannya, kerajaan yang dia pimpin mampu memperlebar wilayahnya hingga ke banyak tempat. Saat Zenobia berkuasa, dia mampu memperluas daerah kekuasaannya hingga ke kawasan Mesir, Turki hingga membuat kekuatan kawasan Roma goyah.

Zenobia – Ratu Palmyra [image source]
Zenobia – Ratu Palmyra [image source]
Kekuatan dari Zenobia semakin kuat setelah menikah dengan Gubernur Suriah yang masih orang Roma. Sayangnya, kekuatan dari Palmyra sedikit demi sedikit penurunan karena banyaknya gerilya. Bahkan suami dan anak dari Zenobia pun dibunuh dengan keji. Zenobia akhirnya menyerahkan diri dan dibiarkan hidup di Roma meski akhirnya kisahnya hilang dalam sejarah.

Pachacuti – Pemimpin Inca

Selama ini kita selalu mendengar cerita bahwa Inca adalah sebuah kerajaan hebat dengan bangunan berarsitektur mengagumkan. Namun, Inca ternyata tak sehebat itu di masa lalu. Bahkan kerajaan ini pernah dibantai habis-habisan oleh sebuah kelompok bernama Chanca. Akibatnya kota besar seperti Cuzco tidak bisa ditinggal dan digunakan oleh musuh sebagai istana.

Pachacuti – Pemimpin Inca [image source]
Pachacuti – Pemimpin Inca [image source]
Seiring berkembangnya waktu Pachacuti yang tidak tega melihat keadaan negaranya mulai bertindak. Dia mengumpulkan kekuatan sebesar-besarnya dari pasukan yang tersisa. Dia menguasai provinsi lama yang telah direbut lalu menghancurkan Chanca hingga ke akar-akarnya. Setelah mendapatkan kerajaan, Pachacuti mengembangkan lagi kekuasaannya hingga menguasai nyaris semua daratan Peru.

Cyaxares – Pemimpin Medes

“Dendam harus dibayar dengan lunas.” Mungkin itulah yang ada di pikiran Cyaxares setelah melihat ayahnya dieksekusi mati pasca kekalahan kerajaan Medes dari Kekaisaran Asiria. Dengan sekuat tenaga Cyaxares berusaha membangkitkan kembali Medes apa pun caranya. Dia membantai pimpinan Asiria di Medes lalu menyerang kerajaan itu dengan sekuat tenaga. Hasilnya, salah satu kerajaan terbesar di Timur Tengah ludes.

Makam Cyaxares [image source]
Makam Cyaxares [image source]
Cyaxares memiliki taktik yang sangat unik dengan terus menyusup dan mencari kelemahan lawan. Akhirnya setelah semua data terkumpul dia datang dengan banyak pasukan dan menyerang selama 2 tahun. Hasilnya, seperti yang telah dijelaskan di atas. Asiria yang sangat besar tidak bisa mempertahankan eksistensinya dengan sangat baik.

Nabopolassar – Pimpinan Babilonia

Seperti halnya Medes, kawasan Babilonia juga menjadi wilayah kekuasaan dari Kerajaan Asiria. Wilayah Babilonia yang awalnya tenang ditekan dengan sangat kuat hingga membuat banyak penduduknya menderita. Melihat kejadian mengerikan di depan matanya, Nabopolassar yang seorang pejuang tidak tinggal diam. Dia melakukan banyak cara hingga akhirnya mampu menyerang pasukan Asiria di Babilonia.

peninggalan Nabopolassar [image source]
peninggalan Nabopolassar [image source]
Puas dengan aksinya ini, Nabopolassar akhirnya berusaha merebut kekuasaan Asiria lebih banyak. Dia bekerja sama dengan Cyaxares untuk menaklukkan ibu kota musuh. Dan benar saja, aliansi dua kubu ini membuat Asiria runtuh hingga tidak bisa melakukan apa-apa. Wilayah Asia dibagi menjadi dua, satu untuk Medes dan satu untuk sebuah kerajaan baru bernama Neo Babilonia.

Inilah para penakluk dunia lain yang namanya jarang sekali diketahui banyak orang. Oh ya, kira-kira di masa kerajaan Nusantara ada nggak ya penakluk hebat seperti mereka di atas?

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

POTRET: Tak Ada Lagi Tanah Kuburan untuk Jenazah di Suriah

Trepanation Alias Mengebor Kepala, Cara Edan Orang-Orang Zaman Dulu Mengobati Sakit Kepala